Toko buku maupun perpustakaan kayaknya jarang masuk list tujuan travelling orang-orang saat liburan. Kecuali mereka yang memang ‘kutu buku’, siapa juga ya yang mau menghabiskan masa liburan baca buku atau belajar dalam diam di perpustakaan?!

Nah tapi beberapa tahun belakangan ini, ada tren menarik dengan bermunculannya perpustakaan dan toko-toko buku super cantik yang desainnya pasti membuat siapa pun ternganga. Bukan cuma buat yang hobi membaca saja, mereka yang suka hunting spot foto Instagrammable — wajib banget datang ke perpustakaan dan toko buku cantik di bawah ini. Penasaran?! Lihat sendiri aja, cus~

China adalah hotspot bermunculannya perpustakaan dan toko buku super cantik. Salah satu yang tercantik, toko Zhongshuge di kota Hangzhou dengan desain ilusi kaca dan tangga zig zag yang memukau

Atap kacanya menghasilkan optical illusion, seakan-akan gedung ini tak punya batas via mymodernmet.com

Advertisement

Zhongshuge‘ adalah toko buku China yang terkenal dengan desain-desain tokonya yang sangat memukau. Seperti toko cabangnya di kota Hangzhou ini. Dengan desain tangga zig zag yang meninggi sampai langit-langit kaca, bangunan ini lebih mirip museum ilusi optik dibandingkan toko buku. Rak-rak bukunya pun tersembunyi dengan cantik di antara tangga dan lantai.

Beberapa orang suka pusing sendiri lihat ilusi atap kacanya, begini nih penampakannya kalau dari bawah.

Buku-buku ditata diantara tangga-tangga yang saling menyilang via www.reuters.com

Cabang di kota lain pun tak kalah spektakuler. Zhongshuge di Yangzhou ini desainnya seperti terowongan waktu, ajaib banget!

Rak bukunya memanjang dan melengkung seperti terowongan via hk.asiatatler.com

Toko buku Zhongshuge lain yang tak kalah memukau adalah toko cabangnya di kota Yangzhou. Rak-rak bukunya yang memanjang bak terowongan, membawa kita seakan-akan melewati dimensi lain. Kalau dari sudut lain, begini nih penampakan toko buku ajaib ini!

Temanya memang circular gitu ya… via www.archdaily.com

Dengan desain serba putih dan melengkung, toko buku Zhongshu di kota Xi’an, China ini juga wajib dikunjungi. Lebih mirip galeri seni daripada toko buku!

Nggak ada ujung tajam, semuanya melengkung via www.archdaily.com

Advertisement

Selain Zhongshuge, toko buku Zh0ngshu juga terkenal memiliki desain indah. Terutama toko Zhongshu di kota Xi’an ini. Desainnya yang serba putih dan melengkung, bakal membuatmu merasa masuk ke galeri seni high end. Ada juga reading nook atau sudut-sudut terpencil khusus untuk membaca tersebar di toko buku ini. Keren banget!

Desain furniturnya melengkung semua via mymodernmet.com

Toko buku Page One yang buka 24 jam ini juga populer. Meski aslinya chain dari Singapura, desain toko cabangnya di Beijing harus dibikin ekstra cantik supaya tak kalah bersaing

Di China, toko buku tampaknya kini wajib punya desain yang wow via pikdo.net

Desain super cantik dan penataan rak buku yang sangat tidak mainstream — tampaknya inilah standar baru yang harus ada dalam toko buku-toko buku yang ada di China. Bahkan ritel toko buku asing dari Singapura, Page One, juga mendesain toko cabangnya di Beijing dengan ekstra spesial. Rak-rak buku gelap yang ditata sampai langit-langit, dikontraskan dengan lighting yang indah.

Tak hanya rak buku yang bentuknya aneh-aneh, toko yang buka 24 jam ini dilengkapi ruang duduk dan membaca bagi pengunjungnya. Mupeng banget pengin ke sana!!

Rak buku di China antimainstream semua yak~ via www.chinadaily.com.cn

Tak hanya toko buku, desain perpustakaan di China pun kini tak kalah fantastis. Seperti perpustakaan futuristik Binhai di kota Tianjin yang sempat viral banget beberapa waktu lalu

Yang melengkung-lengkung itu semua rak buku lo! via www.mvrdv.nl

Bukan cuma toko buku, perpustakaan di China pun kini desainnya begitu menawan. Salah satu yang sempat viral tahun lalu adalah perpustakaan Binhai di kota Tianjin ini. Dengan bola putih raksasa ditempatkan di tengah ruangan, rak-rak putih dibuat khusus untuk melengkung mengikuti bentuk bola tersebut. Perpustakaan dan pusat kebudayaan yang dibangun pada tahun 2017 ini, mampu menampung 1,2 juta buku!

Bagi yang bingung gimana caranya ambil buku dari rak-rak estetis itu, begini nih gambar dari dekatnya~

Ada tangganya via time.com

Atau perpustakaan YJY Maike Centre yang baru saja dibuka di kota Xi’an ini. Cantik dan mewah banget!

Tangganya udah kayak tangga di kapal Titanic via www.frameweb.com

Perpustakaan yang sama spektakulernya adalah perpustakaan yang baru saja dibuka di kota Xi’an, YJY Maike Centre. Dengan desain klasik nan mewah, perpustakaan ini dilengkapi dengan rak kayu (yang lagi-lagi) sampai langit-langit, chandelier berwujud lembaran kertas yang sangat cantik, dan tangga utama layaknya tangga terkenal di kapal Titanic.

Kalau tidak mau capai naik tangga, ada nih eskalator yang dengan pemandangan sekitar yang juga luar biasa…

Mewah banget dekornya via www.wallpaper.com

Selain China, tren toko buku cantik ini juga mulai menjamur di Korea Selatan. Eskalator di depan rak buku raksasa ini jadi spot favorit para pemburu foto Instagrammable

Rak bukunya dari dari ujung lantai sampai ujung atap kaca via www.flickr.com

Ternyata tak hanya di China, tren toko buku dan perpustakaan cantik ini juga bisa ditemukan di negara tetangganya, Korea Selatan. Salah satu yang sedang nge-tren adalah toko buku yang terletak di dalam COEX Mall, Gangnam, Seoul ini. Toko buku bernama Starfield ini memiliki rak-rak buku raksasa yang juga sampai langit-langit. Atap kacanya memberikan lighting alami yang dicari-cari para pemburu konten foto Instagram.

Seakan-akan berada di ruang terbuka via www.flickr.com

Berbeda dari toko buku dan perpustakaan umumnya yang terkesan polos dan boring, toko-toko buku serta perpustakaan di atas bahkan wajib kamu jadikan destinasi travelling. Lihat sendiri ‘kan bagaimana indahnya desainnya!?

Selain bisa jadi destinasi wisata dan menarik perhatian lebih banyak pengunjung, tren ini tampaknya memang sengaja digalakkan di tempat-tempat tersebut untuk menyelamatkan masa depan toko buku fisik yang semakin lama makin sepi karena dikalahkan toko buku online. Kalau toko bukunya secantik ini sih, pasti bakal tetap ramai….

Edisi sayang sudah tutup, tapi tetap harus lihat: Perpustakaan Liyuan di China. Mirisnya, perpustakaan bertema alam ini akhirnya ditutup karena ketahuan menyediakan buku-buku bajakan

Ditutup pada tahun 2017 via armanjeddi.com

Jalur masuknya aja begini lo….

Sayang banget udah tutup 🙁 via u.osu.edu

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya