Nggak berasa ya lebaran udah di depan mata. Bentar lagi sibuk mudik nih. Senengnya yang mau ketemu keluarga. Ada yang mudik ke Solo? Atau ke daerah sekitar Solo seperti Boyolali, Klaten, atau Salatiga? Atau, kamu terpaksa tetep di kos tahun ini karena tiket mahal semua?

Untuk kamu yang mudik ke kota Solo, atau tinggal di kos dan kosnya di sekitaran Solo, libur lebaran ini bisa jalan-jalan ke tempat-tempat seru di Solo yuk. Ada banyak tempat baru yang bisa dieksplorasi di Solo nih. Cek ulasan Hipwee Travel tentang 9 tempat seru untuk libur lebaran di Solo.

1. Berkunjung ke Tumurun Private Museum di pusat Kota Solo. Manjakan mata kamu dengan aneka koleksi seni kontemporer yang artistik.

Tumurun Private Museum via www.instagram.com

Advertisement

Sesuai dengan namanya, Tumurun Private Museum adalah museum milik pribadi. Nama Tumurun sendiri artinya turun-temurun atau warisan. Koleksi museum ini adalah karya seni kontemporer yang nyeni dan seru untuk memanjakan mata. Kalau mau main ke sini, reservasi dulu ya. Tiap hari ada pembatasan jumlah pengunjung demi mempermudah pengawasan. Tiket masuknya gratis lho.

2. Foto-foto di The Heritage Palace. Bangunan kuno yang megah, koleksi mobil antik, dan instalasi 3D bikin puas berpose.

The Heritage Palace via www.instagram.com

The Heritage Palace merupakan bangunan bekas pabrik gula yang sempat juga jadi pabrik tembakau. Bangunan kuno yang mewah jadi salah satu daya tarik The Heritage Palace. Ada juga koleksi mobil-mobil antik yang dipamerkan di sini. Kalau doyan foto, main aja ke area 3D-nya dan ambil foto sebanyak-banyaknya.

3. Nambah wawasan di Pabrik Gula De Tjolomadoe. Serba-serbi gula dijelaskan dengan manis di sini.

Pabrik Gula de Tjolomadoe via www.dinilint.com

Pabrik Gula de Tjolomadoe juga merupakan bekas pabrik gula. Kalau main ke de Tjolomadoe, selain bisa menambah koleksi foto, kamu juga menambah wawasan. Serba-serbi tentang gula dijelasin dengan manis di de Tjolomadoe. Bisa nongkrong minum kopi tambah gula juga di de Tjolomadoe.

4. Belajar tentang atsiri di Rumah Atsiri Indonesia. Bangunan dan halaman Rumah Atsiri Indonesia juga cakep dan instagramable.

Rumah Atsiri Indonesia via www.instagram.com

Advertisement

Rumah Atsiri dulunya adalah pabrik citrunella, semacam pabrik yang memproduksi bau-bauan yang kemudian dijadikan minyak wangi. Rumah Atsiri Indonesia adalah museum tentang minyak atsiri sekaligus taman edukasi untuk segala usia. Kamu bisa belajar banyak tentang atsiri di sini. Selain bangunan, ada juga halaman yang dipenuhi dengan pepohonan dan bunga-bunga yang cantik dan instagramable.

5. Eksplorasi Keraton Solo di pusat Kota Solo. Nggak cuma masuk ke keraton aja, bangunan-bangunan di sekitar keraton juga menarik untuk dikulik.

Keraton Solo via www.instagram.com

Nggak lengkap rasanya kalau pergi ke Solo tapi nggak mampir ke keraton. Keraton Solo ini lokasinya di pusat Kota Solo. Selain bisa masuk ke keraton dan belajar tentang budaya keraton, kamu juga sebaiknya mengeksplorasi daerah sekitar keraton. Bangunan-bangunan tua dengan arsitektur khas Jawa ini menarik untuk dikulik dalam foto.

6. Naik ke arah Tawangmangu dan main ke Candi Cetho dan Candi sukuh. Arsitektur candi-candi ini berbeda dengan arsitektur candi Jawa pada umumya.

Candi Cetho via www.danisetiawanku.com

Dari pusat Kota Solo, jalan ke arah Tawangmangu. Candi Cetho dan Candi Sukuh terletak di perbukitan. Akses jalannya lumayan aduhai dengan banyaknya kelokan, tikungan, dan jurang di pinggir jalan. Tapi pemandangannya indah banget. Candi Cetho mengingatkan kita akan bentuk pura di Bali, sedangkan Candi Sukuh punya bentuk yang agak seronok.

7. Nikmati sensasi berada di hamparan Kebun Teh Kemuning. Udara sejuk, pemandangan indah, dan bisa ngeteh di kebun teh.

Kebun Teh Kemuning via www.instagram.com

Kalau ke Candi Cetho dan Candi Sukuh, kamu pasti akan melewati hamparan kebun teh. Kebun Teh Kemuning namanya. Hamparan pohon teh di pegunungan jelas sayang untuk dilewatkan begitu aja. Sebaiknya kamu mampir dan nikmati sensasi berada di tengah-tengah kebun teh. Kamu juga bisa minum teh di Ndoro Dongker yang masih berada di area Kebun Teh Kemuning.

8. Menikmati udara pegunungan di Lawu Park, Tawangmangu. Wisata kekinian baru di kaki Gunung Lawu.

Lawu Park via www.instagram.com

Lawu Park ini termasuk tempat wisata yang baru. Lokasinya di kaki gunung Lawu, di Karanganyar. Udara pegunungan yang sejuk dan pemandangan khas gunung jelas bikin betah liburan ke Lawu Park. Apalagi ada banyak properti pendukung untuk nambahin stok foto. Fasilitas seperti resto dan resort juga ada lho.

9. Hunting batik Solo di Kampung Batik Laweyan. Rumah-rumah di Kampung Batik Laweyan juga layak masuk feed instagram.

Kampung Batik Laweyan via www.instagram.com

Kembali lagi ke Kota Solo. Pergi ke Solo tanpa belanja batik rasanya kurang. Main aja ke kampung batik yang ada di Solo, salah satunya Kampung Batik Laweyan. Selain belanja, kamu juga bisa ngintip para pembatik yang sedang bekerja. Rumah-rumah nyeni di Kampung Batik Laweyan juga asik untuk ngisi feed instagram.

Seru kan ide tempat wisata untuk libur lebaran di Solo. Udah dicatet mau ke mana aja? Selamat liburan!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya