Siapa yang sudah mudik nih? Senengnya yang bentar lagi bakal kumpul keluarga besar buat merayakan lebaran. Nggak ketinggalan makan rame-rame, lanjut dengan jalan-jalan ke tempat wisata lokal favorit keluarga. Nggak sabar nih segera lebaran.

Ada yang rute mudiknya ke Blitar? Jangan cuma nongkrong di rumah aja karena Blitar punya banyak tempat wisata seru yang bisa dikunjungi bareng keluarga besar. Ada yang masih di sekitaran kota, ada yang jalan agak jauh. Nih ulasan Hipwee Travel tentang tempat wisata di Blitar. Mumpung libur panjang, yuk datengin satu-satu.

Berkunjung ke Makam Bung Karno dan Istana Gebang. Bangunannya bagus, ada museum dengan koleksi foto-foto Bung Karno.

Makam Bung Karno via id.wikipedia.org

Advertisement

Blitar identik dengan Bung Karno, jadi belum ke Blitar kalau nggak pergi ke makam Bung Karno. Makamny Bung Karno ini sudah dibangun dengan indah. Selain bisa ziarah ke makam, kamu juga bisa berkunjung ke museum di area Makam Bung Karno. Sempatkan juga untuk melihat rumah orang tua Bung Karno di Istana Gebang yang masih satu area dengan Makam Bung Karno.

Cowboy and Indian Camp jadi destinasi kekinian yang bisa kamu datangi saat libur lebaran

cowboy and indian camp via www.instagram.com

Mengusung konsep ala suku Indian, Cowboy and Indian Camp di Nglegok Blitar ini jadi destinasi hits yang bisa kamu kunjungi. Ada banyak spot instagramable yang bakal memanjakanmu di sana. Oh iya, kamu bisa sewa topi ala Indian lho di Cowboy and Indian Camp.

Menikmati hawa sejuk pegunungan di Kebun Teh Sirah Kencong. Pemandangan kebun teh di kaki gunung yang bikin hati adem.

Kebun Teh Sirah Kencong via anomharya.com

Main ke Kebun Teh Sirah Kencong dan nikmati hawa khas pegunungan yang sejuk. Atraksi utamanya tentu saja kebun teh yang terhampar seluas 219 hektar di ketinggian 1100 mdpl. Kamu juga bisa melihat para pemetik teh yang sedang melaksanakan tugasnya. Main juga ke air terjun atau hiking sampai ke Puncak Wukir.

Menikmati pantai pasir putih di Pantai Tambakrejo. Letaknya di teluk dan punya garis pantai yang lumayan panjang.

Pantai Tambak Rejo via katalogwisata.com

Advertisement

Letak Pantai Tambakrejo kira-kira 30 km dari Kota Blitar. Letaknya di teluk dengan garis pantai yang lumayan bikin pegel kalo mau dijelajahi dengan jalan kaki, 10 km. Pantai ini punya pasir putih yang nggak kalah dengan pantai-pantai di Bali.

Menikmati Raja Ampat KW di Pantai Peh Pulo. Siapa tahu dari Pantai Peh Pulo bisa jalan-jalan ke Raja Ampat beneran.

Pantai Peh Pulo via tempatwisatakeluarga.com

Pantai Peh Pulo punya banyak karang-karang yang menjadikan pantai ini jadi salah satu lokasi pantai yang mirip dengan Raja Ampat. Lokasi pantai ini di desa Sumberasih, Kec Panggungrejo, Blitar. Di sekitar Pantai Peh Pulo juga terdapat beberapa pantai lain, seperti Pantai Wedhi kembar, Pantai Wedhi Ciut, dan Pantai Wedhi Oombo.

Ngopi di Keboen Kopi Karanganyar. Lanjut hunting foto dan masuk ke museum-museum di area ini.

Keboen Kopi Karanganyar via www.tripadvisor.co.id

Keboen Kopi Karanganyar ini nggak cuma kebun berisi tanaman kopi, tapi emang tempat ngopi. Yang datang ke sini biasanya nggak cuma duduk dan minum kopi aja, banyak juga yang sengaja hunting foto karena banyak spot menarik dengan nuansa klasik. Ada juga beberapa museum di Keboen Kopi Karanganyar yang seru untuk didatangi.

Main air di Air Terjun Tirto Galuh di Kedung Malang. Kamu bisa mandi di sungai sekaligus menikmati air terjun.

Air Terjun Tirto Galuh via tempatwisataindonesia.id

Seperti namanya, Kedung Malang, adalah kumpulan air yang membentuk sungai. Karena ada bebatuan, maka terbentuk air terjun dan disebut sebagai Air Terjun Tirto Galuh. Jadi kalau main ke sini ya main ke sungai sekaligus ke air terjun. Bisa mandi juga di sungainya, asal bisa berenang.

Main ke Gua Luweng dan rasakan sensasi masuk gua tapi ketemu air terjun. Seru!

Gua Luweng via www.instagram.com

Iya ini gua tapi ada air terjunnya. Jadi ada dua pintu gua, yang pertama untuk masuk air, yang kedua untuk keluar air. Kita yang manusia masuk ke gua lewat pintu keluar air. Sensasi masuk gua tapi ketemu air terjun ini ya adanya di Gua Luweng, Blitar.

Berkunjung ke Candi Penataran di kaki Gunung Kelud. Candi termegah dan terluas yang jadi tempat Patih Gajahmada mengucap Sumpah Palapa.

Candi Penataran via situsbudaya.id

Siapa yang nggak kenal Patih Gajahmada? Candi Penataran ini konon jadi tempat Patih Gajahmada yang mengucapkan Sumpah Palapa demi mimpi bersatunya Nusantara. Candi Penataran atau disebut juga Candi Palah merupakan Candi termegah dan terluas di Jawa Timur. Letaknya di kaki Gunung Kelud.

Nggak sabar nih pengen mudik terus lanjut jalan-jalan ke Blitar. Yuk cuss!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya