Hai, apa kamu punya rencana travelling ke luar negeri tahun ini? Tapi kamu nggak tahu mau jalan-jalan ke mana? Kalo kamu cari pengalaman baru, budaya yang berbeda, dan budget yang nggak menguras kantong, Hipwee Travel saranin kamu untuk jalan-jalan ke Thailand aja. Ya daripada mengeluh tiket pesawat domestik yang mahal banget, mending ke ASEAN aja yang tiketnya lebih murah.

Thailand sendiri itu luas banget lho. Dua destinasi paling terkenal dari Thailand adalah Bangkok dan Phuket. Kalo Bangkok itu lebih mirip Jakarta, kota besar dengan segala hal modern dan mal-mal keren. Kalo Phuket lebih mirip Bali, ada banyak pantai cantik dan alam liar yang siap dijelajahi. Yuk baca ulasan Hipwee Travel tentang panduang liburan ke Phuket.

Waktu terbaik untuk travelling ke Phuket adalah di bulan Desember – Maret. Hujan nggak terlalu banyak, cuaca nggak terlalu panas.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Phuket adalah di bulan Desember – Maret via livingnomads.com

Advertisement

Cuaca di Phuket hampir mirip dengan cuaca di Indonesia. Ada hot season, di mana Phuket kering banget di bulan April – Juni, dan ada wet season, di mana Phuket selalu diguyur hujan di bulan Juli – November. Waktu terbaik untuk travelling ke Phuket adalah di bulan Desember – Maret, yaitu waktu peralihan dari wet season ke hot season, hujannya nggak terlalu banyak, dan udaranya nggak panas banget.

Perhatikan lokasi menginap selama liburan di Phuket. Kalo mau murah meriah menginap di Phuket Town, kalo mau deket ke tempat wisata menginap di area pantai.

Menginap di area Patong Beach bikin kamu cukup jalan kaki ke pantai via livingnomads.com

Phuket ini luas banget. Kamu harus perhatiin baik-baik lokasi tempat kamu menginap. Kalo mau cari penginapan murah meriah, kamu bisa pilih untuk menginap di Phuket Town. Transportasi umum di Phuket Town juga lebih gampang ditemukan dan harganya murah banget. Tapi kalo pake transportasi umum harus sabar, karena rata-rata kecepatannya sekitar 30-40 km/jam. Kalo jam 5 sore angkutan umum udah nggak beroperasi.

Kamu juga bisa menginap di area pantai. Kamu bisa ke pantai cukup jalan kaki aja. Hipwee Travel saranin sih nginep di area Patong Beach. Patong Beach ini adalah area paling ramai di Phuket dengan fasilitas paling komplit dan pilihan penginapan yang bervariasi. Mulai dari yang murah banget sampai yang mewah, ada.

Paling enak menjelajah Phuket dengan sewa kendaraan sendiri. Siapin SIM, paspor, dan ketrampilan berkendara karena lalu lintas di Phuket lumayan rame.

Sewa motor untuk menjelajah Phuket via ranseltravel.com

Advertisement

Untuk explore Phuket, kamu bisa sewa motor atau mobil dengan nunjukin SIM dan paspor. Paspormu bakal disimpen sebagai jaminan. Harga sewa motor sekitar 200 – 250 THB. Tapi hati-hati, kalo ada pemeriksaan polisi lokal, SIM lokal Indonesia belum tentu lolos dan kamu harus bayar denda tilang. Pemeriksaan polisi lokal ini biasanya di perbatasan antara Phuket dan Phuket Town.

Book one day trip untuk island hoping di Phuket. Tentuin tujuan pilihanmu dan aktivitas apa yang pengen kamu cobain selama di Phuket.

One day trip ke James Bond Island di Phuket via www.wanderlust.co.uk

Phuket ini punya banyak spot destinasi wisata, baik di darat dan yang cuma bisa dijangkau dengan cara island hoping. Island hoping itu berarti kita naik kapal untuk berpindah dari pulau satu ke pulau lainnya. Dalam satu hari kamu bisa mengunjungi beberapa pulau. Kamu juga dapat fasilitas untuk menikmati berbagai aktivitas seperti snorkeling, naik kano, dan lainnya.

Kamu tinggal bilang ke resepsionis tempat kamu nginep untuk bantu book paket one day trip. Harga yang kamu bayar udah termasuk penjemputan dari penginapan ke pelabuhan, kapal, makan siang, dan segala aktivitas yang akan kamu lakukan selama island hoping. Harga paket one day trip untuk island hoping di Phuket sekitar 700 – 1500 THB.

Cari makan di Phuket gampang banget dan rata-rata enak semua. Banyak pilihan dan murah.

Makanan di Phuket enak dan murah meriah via www.phuket101.net

Cari makan di Phuket gampang banget. Ada banyak pilihan mulai dari menu lokal sampai menu internasional. Harga makanan di Phuket juga termasuk murah meriah dan rasanya enak. Harganya mulai dari 100 THB per porsi. Cuma, untuk kamu yang harus makan makanan dengan cap halal agak ribet carinya ya. Paling gampang sih nanyain, apakah makanan tersebut mengandung babi atau nggak, pasti mereka jawab jujur. Beberapa penjual makanan di Phuket adalah muslim, jadi bisa dipastikan mereka nggak menyajikan babi.

Nginep semalam di Phi Phi Island. Rasain serunya nginep di pulau kecil tanpa kendaraan yang jadi tempat syutingnya Leonardo di Caprio.

Phi Phi Island yang indah banget via www.nomadicmatt.com

Kalo kamu punya waktu lebih, ada baiknya kamu nginep di Phi Phi Island. Pulau kecil ini punya ambience yang beda dan seru. Phi Phi Island makin terkenal karena jadi lokasi syuting film The Beach yang dibintangi Leonardo di Caprio. Maya Beach yang ada di Phi Phi Island emang bagus banget sih. Tapi jangan ke sana ya karena sekarang lagi ditutup nih Maya Bay untuk pemulihan ekosistem. Di Phi Phi Island, nggak ada kendaraan bermotor, semua orang ke mana-mana jalan kaki, karena pulaunya emang kecil banget. Makanan di sini juga enak-enak banget dan murah. Ada juga paket island hoping setengah hari di Phi Phi Island dengan aktivitas snorkeling dan main ke pulau-pulau di dekat Phi Phi Island.

Enaknya travelling ke Phuket, semua hal sudah terkoneksi. Jadi kalo butuh apa pun, tinggal nanya aja ke resepsionis penginapan, biasanya mereka selalu punya jawaban atas semua kebutuhan traveller. Para pelaku pariwisata di Phuket saling kenal dan saling bantu. Harga untuk travelling ke Phuket juga cenderung murah karena harganya hampir sama dengan harga di Indonesia. Yuk travelling ke Phuket aja kalau tiket liburan ke dalam negeri makin nggak karuan gini.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya