Jepang terkenal dengan budayanya yang disiplin dan rapi. Negeri Sakura juga negara maju yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebersihan dan juga keteraturan. Oleh karena itu, sesuatu yang bersifat kumuh dan kotor akan sulit ditemui di ruang publik atau jalan-jalan utama. Kamu yang sudah pernah ke Jepang pasti sepakat ya kalau negara ini bersih banget.

Namanya manusia tidak ada yang sempurna, begitu pula negara yang dipimpin juga oleh manusia. Meskipun budaya disiplin dan bersih sudah mendarah daging di Jepang, namun kawasan kumuh atau slump tetap saja ada. Kawasan bernama Kamagisaki adalah pusat slump terbesar di Jepang. Pemerintah sangat malu dengan Kamagisaki sehingga membatasi informasi agar tidak ada yang tahu tentang tempat ini. Wah sampai sebegitunya ya.

Advertisement

Nah kali ini Hipwee Travel mau menunjukkan foto-foto Kota Kamagisaki yang kumuh dan membuat malu pemerintah Jepang. Saking malunya, kota ini dihapus dari peta resmi negara lho. Yuk simak aja ulasannya!

Tak jauh dari Osaka, Kamagisaki adalah kota yang berisi banyak pengangguran dan lansia. Gelandangan pun banyak sekali di tempat ini

banyak gelandangan via tokyotimes.org

Kota ini sebenarnya bernama Airinchi-ku, namun masih banyak disebut sebagai Kamagasaki seperti nama kota ini dulu sebelum tahun 1966. Kamu pasti belum pernah mendengar kota ini sebelumnya ‘kan?

kamagasaki via tokyotimes.org

Pemerintah Jepang yang malu dengan keberadaan kawasan kumuh seperti Kamagasaki sampai menghapus kota ini dari peta resmi. Hipwee pun mengecek di Google Maps pun nggak ketemu lho! Sungguh kota yang misterius

kamagasaki via tokyotimes.org

Sejarah kota ini cukup panjang. Dulunya, banyak buruh didatangkan ke Kamagasaki yang tidak jauh dari Osaka ini untuk mengerjakan proyek Shinsekai. Shinsekai adalah proyek pembangunan wahana wisata yang dimulai sejak tahun 1920-an. Setelah perang dunia 2, Jepang jatuh miskin sehingga para buruh menjadi pengangguran dan gelandangan di Kamagasaki

bikin malu jepang via tokyotimes.org

Di Kamagasaki, banyak sekali tunawisma yang tidur di sembarang tempat. Banyaknya pengangguran dan lansia membuat kota ini tidak mengalami kemajuan. Jepang pun seakan menutupi informasi tentang kota kecil ini

kamagasaki jepang via tokyotimes.org

Meskipun terkesan menyeramkan, kota ini punya aktivitas seperti biasa kok. Ada jual beli, acara kesenian, ya seperti kota-kota lainnya

kota kumuh di jepang via tokyotimes.org

Potret Kota Kawagasaki dari atas. Tampak beberapa bangunan tinggi dan juga mobil yang berseliweran. Kok kelihatannya masih bagusan kota yang dianggap ‘memalukan’ ini dibandingkan beberapa kota di Indonesia ya? Hmmm~

Jika kamu tertarik dengan kota ini, sebaiknya kamu hati-hati jika ke sana. Sebaiknya jangan datang sendiri ya. Terlalu bahaya kalau datang sendirian

Ya sebenarnya sih Kamagasaki nggak kumuh-kumuh amat. Lebih banyak kota di Indonesia yang jauh lebih kumuh. Hehehe. Repot banget ya kalau ada kota kumuh terus dihilangkan dari peta. Kasihan banget deh. Kalau di Indonesia sih, kawasan kumuh pinggiran kali malah jadi kampung warna warni. Mungkin Jepang mau coba?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya