Singapura selalu bisa jadi destinasi menarik untuk jalan-jalan. Lokasinya deket banget sama Indonesia dan selalu ada tiket promo yang seringnya lebih murah daripada tiket dengan tujuan destinasi domestik. Liburan ke Singapura yang negara maju juga bikin atmosfer yang beda banget dengan di Indonesia. Lihat segala sesuatu rapi dan bersih bisa jadi hiburan tersendiri ketika tiap hari kita lihat berantakannya Indonesia. Bebas macet pula.

Tapi kadang niat jalan-jalan ke Singapura terhalang rasa males ngeluarin budget berlebih. Emang sih biaya hidup di Singapura itu lebih mahal daripada biaya hidup di Indonesia, terutama di kota-kota ramah kantong macam Jogja dan Solo. Tapi kalo kamu tahu triknya, liburan ke Singapura juga nggak bikin kantong bolong lho. Yuk simak panduan liburan ke Singapura yang ramah di kantong ala Hipwee Travel.

Liburan ke Singapura itu cukup 2 hari aja, paling lama ya 3 hari deh. Kalo kelamaan bikin bosen dan mati gaya, serta yang pasti budget membengkak.

Jalan-jalan ke Singapura yuk via www.pexels.com

Advertisement

Jalan-jalan di Singapura paling pas cuma butuh waktu 2 hari atau maksimal ya 3 hari lah. Singapura ini negaranya kecil banget dan transportasi umumnya udah oke banget. Jadi dalam sehari kamu bisa main ke 3 tempat kalo kamu anaknya gampang mager, atau bisa ke 5 tempat kalo kamu ngejar jumlah destinasi yang banyak. Percaya deh, kelamaan di Singapura bikin kamu bosen dan mati gaya.

Nginep di hostel yang deket sama stasiun MRT dan halte bus. Bikin kamu nggak tergoda lanjut naik taksi dan ngirit energi untuk jalan kaki.

Cara paling murah untuk keliling Singapura dengan naik bus via www.pexels.com

Lokasi hostel ini penting banget. Paling ekonomis jelas milih lokasi hostel yang deket sama stasiun MRT dan halte bus. Jadi kalo mau ke mana-mana tinggal jalan dikit aja. FYI, dari pintu masuk MRT ke gerbong MRT-nya jaraknya lumayan dan mesti jalan kaki. Kalo Hipwee Travel kebanyakan jalan dan ngeluarin lebih banyak energi dari biasanya, makannya pun jadi banyak. Nah, budget makan kan lumayan juga. Sekali makan 50 ribuan lah kalau di Singapura.

Pilih makan di food court daripada di restoran. Makanan di restoran cepat saji juga cenderung murah.

Menu makan di salah satu food court di basement mal di Singapura via www.dinilint.com

Ini nih yang bikin Singapura mahal, makanannya. Kalo mau murah meriah makan aja nasi ayam atau nasi lemak yang dijual seharga 2 dolar Singapura. Tapi masa ya makan itu-itu aja sih. Mendingan kamu makan ke food court dan cobain makanan-makanan yang dimakan orang lokal di sana. Harganya sekitar 5 dolar Singapura dan porsinya cenderung banyak. Minumnya ngambil tap water di deket kamar mandi. Orang lokal Singapura juga kalo makan di food court bawa tumbler sendiri dan ngisi tap water kok. Oia, chicken burger di resto cepat saji warna merah juga cuma 2 dolar Singapura. Bisa jadi alternatif makan murah.

Kalo lagi musim Singapore Great Sale, mendingan jangan masuk mal. Harga barang di sana bisa murah banget dan bikin kalap.

Singapore Great Sale yang bikin kalap via theshutterwhale.com

Advertisement

Kalo ini sih pengalaman Hipwee Travel ya. Kebetulan pas jalan-jalan ke Singapura lagi ada even Great Sale. Semua toko berlomba-lomba kasih diskon besar-besaran dan harganya bener-bener murah dengan kualitas yang oke punya. Ya, emang yang kena diskon gila-gilaan cuma barang branded. Akibatnya Hipwee Travel nggak kuat untuk nahan hasrat belanja. Jebol deh budget.

Pilih destinasi wisata yang gratis aja. Selain masuk mal, ada banyak taman dan tempat seru yang masuknya nggak perlu bayar.

Foto-foto di Haji Lane, gang sempit yang penuh dengan mural dan toko lucu via www.dinilint.com

Singapura ini termasuk salah satu destinasi jalan-jalan yang ngasih banyak gratisan, asal kamu tahu triknya. Kamu bisa jalan-jalan sampe gempor di Garden By The Bay. Kalo pilih naik ke pohon bikinan, lihat air terjun buatan manusia, dan keliling tamannya pake mobil taman ya bayar. Tapi fasilitas yang gratis aja udah bagus banget lho. Kalo ke Sentosa Island pilih jalan kaki aja daripada bayar 4 dolar Singapura untuk naik monorail. Shuttle bus di Sentosa Island juga gratis, yang bayar kalo kamu masuk ke Universal Studio atau SEA Aquarium.

Kamu juga bisa main ke Botanical Garden yang asri dan super luas, foto-foto di Haji Lane yang instagramable lanjut nongkrong di Bugis, seru-seruan di Little India dan kalo beruntung bisa foto sama burung-burung cantik di sana, atau nongkrong aja di Orchard Road lihat orang-orang lalu lalang sambil makan es krim uncle seharga 1 dolar yang udah naik jadi 1.2 dolar. Huft.

Hitungan kasar budgeting di Singpura adalah 10-15 SGD untuk makan sehari, 20-30 SGD untuk transportasi selama 3 hari, dan 25-35 SGD untuk nginep semalam. Angka ini tentu disesuaikan lagi dengan kebutuhan dan kenyamanan kamu selama travelling. Masih terjangkau kan? Yuk, jalan-jalan ke Singapura aja!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya