Apakah Bangkok Thailand masuk ke dalam wishlist untuk next tripmu? Atau kamu malah sudah punya tiket ke Bangkok untuk travelling selanjutnya? Kalau iya, selamat menikmati kota dengan makanan enak dan biaya hidup yang murah. Untuk pecinta kota metropolitan, Bangkok adalah surga. Tapi kalau kamu cepat bosan dengan kehidupan kota yang berisik, mending cobain destinasi lainnya aja.

Melipir aja liburan ke Ayutthaya. Jaraknya cuma 100 km dari Bangkok. Kalau ngomongin Ayutthaya, Hipwee Travel juga harus ingetin tentang gambar kepala Budha di akar pohon. Nah, kepala Budha ini adanya di Ayutthaya. Ayutthaya juga masuk ke dalam UNESCO World Heritage Site dan sangat layak didatangi untuk tiap traveller. Gimana caranya? Nih, Hipwee Travel kasih panduan travelling ke Ayutthaya, Thailand.

Dari Bangkok ke Ayutthaya butuh waktu sekitar 1 jam-an. Bisa naik bus dari Mo Chit, van dari Victory Monument, naik kereta atau taksi dari mana aja di Bangkok.

Advertisement

Waktu tempuh dari Bangkok ke Ayutthaya sekitar 1 jam-an. Untuk sampai ke Ayutthaya ada banyak pilihan; kereta, bus, van, sampai taksi. Kalau mau naik bus, kamu bisa naik dari Mo Chit, turun di BTS Stasion terus lanjut naik tuktuk ke bus. Harga naik bus 50 THB. Bisa juga naik van dari Victory Monument. Biasanya van berangkat kalau penumpang udah penuh. Harga naik van 100 THB. Bisa juga share taksi langsung ke Ayutthaya, kira-kira 1000 THB. Kalau sekalian keliling Ayutthaya dan anter balik ke Bangkok ya nego biar dapet harga 2500 THB.

Naik kereta ekonomi cuma bayar 20 THB. Kebanyakan traveller pilih naik kereta aja ke Ayutthaya.

Di dalam kereta Bangkok – Ayutthaya via onestep4ward.com

Ada opsi lain ke Ayutthaya, yaitu naik kereta. Ini adalah opsi paling murah untuk pergi ke Ayutthaya dari Bangkok. Harganya cuma 20 THB. Keretanya kelas ekonomi, tapi beda dengan di Indonesia kereta ini nggak ada AC-nya. Biasanya yang naik lebih banyak traveller daripada orang lokal. Naik dari Hua Lamphong Station di pusat kota Bangkok dan turun di Ayutthaya Station.

Keliling old town Ayutthaya seharian. Manfaatin tuktuk untuk keliling sekitaran old town Ayutthaya.

Tuktuk di Ayutthaya via onestep4ward.com

Kalau sudah sampai di Ayutthaya, cari tuktuk untuk menuju old town-nya Ayutthaya. Jaraknya sekitar 5 km dari stasiun kereta. Buat kamu yang mau keliling pake tuk-tuk, harga tuk-tuk kira-kira 60-100 THB. Kalau mau keliling old town Ayutthaya pake tuktuk mendingan nego harga dari stasiun aja, biar sekalian. Biasanya harga sekitar 200 THB per jam. Paling nggak kamu butuh 4-5 jam untuk keliling old town. Satu tuk-tuk bisa muat sampe 6 penumpang.

Sewa sepeda untuk keliling old town Ayutthaya. Harganya cuma 150 THB untuk 24 jam.

Sewa sepeda untuk keliling seharian di Ayutthaya. via thesabbaticalguide.com

Advertisement

Keliling old town pake sepeda juga sangat memungkinkan. Naik tuktuk dulu ke Wat Maha That. Di sekitaran Wat Maha That ada banyak penyedia jasa rental sepeda. Biasanya sepeda yang disewakan di sini adalah sepeda standar. Pastiin remnya makan dan kamu dapat gembok untuk sepeda. Pencurian sepeda di Ayutthaya adalah hal umum. Harga sewa sepeda adalah 150 THB untuk 24 jam. Murah kan. Mending naik sepeda aja daripada naik tuktuk.

The famous Budha head di pohon yang bakal ilang beberapa tahun ke depan. Kepala Budha ini ada di Wat Maha That.

Kepala Budha paling terkenal sedunia via thesabbaticalguide.com

Di Wat Maha That ini kamu bisa lihat the famous Budha head yang ada di akar pohon. Kabarnya beberapa tahun ke depan kita nggak bisa lihat kepala Budhay ini lagi karena bakal ‘dimakan’ sama pohon. Kalau ke sini, boleh lihat tapi nggak boleh pegang ya. Patung kepala Buddha yang terjepit pohon ini jadi kaya ikon Ayutthaya lho.

Ayutthaya, kota kuno dengan banyak candi unik. Ada yang punya taman indah, patung Budha raksasa, dan patung ayam.

Patung ayam di Wat Thammikarat via thesabbaticalguide.com

Ayutthaya ini dulunya adalah ibukota Thailand kuno. Ada banyak banget candi bertebaran di Ayutthaya, tapi jaraknya masih berdekatan. Candinya pun unik-unik, ada yang punya taman bagus banget, ada yang punya banyak patung ayam, ada juga yang punya patung Budha tidur raksasa. Saking gedhenya, kalo mau foto patung Budha ini, nggak bisa dapat satu patung Budha utuh.

Keliling Ayutthaya seharian, main ke candi-candi unik di kota kuno. Ikutin rute ini ya.

Reclining Budha yang cuma kelihatan kepalanya doang di frame. via thesabbaticalguide.com

Untuk bisa keliling Ayutthaya dan menikmati semua candi-candinya, sebaiknya kamu ambil rute ini; Wat Maha That – Wat Ratchaburana -Wat Thammikarat – Wat Phra Ram dan Wat Phra Si Samphet – Phra Si Nakharin Park – Memorial Princes Srinagarinda – balik lagi ke Wat Maha That.

Untuk masuk ke tiap candi kamu siapin uang donasi sekitar 50 THB. Kamu juga perhatikan pakaian, pakai pakaian yang sopan yang menutup lutut dan lengan. Beberapa candi masih dipakai untuk beribadah.

Selamat jalan-jalan ke Ayutthaya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya