Liburan ke luar negeri yuk! Nggak perlu jauh-jauh lah, cukup ke negara tetangga aja. Apa? Galau mau pilih ke negara yang mana? Kalau ke Singapura tuh kamu bisa merasakan kota modern yang serba teratur dan bersih. Kalau ke Malaysia kamu bisa merasakan kota modern yang sebelahan dengan gedung lama sisa peninggalan masa kolonial dan serunya berbaur dengan orang dari bermacam suku dan ras. Kalau di  Thailand kamu bisa merasakan budaya yang beda banget dengan Indonesia dan alamnya asik untuk dijelajahi.

Kamu masih galau milih di antara ketiga negara tetangga ini untuk dijadikan tujuan backpacking selanjutnya? Ya udah, main langsung ke tiga negara sekaligus aja. Sangat memungkinkan kok untuk langsung backpacking ke Singapura, Malaysia, dan Thailand ini. Letak mereka berdekatan dan transportasi umum yang menghubungkan ketiga negara ini juga udah bagus. Simak deh panduan dari Hipwee Travel untuk backpacking ke 3 negara; Singapura, Malaysia, dan Thailand ini.

Tentukan rute untuk perjalanan backpacking 3 negaramu. Rute ideal adalah Singapura – Malaysia – Thailand

Tentukan rute yang efisien untuk backpacking 3 negara via www.pexels.com

Advertisement

Pertama-tama, tentukan dulu rute backpacking 3 negaramu mau dimulai dari mana. Saran Hipwee Travel, jangan mulai dari Malaysia, karena rute paling ideal untuk backpacking 3 negara ini adalah Singapura-Malaysia-Thailand, atau sebaliknya. Kamu bisa memulainya dari Singapura, Singapura, dan berakhir di Bangkok, Thailand, atau sebaliknya.

Melintasi perbatasan antar negara dengan menggunakan transportasi darat seperti bus dan kereta jadi pengalaman unik. Tapi naik pesawat juga harganya bisa sama.

Naik sleeper train untuk rute Butterworth – Bangkok via www.dinilint.com

Kamu bisa melewati 3 negara ini dengan jalan darat, yaitu menggunakan bus atau kereta. Tapi nggak selamanya naik bus atau kereta api akan menghabiskan biaya lebih murah dibandingkan naik pesawat terbang. Kamu mesti rajin-rajin membandingkan harga tiket pesawat dan bus atau kereta. Tapi lewat perbatasan negara dengan menggunakan transportasi darat jadi pengalaman unik tersendiri.

Kalau naik kereta, kamu bisa pilih naik sleeper train. Kamu bisa naik kereta yang isinya tempat tidur ini mulai dari Singapura hingga Bangkok. Yang membuat kereta ini istimewa ya karena rutenya yang melintasi tiga negara di Asia Tenggara, dan kalau malam kursi kereta berubah menjadi tempat tidur. Perjalanan jauh lebih nyaman dan pengalaman unik bertambah. Sayangnya sleeper bus untuk rute Singapura – Malaysia – Thailand belum tersedia.

Tentukan tempat menginap selama perjalanan backpacking 3 negara. Idealnya menginap di Singapura, KL, Penang atau Butterworth, dan Bangkok.

Singgah di Penang dan jalan-jalan via www.dinilint.com

Advertisement

Lokasi menginap harus jadi pertimbangan untuk kamu yang berencana backpacking ke 3 negara. Kamu harus memperhitungkan di mana kamu akan singgah. Atau kamu berencana jalan terus aja? Tapi sayang ah, udah lewat di kota tertentu sih asyiknya mampir sebentar untuk menjelajah kota.

Hipwee Travel saranin kamu menginap di Singapura, Kuala Lumpur, Penang atau Butterworth (dua kota ini berdekatan dan transportasi umumnya gampang banget), dan Bangkok. Kalau kamu sudah punya jadwal yang pasti, ada baiknya kamu pesan penginapan jauh-jauh hari, jadi pas sampe di kota tujuan, kamu nggak pusing mikirin penginapan. Tapi kalau rencanamu santai dan go with the flow, kamu bisa pesan penginapan sehari sebelumnya, atau go show alias pesan di saat kamu mau nginep.

Siapin uang cash dalam bentuk mata uang masing-masing negara yang akan disinggahi. Uang ini akan sangat berguna untuk beli makan dan bayar bus kota.

Bayar bus kota di Bangkok mesti pake uang cash Baht via www.dinilint.com

Singapura, Malaysia, dan Thailand punya jenis mata uang yang berbeda-beda. Sebaiknya kamu mempersiapkan uang cash dalam pecahan mata uang masing-masing negara tersebut. Memang di 3 negara ini ambil ATM sangat memungkinkan dan gampang, tapi belum tentu di stasiun atau terminal bus tersedia ATM, atau ATM yang tersedia di stasiun atau terminal tersebut menerima kartu ATM asal Indonesia.

Untuk persediaan, sebaiknya kamu menyiapkan uang cash dalam pecahan masing-masing negara sebanyak biaya hidup satu hari di masing-masing negara. Kekurangannya bisa dengan tukar uang di money changer atau tarik tunai di ATM. Paling nggak kamu bisa beli makan dan bayar ongkos bus kota kan.

Backpacking ke Singapura, Malaysia, dan Thailand idealnya butuh waktu minimal seminggu. Ini udah termasuk waktu untuk perjalanan dan singgah barang sehari.

Backpacking ke Singapura, Malaysia, Thailand selama seminggu via www.dinilint.com

Idealnya butuh minimal seminggu untuk backpacking 3 negara; Singapura, Malaysia, dan Thailand. Inget kan, perhentian ideal adalah di Singapura, Kuala Lumpur, Penang, dan Bangkok. Kamu bisa main-main barang satu hari di masing-masing kota ini. Ditambah waktu perjalanan dari Singapura ke KL sekitar 1 malam, KL ke Penang sekitar 4-5 jam, dan Penang ke Bangkok sekitar 22 jam.

Backpacking ke 3 negara sekaligus sangat murah dan gampang. Yuk, tunggu apa lagi. Angkat ransel dan berangkat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya