Kota Semarang, Jawa Tengah sangat identik dengan bangunan Lawang Sewu. Selain karena arsitektur bangunannya yang unik dan menarik, Lawang Sewu juga terkenal dengan kisah mistis yang selalu bikin merinding. Tapi ternyata, bukan cuma Lawang Sewu yang horor lho!

Nah, kali ini Hipwee Travel mau mengajak kalian keliling kota Semarang untuk melihat tujuh tempat angker yang selalu jadi bahan perbincangan banyak orang karena kisah mistisnya yang medeni alias menakutkan. Dan yang pasti, nggak kalah serem dari Lawang Sewu. Yuk disimak!

Hantu gentayangan karena pembunuhan sampai bikin Hotel Siranda tutup karena ditinggal pergi pengunjung.

Siranda

Hotel Siranda terkenal dengan insiden pembunuhannya via www.infometafisik.com

Advertisement

Bagi sebagian masyarakat Semarang, Hotel Siranda terkenal dengan cerita horornya. Dari luar, hotel yang sudah ditinggalkan ini memang terlihat angker. Kabarnya, dulu pernah ada pembunuhan di sebuah kamar di dalam hotel itu. Arwah korban itu gentayangan dan mengganggu pengunjung hotel yang menginap. Kisah mistis itu membuat hotel semakin sepi pengunjung dan akhirnya ditinggalkan. Sampai saat ini, para pengamen yang sering bermalam di depan hotel mengaku masih sering merasakan fenomena gaib di sekitar daerah itu.

Dari suster ngesot, hantu toilet, hantu kuda, sampai hantu mesin ketik, semua ada di dalam Rumah Setan.

Rumah Setan

Hantu suster ngesot sering muncul di Rumah Setan via semarangkota.com

Di Semarang juga ada bangunan yang sering disebut Rumah Setan. Letaknya berada di sekitar Stasiun Poncol. Gedung itu dulu pernah digunakan sebagai basis penganut aliran sesat. Seorang warga yang pernah bekerja sebagai petugas kebersihan di sana mengaku sering merasakan fenomena gaib seperti penampakan suster ngesot, hantu toilet, hantu kuda, hantu tentara baris, dan hantu mesin ketik. Konon, hantu suster ngesot itu merupakan seorang suster yang diperkosa lalu dibantai oleh tentara Jepang.

Penunggu sering diganggu suara langkah kaki dan suara orang bercanda di gedung bekas pabrik gas Belanda.

Pabrik

Bekas pabrik gas ini juga berhantu via regional.liputan6.com

Di Semarang juga ada gedung bekas pabrik gas zaman Belanda bernama Nederlandsch Indische Gas Maatschappij yang terkenal horor. Gedung yang berada di Jalan Sleko Nomor 17 itu dulunya merupakan sebuah pabrik pemasok gas. Namun sudah tutup karena sempat terendam Kali Semarang yang meluap. Menurut pengakuan salah satu penjaga gedung, dia sering mendengar suara seperti orang bercanda sambil bekerja dan langkah-langkah kaki. Di belakang gedung itu juga ada lintasan kereta api yang menimbulkan banyak korban jiwa.

Rumah Abraham Fletterman sudah kelihatan angker dari luar. Suzanna juga pernah syuting film horor di sini lho.

Flateran

Duh, dari luar aja udah keliatan serem via www.skyscrapercity.com

Advertisement

Rumah Abraham Fletterman berada di sekitar Jalan Veteran. Rumah dengan arsitektur bergaya kolonial Belanda ini sudah lama tak ditempati. Bentuk bangunan dan nuansa yang horor membuat rumah ini pernah jadikan tempat syuting film Beranak Dalam Pendam yang dibintangi oleh Suzanna. Nggak sedikit warga yang mengaku pernah punya pengalaman mistis saat melintas di dekat bangunan ini. Salah satunya adalah penampakan perempuan berambut panjang yang mondar-mandir di sekitar halaman rumah.

Kecelakaan di Tanjakan Gombel sering memakan korban. Pengguna jalan juga sering diganggu penampakan wewe gombel.

Tanjakan Gombel

Harus ekstra hti-hati kalau lewat Tanjakan Gombel via berita.suaramerdeka.com

Tempat angker lain yang sering jadi bahan perbincangan di Semarang adalah Tanjakan Gombel. Tanjakan Gombel terletak di antara Jatingaleh dan Banyumanik. Penduduk setempat meyakini, berbagai macam kecelakaan yang terjadi di sekitar Bukit Gombel berkaitan erat dengan hantu Wewe Gombel dan makhluk gaib lain penunggu daerah itu. Konon, hantu Wewe Gombel itu sering mengganggu pengemudi yang melintas dan menyebabkan kecelakaan. Mereka sering menampakkan diri karena merasa rumahnya diganggu oleh kegiatan manusia.

Bangunan Gereja Gedangan sebetulnya bagus, tapi nggak sedikit yang sering mengalami fenomena gaib di sini.

Gedangan

Gereja Gedangan kabarnya pernah rubuh via seputarsemarang.com

Gereja Gedangan adalah salah satu gereja yang paling terkenal di Semarang. Gereja Katolik yang mulai dibangun pada 1870 itu terletak di Tanjungmas, Semarang Utara itu. Dalam sejarah pembangunannya, gereja itu pernah roboh dan memakan korban jiwa. Menurut cerita warga sekitar yang melintas di malam hari, mereka sering melihat penampakan seorang pastor berwajah bule yang berjalan mengelilingi gereja. Mereka juga sering dikagetkan bunyi lonceng yang tiba-tiba bunyi sendiri. Malam-malam kok ada bunyi lonceng gereja sih? Ngeri!

Penampakan noni Belanda yang lagi menari-nari di malam hari sering terlihat di Gedung Marabunta.

Marabunta

Kalau mau lihat noni Belanda menari datang aja ke sini malam-malam via didapahlevi.blogspot.com

Gedung Marabunta yang terletak di kawasan Kota Tua Semarang kabarnya juga menjadi rumah makhluk halus. Gedung yang identik dengan patung semut raksasa di puncaknya itu pernah dijadikan sebagai tempat pertunjukan dan juga cafe. Menurut cerita penduduk sekitar, beberapa di antara mereka sering merasakan fenomena aneh di sekitar gedung. Salah satu yang sering dibicarakan adalah penampakan noni Belanda yang menari-nari di dalam bangunan seperti sedang mementaskan sebuah drama.

Benar kan nggak kalah serem dari kisah mistis di Lawang Sewu? Kamu bebas mau percaya atau nggak percaya karena semua ini hanya berdasar dari cerita dan pengalaman warga sekitar. Tapi kalau kamu memang penasaran dan ingin membuktikan, silakan datangi tempat-tempat tadi saat berkunjung ke Semarang. Kalau ada cerita atau pengalaman misteri lain di Semarang jangan lupa di share di kolom komentar ya teman-teman!

Cari tau cerita-cerita mistis lainnya dari Sara Wijayanto!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya