6 Rekomendasi Lokasi Scuba Diving buat Kamu yang Mau Tahu Kekayaan dan Keindahan Laut Indonesia

Rekomendasi Lokasi Diving

Indonesia dan kekayaan lautnya adalah satu-kesatuan yang enggak bisa dipisahkan. Negara kita ini punya jumlah luas lautan yang besar, lebih dari 70% luas negara kita adalah lautan, maka jangan heran kalau sebenarnya kita punya banyak banget potensi wisata bahari, salah satunya adalah menyelam atau scuba diving.

Advertisement

Meski butuh izin khusus, tapi enggak bisa dipungkiri, jika SoHip punya kesempatan untuk scuba diving, kamu harus mencoba tempat-tempat yang ada di bawah ini! Ngapain jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia punya banyak spot diving yang keren dan unik kok! Nih untuk meyakinkan kamu, Hipwee kasih lihat 6 tempat diving di Indonesia yang keren, unik, dan pastinya harus kamu datangin suatu hari nanti!

Melihat gunung berapi bawah laut aktif di Banua Wuhu, kalau kamu beruntung, kamu juga bisa mendengar suara getaran aktivitas vulkanik di sini lho!

Gelembung-gelembung yang keluar dari celah batuan karena aktivitas vulkanik | Foto oleh Miriam Grandauer via commons.wikimedia.org

Tempat yang berada di Sangihe, Sulawesi Utara ini merupakan sebuah titik penyelaman berupa gunung berapi bawah laut! Kamu bisa melihat aktivitas vulkanik bawah laut yang ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung dari celah bebatuan. Kalau beruntung katanya kamu juga bisa merakasan aktivitas vulkanik di sini yang berupa suara getaran tanah di dasar laut.

Kamu bisa melihat bagaimana ekosistem karang yang masih asri dan belum terjamah di tempat ini. Di sini kamu bisa melihat berbagai binatang laut, mulai dari terumbu karang, sponge laut, hingga berbagai ikan. Mereka berkumpul di tempat ini karena perairan di sini kaya dengan mineral hasil aktivitas vulkanik, makanya ramai kehidupan laut!

Advertisement

Berenang dengan kawanan ikan hiu kepala martil dan ikan barakuda di karang-karang Teluk Belongas, Lombok, katanya sih ini tempat scuba diving paling ekstrim di Indonesia

Kira-kira kamu akan mendapatkan pemandangan seperti ini di Teluk Belongas | Foto oleh baechi via pixabay.com

Pernah ngebayangin diving bareng sekawanan ikan hiu kepala martil di antara karang-karang yang indah? Di sini kamu bakalan ngerasain sensasi berenang bersama ikan predator ini dari dekat. Tapi tenang, hiu-hiu di sini enggak akan berusaha meyerang kamu kalau enggak diprovokasi kok!. Untuk mencapai titik penyelaman, kamu harus naik perahu terlebih dahulu ke sebuah mercusuar di tengah laut. Setiba di sini baru kamu bisa memulai penyelaman.

Tapi sayangnya, tempat scuba diving ini tidak bisa dimasuki sembarangan, kamu harus mempunyai izin level advance untuk diving di sini. Hal ini disebabkan karena arus laut yang kuat dan titik berkumpulnya ikan hiu ada di kedalaman 30 meter

Menjelajahi bangkai kapal yang karam dan melihat kehidupan laut yang tumbuh menyertainya di Tulamben, Karangasem, Bali

Advertisement

Tulamben akan memberikan SoHip salah satu pengalaman diving yang unik dan jarang ada, kamu bisa menjelajahi kapal karam! Spot diving dengan objek kapal karam ini agak susah di temukan lho SoHip, apalagi yang lokasinya enggak terlalu dalam. Di sini kamu bisa melihat sisa-sisa kapal kargo militer USAT Liberty milik Amerika Serikat. Kapal yang karam di masa perang dunia ke dua ini telah berubah menjadi habitat ikan dan terumbu karang yang indah sekaligus misterius

Enggak cuma itu aja, kamu juga bisa menyambangi Coral Garden, sebuah lokasi dengan terumbu karang yang beraneka ragam, pastinya kamu juga bisa menemukan banyak ikan berwarna-warni di sini. Jika punya lisensi diving level advance, kamu juga bisa menyelam lebih dalam untuk melihat cleaning shrimp dan bermain dengannya. Jika kamu bisa menahan napas dan membuka mulut, maka udang ini akan masuk untuk membersihkan kotoran yang tersisa di dalam mulutmu, seru ya?

Berenang di lautan sejernih kristal sambil melihat rombongan ikan mola di Crystal Bay, Bali. Paling bagus buat didatengin pas lagi musim kemarau!

Di Bali, tepatnya di Crystal Bay, kamu bisa merasakan diving dengan salah satu spesies ikan besar, namanya ikan mola/mola-mola/sun fish. Ikan berbentuk pipih seperti pancake ini memiliki anatomi tubuh yang aneh karena tidak memiliki ekor, selain itu makanan utama ikan ini adalah ubur-ubur yang terkadang beracun, keren ya?

Meskipun indah dengan air laut yang jernih, sayangnya tempat ini direkomendasikan hanya untuk penyelam tingkat lanjut karena arus di perairan ini tidak stabil. Selain itu jika kamu ingin melihat ikan mola, maka kamu harus menyelam agak dalam, sehingga diperlukan lisensi diving tingkat lanjut. Waktu yang paling tepat untuk melihat ikan mola adalah musim kemarau, karena air laut sedang dingin dan kondisi ini sangat disukai ikan mola.

Berenang dengan ikan hiu paus di Teluk Cendrawasih, Papua. Sekedar info aja nih, ikan hiu paus ini adalah spesies ikan terbesar di dunia lho!

Masih berhubungan dengan ikan yang besar, sekarang kita bergeser ke Papua. Salah satu diving spot keren di Papua terletak di sebuah taman nasional, Taman Nasional Teluk Cendrawasih namanya. Di sini SoHip bisa merasakan berenang dengan salah satu spesies ikan terbesar yang ada di laut, namanya ikan hiu paus. Meskipun namanya gabungan dari 2 hewan laut yang lumayan seram, nyatanya hewan ini jinak kok!

Kamu bisa menyelam dan berinteraksi dengan raksasa lautan yang lembut ini. Teluk Cendrawasih terbilang unik karena kamu bisa menemukan ikan hiu paus sepanjang tahun di sini, selain itu populasinya juga banyak, jadi kamu pasti akan bertemu dengan salah satu raksasa laut ini. Oh iya, hewan ini jinak karena hanya memakan ikan kecil dan plankton, jadi jangan takut dekat-dekat!

Menyelam di malam hari sambil melihat biota laut menyala beraneka warna di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Biota launya menyala warna-warni diterpa lampu ultra violet

Belut laut yang warnanya berubah diterpa lampu UV | Foto oleh Christian Gloor via commons.wikimedia.org

Mungkin ini adalah kegiatan diving yang paling unik, kamu akan menyelam di malam hari untuk melihat biota laut dengan sinar ultra violet (UV). Kegiatan bernama fluorescent-diving atau flou-diving ini adalah jenis diving yang jarang dikenal, tetapi bisa dipastikan salah satu yang paling indah dan Wakatobi adalah salah satu tempat kamu bisa melakukan hal ini.

Kamu akan menyelam di malam hari menggunakan kacamata menyelam khusus dan membawa lampu UV. Ketika kamu menyorotkan lampu UV ke biota laut, ada beberapa yang memancarkan cahaya terang dan hanya bisa dipicu oleh reaksi lampu UV dan pigmen khusus di kulit mereka. Kamu akan mendapatkan pengalaman baru melihat biota laut yang terang berwarna-warni seperti lampu neon di kota atau pusat perbelanjaan!

Keren kan? Enggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, lautan kita kaya dan luas kok untuk dijelajahi!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE