Jogja sebagai salah satu kota wisata favorit, menyimpan berbagai macam kuliner yang tak kalah favorit juga. Salah satunya adalah mi ayam. Bagi masyarakat Jogja, mi ayam adalah makanan yang begitu merakyat. Mulai dari kalangan bawah, menengah, bahkan hingga atas, semuanya menyukai kuliner yang satu ini.

Mi yang biasa disajikan dalam sebuah mangkuk, lengkap bersama potongan daging ayam dan sayurannya tersebut memiliki cita rasa yang begitu khas. Apalagi jika porsinya di luar rata-rata. Tentunya hal itu merupakan surga tersendiri bagi para pecinta mi ayam. Seperti yang akan kita ulas di bawah ini, simak sampai selesai ya!

1. Tak hanya mi saja, potongan ayam yang ada di warung Pak Kemi ini juga akan membuatmu menelan ludah

Mi Ayam Pak Kemi / IG: Gembulfoodie via www.instagram.com

Advertisement

Terletak di Jl. Pandega Marta, Pogung Kidul, Sinduadi, Sleman, warung mi ayam milik Pak Kemi ini punya ciri khas taburan dagingnya yang begitu melimpah. Saking melimpahnya, terkadang mi yang berada di bawahnya sampai tertutup. Harganya pun cukup ramah untuk mahasiswa akhir bulan, dengan banderol harga 8 ribu rupiah sampai 10 ribu rupiah, kamu sudah dapat menikmati semangkuk mie ayam lengkap dengan bakso.

Untuk rasanya, tak perlu khawatir, mi ayam milik Pak Kemi ini sudah terkenal di seluruh penjuru Kota Jogja. Kamu bisa menemukan dengan mudah orang-orang yang mengulas kelezatan mi ayam ini di media sosial.

2. Untuk yang satu ini, mungkin sudah banyak yang tahu karena emang populer banget. Yup, mi ayam Afui!

Jumbonya porsi mi ayam Afui via www.instagram.com

Mi Ayam Afui ini sebenarnya bukan dari Jogja, namun berasal dari Palembang. Di Jogja sendiri, mi ayam Afui memiliki beberapa cabang. Salah satunya yang menjadi favorit adalah yang berada di Jl. Tambak Bayan, Babarsari, Yogyakarta, tepatnya di belakang kampus 2 UPN. Kuliner dari Palembang ini memiliki berbagai macam varian mi ayam seperti asin dan original.

Advertisement

Selain itu, mi ayam Afui juga terkenal akan porsi jumbonya. Bahkan, untuk ukurannya yang paling sedikit pun, mi ayam ini memiliki jumlah porsi yang berada jauh di atas rata-rata. Harga untuk satu mangkuk mie ayam di tempat ini berkisar mulai dari 12 ribu rupiah hingga 23 ribu rupiah.

3. The one and only, sang legenda, mi ayam Bu Tumini!

Salah satu mi ayam legend di Jogja via www.instagram.com

Bagi para pecinta mi ayam, tentunya sudah tak asing lagi dengan nama Bu Tumini. Mi ayam yang khas dengan toping ayam lengkap beserta kuahnya yang menyelimuti seluruh mangkuk tersebut juga menjadi salah satu mi ayam legend di Jogja. Selain porsinya yang jumbo, cita rasa dari kuahnya saja bikin siapapun yang merasakannya ingin mencoba lagi.

Meski telah membuka cabangnya di daerah Sleman, warung mi ayam Bu Tumini ini berpusat di Jl. Imogiri Timur. Untuk harganya, dimulai dari 12 ribu rupiah hingga 18 ribu rupiah untuk porsi yang paling jumbo.

4. Menggabungkan konsep kekinian, mi ayam Lampung Uno selain berporsi jumbo juga memiliki varian menu yang beragam

Jumbonya porsi mi ayam Lampung Uno via www.instagram.com

Tak seperti mi ayam yang biasanya, mi Lampung Uno selain memiliki porsi yang ‘raksasa’ banget, kamu juga bisa memilih varian menunya yang beragam. Beberapa di antaranya yang menjadi andalan adalah mi karet dan mi hitam. Jangan khawatir tentang porsi, semua menu yang ada di sini dihidangkan dengan jumlah yang cukup membuat kenyang, bahkan lebih.

Warung mi Lampung Uno ini terletak di Jl.Godean dan juga Jl.Kaliurang. Untuk yang melayani pembelian online, pihak pemilik juga membuka kiosnya di daerah Taman Siswa. Harga satu porsinya dimulai dari 9 ribu rupiah. Gimana? Udah makin menelan ludah kan?

5. Mi ayam TPMC Jl. Wonosari, selain enak juga terkenal dengan porsi kulinya

Mi ayam TPMC via www.instagram.com

Terletak di jl. Wonosari km 7, mi ayam TPMC ini termasuk salah satu warung mi ayam legend yang ada di Jogja, khususnya rute menuju arah pantai. Warung yang berada di kanan jalan dari arah kota ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang hendak atau selesai melancong.

Saking banyaknya porsi yang dihidangkan, kamu dipastikan akan kesusahan saat mencoba mencampur mi tersebut dengan kuahnya. Meski potongan daging ayam yang diberikan hanya sedikit, namun kamu juga bisa meminta bakso sebagai gantinya. Harganya sendiri berkisar antara 9 ribu rupiah hingga 13 ribu rupiah saja.

Nah, berikut tadi rekomendasi mi ayam di Jogja yang memiliki porsi di atas rata-rata. Kalau kamu sudah pernah mencoba yang mana?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya