Singapura selalu menghadirkan cerita. Negara berpenduduk 5,6 juta jiwa ini laiknya singa yang tak ada puasnya. Terus berlari kencang, memburu kemajuan. Kali ini, Singapura mengeksplorasi bentuk kekayaan lainnya untuk para wisatawan yang gemar berbelanja. Namun, bukan lagi hanya sekadar belanja souvenir-souvenir biasa, melainkan cendera mata dari Design Orchard, yang menjadi “rumah” sejumlah brand lokal di sana.

Bagi penggemar belanja, Design Orchard yang terletak di Orchard Road itu pasti sudah tidak asing lagi. Dikenal sebagai “surga belanja”, para wisatawan tidak akan kesulitan mencari oleh-oleh karena banyaknya toko souvenir. Mulai dari yang ada di pinggir jalan, hingga beraneka barang belanja hingga yang terpampang di counter-counter pusat perbelanjaan.

Lantas, apa keistimewaan Design Orchard?

Design Orchard, yang baru resmi beroperasi pada 25 Januari 2019 ini, menjadi salah satu hal berbeda yang ditawarkan Singapura kepada para wisatawan yang berkunjung di Orchard Road. Ibaratnya, daripada kamu mencari souvenir biasa seperti gantungan kunci Merlion atau kaus bertuliskan “I Love SG”, kenapa tidak mencoba membeli berbagai souvenir unik dan berbeda buat keluarga serta teman-temanmu?

Misalnya, buat kamu yang gemar berburu oleh-oleh makanan, daripada membeli coklat berbentuk Merlion, manisan buah, atau selai Kaya, kamu bisa lho mencoba memborong permen dengan bentuk unik dan eye catching di Jewels by Cheng. Permen Jewels by Cheng ini berbentuk gumpalan kristal yang melekat pada stik kayu.

permen Jewels by Cheng (source: doc. Singapore Tourism Board)

Permen berbahan baku gula batu tersebut tersedia dengan beraneka warna dan rasa. Selain bisa dinikmati langsung, permen hasil produksi Cheng Yew Heng Candy Factory yang sudah beroperasi sejak puluhan tahun silam tersebut bisa dinikmati sebagai pendamping minum teh, kopi, bahkan hingga sparkling water lho.

Permen Jewels by Cheng saat menjadi pendamping minuman (source: doc. Singapore Tourism Board)

Tidak suka permen? Tenang. Kamu bisa membelikan souvenir unik lainnya di Pew Pew Patches untuk keluarga tercinta dan teman-teman terdekat di rumah. Di toko ini, kamu bisa mendapatkan emblem dengan berbagai desain menarik dan unik untuk ditempelkan di pakaian, tas, atau bahan lainnya, mulai dari katun hingga kulit.

Berbagai bentuk emblem unik buatan Pew Pew Patches. (source: doc. Singapore Tourism Board)

Meski masih terdengar asing di kalangan wisatawan, brand lokal Singapura tersebut ternyata sudah cukup tenar karena pernah bekerja sama dengan brand terkenal, seperti Uniqlo hingga VANS. Bahkan, Pew Pew Patches juga pernah menghiasi beragam busana yang ditampilkan dalam pameran fashion SCAD Hong Kong.

Selain itu, di Design Orchard, kamu juga bisa mendapatkan aksesoris serta souvenir menarik karya The Animal Project. Dari namanya saja sudah tentu beragam ilustrasi hewan lucu menjadi andalan utama brand ini. Jadi, kamu tidak akan bosan selalu membawa souvenir ala Merlion, karena beragam ilustrasi kreatif ala The Animal Project bisa kamu bawa pulang dalam bentuk gelas, tote bag, buku catatan, hingga gantungan kunci.

Beberapa contoh souvenir buatan The Animal Project (source: doc. Singapore Tourism Board)

Kalau kamu pecinta fashion, Design Orchard jelas tidak boleh dilewatkan. Untuk memuaskan dahaga belanja kebutuhan fashion, Anda bisa melirik barang-barang yang dijual oleh Gnome & Bow, mulai tas wanita dan pria, tote bag, hingga dompet kulit dengan desain mewah, namun harganya tetap terjangkau.

Tas buatan Gnome & Bow. (source: doc. Singapore Tourism Board)

Menariknya, Gnome & Bow memiliki strategi unik dalam pemasaran produknya yang mengandalkan storytelling dalam setiap barang yang mereka tawarkan. Jadi, kamu akan “dituntun” untuk membeli souvenir atau berbelanja yang pas sesuai kebutuhan dengan menggunakan analogi seperti sedang membaca buku.


Retail theraphy penggemar belanja

Suasana di public area Design Orchard, Singapura (source: doc. Singapore Tourism Board)

Saat ini, total ada 60 brand lokal Singapura yang hadir di Design Orchard. Bayangkan saja, kamu tidak perlu repot-repot untuk berkunjung berbagai pusat perbelanjaan untuk mendapatkan barang-barang impian karena Design Orchard mengusung konsep one stop shopping. Belum lagi melihat berbagai fasilitas yang dihadirkan, mulai dari bangunan dengan konsep desain modern hingga ruang publik di bagian rooftop buat para pengunjung yang ingin beristirahat sehabis berbelanja.

Fashion influencer Ayla Dimitri, saat mencoba salah satu produk yang ditawarkan di Design Orchard, Singapura. (@ayladimitri).

Salah satu influencer fashion terkenal Indonesia, Ayla Dimitri, pernah merasakan pengalaman tersebut saat berkesempatan mengunjungi Design Orchard beberapa waktu lalu. Ia mengaku takjub melihat langkah pemerintah Singapura mampu menjadikan area Design Orchard sebagai lifestyle destinationsekaligus untuk mengembangkan bakat-bakat kreatif dalam dunia lifestyle dan fashion di tempat tersebut.

“Kemarin aku dapat kesempatan untuk melihat dan belanja langsung fashion item dari brand lokal di sana. Semuanya sangat unik. Buat teman-teman, bisa banget mampir ke sini (Design Orchard) dan seru sekali untuk belajar pun,” ungkap Ayla Dimitri.

Fashion influencer, Karla Jasmina, berpose di salah satu sudut Design Orchard. (doc. @karlajasmina)

Sementara itu, pengalaman sama juga dirasakan Karla Jasmina, fashion influencer asal Indonesia yang menjadi perancang busana Miss Singapore 2016. Menurut Karla Jasmina, “Design Orchard merupakan tempat yang menyenangkan bagi saya ketika bisa melihat karya berbagai desainer dan brand lokal Singapura yang terkumpul di dalam satu tempat.”

“Design Orchard yang juga sangat didukung pemerintah Singapura memberikan napas segar, khususnya untuk dunia fashion. Design Orchard adalah tempat bagi mereka yang ingin menemukan berbagai brand lokal Singapura yang unik, berkualitas, dan terjangkau,” Karla Jasmina menambahkan pembicaraan.

Bagaimana? Tertarik merasakan nuansa unik dan pengalaman berbeda berbelanja saat kamu berkunjung ke Singapura? Jangan lupa untuk berkunjung ke Design Orchard, ya, karena di sanalah impianmu bisa menjadi nyata untuk menikmati berbagai tempat dan pengalaman menarik selama di Singapura.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya