Tiap tanggal 22 Desember, masyarakat Indonesia merayakan hari spesial untuk orang paling spesial dalam hidupnya, Hari Ibu. Tanggal tersebut diresmikan Presiden Soekarno pada tahun 1958 untuk memperingati 25 tahun Kongres Perempuan Indonesia. Sesuai eranya, Hari Ibu pada tahun 50-an digunakan untuk merayakan semangat perempuan dalam mengisi kemerdekaan, berbangsa dan bernegara. Namun sekarang Hari Ibu bukan soal perjuangan mengisi kemerdekaan, melainkan kasih sayang dan rasa terima kasih kita pada orang yang telah melahirkan kita. Kamu bisa memberi ibumu hadiah, menjamunya dengan makanan yang kamu masak sendiri, dan tentunya kamu bisa membawa beliau jalan-jalan ke tempat yang menenangkan dan menyenangkan hatinya.

Berpergian sama ibu tentunya kamu gak bisa berkelana ala backpacker (kecuali kalau ibumu backpacker juga). Kamu juga harus punya jadwal yang jelas agar ibu beserta anggota keluargamu yang lain gak kelelahan. Selain itu kamu juga harus pandai memilih tujuan wisata yang kadar pemicu adrenalinnya minimal, supaya acara berlibur kalian bisa diisi dengan kehangatan dan bukan teriakan.

Advertisement

Jadi, kamu harus mengajak ibumu kemana? Tempat-tempat indah ini bisa menjadi jawabannya:

1. Menghadiahkan Mama seikat bunga? Sudah biasa. Membawanya langsung mengelilingi 35 hektar padang bunga, baru luar biasa.

Bunga untuk ibu via dok.pribadi

Jika anak lain memberi ibunya seikat bunga, kamu bisa memberi ibumu bunga satu taman! Terbentang di atas lahan seluas 35 hektar dan berada di ketinggian 750 mdpl, Taman Bunga Nusantara (TBN) merupakan jawaban bagi ibumu yang selalu bercita-cita mengunjungi taman-taman cantik di Eropa. Nggak perlu jauh-jauh terbang ke sana, di Cianjur, Jawa Barat kamu dan keluarga bisa menemukan beragam jenis bunga warna-warni yang selalu mekar sepanjang tahun. Pengelola TBN sengaja merawat dan mengganti jenis bunga yang ditanam secara berkala agar taman ini selalu berwarna sepanjang tahun.

Di TBN, ini adalah area rekreasi terpadu bagi keluarga karena di area seluas itu kamu sekularga bisa menemukan 8 lokasi piknik yang rindang. Tamannya terlalu luas? Tenang, untuk berkeliling kamu bisa menumpang kereta, tram, dan mobil bak terbuka yang disediakan pengelola. Selain bunga beribu warna, kamu dan ibumu juga akan dimanjakan dengan udara pegunungan dari Gunung Gede Pangrango. Kalau Hari Ibu biasanya hanya kalian lewatkan di rumah, bawalah ibumu kali ini ke tempat yang indah, sejuk, dan menyegarkan.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara, Cianjur via picturerumahminimalis.com

Advertisement

Cantik, ‘kan?

2. Kamu juga bisa menghabiskan satu hari menikmati Mata Air Ciater. Hangat untukmu, menyehatkan bagi ibumu.

Air panas sehat untuk ibu

Air panas sehat untuk ibu via wakgelas.blogspot.com

Sumber mata air panas Ciater, Subang, Jawa Barat memang sudah masyhur. Di balutan udaranya yang sejuk kamu dan ibu bisa menikmati semburan air alami dengan suhu 43-46 derajat Celsius. Air segar dengan tingkat keasaman ph 2,45 seperti di Ciater memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kamu dan ibu. Air panas alami berkhasiat untuk melawan penyakit kulit, rematik, gangguan syaraf dan tulang serta menjadi tempat terapi yang baik bagi penderita stroke.

Meski kamu sekeluarga tidak menderita penyakit apa-apa, berendam di air panas juga bermanfaat kok buat melancarkan peredaran darah, serta membuka pori-pori kulit sehingga kotoran yang menyumbat bisa dibersihkan dengan mudah. Dengan udara sejuk di Ciater kamu dan ibumu pasti rela berendam lama-lama di mata air panas.

3. Jika pergi ke Bali, ibu-ibu biasanya hanya tahu Joger, GWK, dan Bedugul. Kali ini, ajak ibumu menonton pertunjukan Tari Kecak di Uluwatu.

Silakan takjub

Silakan takjub via www.uluwatukecakdance.com

Kemana biasanya tujuan ibu-ibu jika mereka pergi ke Bali? Joger, GWK, Bedugul, dan (kadang-kadang) Pantai Jimbaran. Supaya ibumu bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda, ajak dia dan keluargamu menonton pertunjukan Tari Kecak di Uluwatu.

Sebelum memasuki area pura Uluwatu harap ingatkan keluargamu untuk menyimpan kacamata, perhiasan, mainan, gadget serta perintilan kecil dan bersinar lain ke dalam tempat yang aman, supaya benda-benda ini gak ‘dipinjam’ oleh monyet-monyet lucu yang menghuni taman di sekitar pura. Kalau toh kamu “kena”, jangan takut. Monyet ini gak jahat kok, para pawang di sana siap membantu kamu bernegosiasi dengan monyet yang meminjam barangmu.

Setelah melewati taman dengan santai berjalan kaki, biarkan dirimu dan keluarga takjub melihat area pementasan Tari Kecak yang dibangun di bibir tebing setinggi ratusan meter di atas laut. Tari Kecak akan dipentaskan beberapa menit sebelum matahari tenggelam di latar belakang, jadi kamu dan keluarga akan menyaksikan tari dengan pendaran cahaya keemasan. Semakin jauh matahari tergelincir, semakin intens pentas tarian tersebut. Menciptakan quality time yang selama ini kamu dambakan bersama keluarga.

4. Sesekali beliau juga mau punya liburan seru kayak kamu dan teman-temanmu. Ajak ke Jatim Park 2 aja!

Cocok untuk keluarga

Cocok untuk keluarga via kalamata.me

Taman megah di Batu, Jawa Timur ini merupakan tempat rekreasi terpadu bagi keluarga. Hampir semua hiburan yang didambakan keluarga ada di sini, theme park ada, bonbin ada, museum ada, restoran juga ada dan terpenting lagi ada hotel untuk kamu sekeluarga menginap. Daya tarik utama Jatim Park 2 tentu saja kebun binatangnya, Batu Secret Zoo. Jangan salah, Batu Secret Zoo ini modern, bersih, rapi dan menyimpan koleksi satwa yang jarang ada di kebun binatang lain. Kapan lagi keluarga kamu bisa lihat lemur, meerkat, cheetah, llama dan flamingo dalam satu kawasan sejuk dan jauh dari aroma tidak enak yang biasanya menghampiri ketika kamu berada di kebun binatang.

Setelah dari bonbin, kamu sekeluarga bisa memilih untuk menambah wawasan di museum satwa atau bersenang-senang naik wahana yang ada di theme park. Lengkap deh: ibu kamu pasti suka, karena cukup pergi ke satu tempat… dan semuanya ada.

5. Sedang ada di sekitar Semarang? Pemandian Umbul Sidomukti di Ungaran siap membuat ibumu awet muda.

Ciye... Infinity pool

Ciye… Infinity pool via bhayubajra.blogspot.com

Umbul Sidomukti adalah pemandian bersumber dari mata air alami daerah pegunungan Ungaran, Jawa Tengah. Hanya berjarak 40 km dari Kota Semarang, kamu sekeluarga bisa menghirup udara segar pegunungan sambil berendam di kolam berisi air murni yang dipercaya pengelola kolam membuat kamu jadi awet muda. Kalau toh kamu tak percaya dengan khasiat air tersebut, berkumpul dengan keluarga, bersenda gurau, dan bersenang-senang juga bisa membuat kamu dan ibumu merasa muda.

Saat ayah dan ibu sedang bersantai di kolam, kamu dan saudara bisa mencoba beberapa permaian seru yang sudah disediakan pengelola agar pengunjung tak cepat bosan di sana. Kamu bisa mencoba naik ATV, main flying fox, menelusuri kali dan mendirikan kemah. Capek main dan puas berendam, di kala senja kamu sekeluarga bisa duduk di pondok kopi sambil menikmati kota Semarang yang pelan-pelan jadi benderang berkat lampu kotanya.

6. Karena Hari Ibu adalah hari untuk semua wanita, bawa juga ibumu ke Museum Kartini di Kota Jepara.

Habis gelap terbitlah terang

Habis gelap terbitlah terang via kartinisologalery.blogdetik.com

Meski gak pernah kenal langsung sama mendiang Kartini, ibu kamu mungkin tetap punya rasa respect terhadap ikon emansipasi wanita Indonesia ini.  Membawa ibumu mengunjungi museum RA. Kartini di Jepara, Jawa Tengah akan menimbulkan lagi perasaan bersyukur sudah dilahirkan setelah era Kartini, di mana kita semua, baik laki-laki maupun perempuan, punya kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan.

Furnitur asli yang digunakan Kartini untuk menulis surat-suratnya

Furnitur asli yang digunakan Kartini untuk menulis surat-suratnya via themysteryinlife.blogspot.com

Museum Kartini bukan museum biasa. Di dalam museum ini terdapat beberapa memorabilia barang-barang yang pernah digunakan Kartini semasa hidupnya, serta benda peninggalan abangnya yang juga pejuang kemerdekaan Indonesia: Raden Mas Panji Sosrokartono. Benda yang dikoleksi museum ini bermacam-macam, tak terbatas dari memorabilia keluarga Kartini saja. Selain lukisan Kartini, mesin jahit, kursi tamu, dan kereta kencana (!), kamu juga bisa melihat tulang belulang ikan paus berbelalai yang dulu ditemukan di perairan kepulauan Karimunjawa. Door Duisternis Tot Licht — habis gelap, terbitlah terang.

7. Karena ibu-ibu takkan bisa melepaskan “aura ibu-ibu” mereka: tutup perjalananmu bersama beliau dengan berbelanja di Pasar Beringharjo

Belanja di Beringharjo (foto: Hendra Wardana)

Belanja di Beringharjo (foto: Hendra Wardhana) via lifestyle.kompasiana.com

Pasar Beringharjo adalah pasar tradisional yang terletak di ujung selatan Jalan Malioboro, Yogyakarta. Selain menjual keperluan dapur sehari-hari, daya tarik utama pasar ini adalah pedagang kain batik serta batik siap pakai yang berjubel di area muka pasar. Kalau ibumu penggemar batik, Pasar Beringharjo pasti ada di dalam bucket list beliau. Bagaimana tidak? Kualitasnya beragam, pilihannya banyak, dan harga produknya sangat miring — bahkan walau kamu tak jago menawar.

Sebagai anak yang berbakti, bersabarlah menemani ibumu berbelanja (katanya merayakan Hari Ibu?). Tapi kalau kamu sama-sama suka belanja, bagus! Silakan nikmati suasana pasar yang riuh dan mempesona. Jangan khawatir, karena Pasar Beringharjo menjual kain, tempat ini tidak kotor dan bau kok. Cukup bawa kipas tangan kalau-kalau kamu kepanasan.

Dengan merayakan Hari Ibu, kamu bisa menumbuhkan lagi keakraban dengan keluargamu — yang mungkin sudah mulai luntur seiring bertambahnya umur dan kesibukanmu. Jika kamu cowok, kamu pun akan jadi lebih paham dengan pengorbanan dan kasih sayang yang diberikan Ibu padamu. Jika kamu cewek, kamu bisa belajar caranya menjadi ibu yang baik lewat beliau. Selamat liburan, selamat bersenang-senang, selamat Hari Ibu!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya