Berkunjung ke Semarang, pasti yang selalu menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan adalah keberadaan salah satu tempat paling mistis di Indonesia, Lawang Sewu, yang menyimpan sejuta aura mistis dan keelokannya tersendiri. Tak mengherankan memang, sebab  tempat tersebut telah terkenal dan banyak diketahui oleh masyarakat di luar Semarang.

Tapi ternyata, Semarang nggak hanya soal Lawang Sewu lo. Jika kamu ingin mencari tempat-tempat bersejarah yang nggak kalah menarik dibandingkan dengan tempat tadi, sebenarnya banyak pilihannya. Meskipun nggak setenar Lawang Sewu, tempat-tempat ini juga worth it banget buat dikunjungi. Simak ya!

1. Mengunjungi landmark Kota Lama, Gereja Blenduk

Keindahan Gereja Blenduk via id.wikipedia.org

Advertisement

Berada di kawasan Jl.Letjend Suprapto 32, bangunan gereja yang serba putih ini menjadi landmark dari Kota Lama. Bergaya neo klasik, gereja yang berdiri megah ini bisa menjadi spot menarik untuk mengabadikan momen selama berada di Semarang.

2. Semarang memang nggak pernah kehabisan bangunan kuno, Gedung Marabunta adalah salah satunya

Salah satu bangunan kuno via festivalkotalama.com

Bangunan ikonik ini memiliki ciri khas di mana terdapat patung semut raksasa yang menghiasi bagian atapnya. Dulunya gedung ini digunakan sebagai tempat pertunjukan pada zaman penjajahan. Namun, saat ini telah berubah fungsinya menjadi tempat pementasan seni budaya dan juga disewakan untuk resepsi pernikahan. Gedung Marabunta terletak di Jl.Cendrawasih 23 .

3. Masih di salah satu sudut Kota Lama, Gedung Marba adalah salah satu tempat yang sayang banget untuk dilewatkan

Megahnya gedung Marba via www.flickr.com

Tak kalah dengan gedung Marabunta, bangunan yang terletak di Jl. Letjen Suprapto 33 ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Umur gedung peninggalan Belanda ini lebih dari 100 tahun lo. Bergaya arsitektur Hindia Belanda, bangunan ini kerap digunakan sebagai tempat pengambilan video karena keeksotisannya.

4. Menengok aura magis Gereja Gereformeerd yang kokoh berdiri sejak masa penjajahan Belanda

Hingga saat ini Gereja Gereformeerd masih digunakan via www.gkiswjateng.org

Advertisement

Jika bosan dengan bangunan sebelumnya, kamu bisa mencoba mengunjungi bangunan keagamaan yang nggak kalah bersejarah ini. Berdiri sejak zaman Belanda, gereja yang terletak di Jl. Dr Sutomo, tepatnya di sebelah selatan Rumah Sakit Kariadi ini hingga kini masih kokoh berdiri dan digunakan untuk beribadah.

5. Selain itu, kamu bisa juga menyempatkan diri datang ke Gereja Katolik St.Yusuf 

Nampak dalam Gereja St. Yusuf via www.wikiwand.com

Gereja ini dikenal juga sebagai Gereja Gedangan. Memiliki gedung yang besar dan megah, tempat ibadah yang terletak di Jl. Ronggowarsito 9–11 Semarang ini memiliki daya tarik pada bagian dalamnya yang nampak megah dengan gaya khas arsitektur Belanda pada abad pertengahan.

6. Tak hanya gereja, Masjid Agung yang merupakan tempat ibadah bagi umat Muslim juga wajib dikunjungi saat berada di Semarang

Megahnya masjid Agung Semarang / Pinterest via id.pinterest.com

Bagi para pelancong, kemegahan bangunan masjid ini memang tak diragukan lagi. Mulai dari lantai hingga menara-menaranya yang tinggi menjulang akan membuat terkesima siapapun yang melihatnya. Tempat ibadah Muslim yang terletak di kawasan Sambirejo, Gayamsari ini juga menyimpan keindahan ketika menjelang senja.

7. Sensasi jadul yang begitu kental di sekitar Kantor Pos Besar Semarang

Vibes jadul yang masih bertahan di sekitar gedung via www.flickr.com

Nah, destinasi yang satu ini cocok banget bagi kamu yang ingin berburu suasana jadul zaman dahulu. Pasalnya, Kantor Pos Besar Semarang dan area di sekitarnya ini masih kental sekali dengan aura jadulnya. Mulai dari penjual tradisional hingga para penarik becaknya. Gedung ini terletak di Jl. Pemuda No.4, Pandansari, Semarang.

8. Menikmati masa-masa keemasan Semarang di Pabrik Rokok Praoe Lajar

Gedung Pabrik Rokok Praoe Lajar via www.flickr.com

Tak dapat dimungkiri lagi, Pabrik Rokok Praoe Lajar adalah salah satu bangunan yang tersisa dari masa-masa keemasan kota ini. Berada di sekitarnya membuat kita merasakan bagaimana megahnya bangunan tersebut pada zaman dahulu. Pabrik yang terletak di kisaran daerah Polder Tawang, Kota lama, tepatnya di Jalan Merak ini telah beroperasi sejak masa kolonialisme.

Berikut tadi adalah 8 tempat bersejarah yang tak kalah menarik dibandingkan Lawang Sewu, yang tentunya sayang banget untuk dilewatkan jika kamu berada di Semarang. Jangan lupa untuk berbagi juga ya jika kamu mengetahui tempat lainnya yang juga layak untuk dikunjungi.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya