8 Museum di Bandung yang Bisa Bikin Liburan Kamu jadi Lebih Berisi dan Sarat Informasi

Museum di Bandung

Selain dipenuhi gedung tua yang sarat dengan sejarah. Bandung juga memiliki banyak museum yang bisa kamu kunjungin. Museum-museum ini nggak cuma menampilkan informasi-informasi tentang koleksinya aja lho SoHip, tetapi beberapa museum di Bandung juga sudah menggunakan bantuan teknologi untuk menyampaikan informasi-informasi tentang koleksinya agar lebih menarik dan mudah dimengerti.

Advertisement

Mengunjungi museum di Bandung juga bisa menjadi salah satu alternatif liburan. Selain kita bisa mendapatkan informasi yang baru dan menarik, museum di Bandung juga memiliki tata letak dan disain yang estetik sehingga kamu juga bisa menjadikannya spot foto untuk halaman sosial media kamu. Nah kamu bisa banget nih mengunjungi 8 museum ini, biar makin kenal Bandung, makin pinter, dan punya stock foto yang keren!

Museum Gedung Sate

Museum yang dibuka tahun 2017 memang dikhususkan untuk memberikan informasi terkait dengan Gedung Sate. Museum yang terletak di bagian Timur basement Gedung Sate ini menggunakan berbagai perangkat interaktif dengan teknologi terbaru untuk menampilkan informasi terkait Gedung Sate. Di sini kamu bisa menemukan interactive glass display dan wall video mapping yang menunjukkan informasi terkait dengan Gedung Sate. Selain itu juga ada interactive 3D scale model dan hologram dari Gedung Sate.

Advertisement

Museum Pos Indonesia

Sesuai namanya, museum ini berisikan sejarah tentang PT. Pos Indonesia. Nggak cuma itu di museum ini kamu bisa melihat beragam perangko dari berbagai zaman, baik dari dalam maupun luar negeri. Buat SoHip yang nggak ngerasain zaman surat manual, kamu bisa melihat bagaimana perjalanan PT Pos Indonesia menjadi penyambung silaturahmi warga Indonesia dengan mengantarkan surat. Selain itu kamu juga bisa melihat berbagai seragam “Pak Pos” serta kendaraan dinas yang digunakan oleh pak pos untuk mengantarkan surat sesuai zamannya.

Museum Sri Baduga

Museum ini adalah museum yang menyimpan kisah dan sejarah Jawa Barat dari zaman purba hingga modern, selain itu museum ini juga memiliki koleksi jejak-jejak peninggalan kerajaan Padjadjaran. Museum yang memiliki bangunan yang berbentuk seperti rumah ada dari Jawa Barat ini diresmikan pada tahun 1980 dengan nama Museum Negeri Provinsi Jawa Barat, sebelum akhirnya berganti menjadi Museum Sri Baduga pada tahun 1990. Jika berkunjung ke sini, SoHip juga bisa menyambangi Taman Lentera Tegalega dan Monumen Bandung Lautan Api yang terletak di seberang museum ini.

Museum Geologi

Museum ini menampilkan segala hal yang berkaitan dengan ilmu geologi, mulai dari fosil, jenis-jenis batuan, mineral, hingga tanah yang dikumpulkan dari berbagai daerah di Indoensia, mulai dari tahun 1850 hingga saat ini. Salah satu hal menarik dari museum ini adalah replika kerangka T-Rex dan gajah purba yang dibuat dalam skala sebenarnya. Pengunjung bisa berfoto dengan replika fossil ini dan melihat informasi interaktif yang tersedia di sekitarnya.

Museum Mainan Zero Toys

Museum yang juga merangkap sebagai toko mainan ini berawal dari inisiatif para anggota kolektor mainan bernama Zero Toys. Di museum ini kamu bisa menemukan beragam mainan mulai dari tahun 1980-an hingga saat ini. Kamu bisa menemukan robot-robot Voltus V, action figure Star Wars, hingga Gundam. Selain menjadi museum kamu juga bisa menitipkan mainan yang kamu punya di sini untuk dijual kembali atau sekedar dipajang untuk diperlihatkan kepada orang lain.

Museum KTT Asia Afrika

Jika kamu berkunjung ke Gedung Merdeka, sempatkanlah untuk menyambangi museum yang terletak nggak jauh dari sana. Museum ini hadir sebagai kenang-kenangan salah satu moment bersejarah yang diprakarsai oleh bangsa kita. Di museum ini ada berbagai koleksi foto dan dokumen serta memorabilia mengenai KTT Asia-Afrika. Selain itu SoHip juga bisa menikmati ruang konferensi yang dilengkapi dengan patung serta diorama delegasi yang hadir pada saat KTT Asia-Afrika yang pertama.

Museum Puspa IPTEK Kota Baru Parahyangan

Museum IPTEK ini menawarkan berbagai koleksi interaktif dan edukatif untuk segala usia. Di sini kamu bisa bermain dan merasakan berbagai macam koleksi serta alat peraga yang berhubungan dengan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Saalah satu keunikan museum ini ada pada bentuk bangunannya. Museum ini berbentuk jam matahari yang super besar, saking besarnya bangunan museum ini juga terdaftar sebagai jam matahari terbesar di Indonesia oleh MURI.

Museum Nike Ardilla

Museum ini agak berbeda dari museum-museum lain yang ada di daftar ini. Museum ini menyimpan dan menampilkan barang-barang pribadi milik penyanyi Nike Ardila. SoHip bisa melihat dan mendapatkan informasi mengenai perjalanan karir Nike Ardila dari awal hingga akhir hayatnya. Bahkan kamu bisa mampir ke ruangan Nike Ardila yang dipenuhi oleh foto-foto artis Marilyn Monroe yang menjadi idolanya. Sekedar informasi, Nike Ardila adalah salah satu penyanyi rock wanita dari Bandung yang tenar pada tahun 1990-an.

Itulah 8 rekomendasi museum di Bandung yang bisa SoHip kunjungi. Museum-museum ini menyimpan banyak cerita sejarah baik tentang kota Bandung hingga bangsa Indonesia sejak zaman purba kala sampai zaman sekarang. Kira-kira kamu mau mengunjungi museum yang mana dulu nih SoHip kalau ke Bandung?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE