5 Spot Terumbu Karang Terbaik di Dunia yang Layak Dijelajahi Menurut Penyelam Profesional

Spot terumbu karang terbaik

Fakta kalau sekitar 70 persen bagian bumi adalah laut menjanjikan dunia bawah air yang menakjubkan. Indonesia sebagai negara kepulauan saja punya banyak spot terumbu karang terbaik. Di antaranya Pulau Weh di Aceh, Kepulauan Alor di NTT, Gugusan Karimunjawa di Jawa Tengah, hingga Raja Ampat di Papua Barat.

Advertisement

Nah, untuk dapat menikmati apa yang dijanjikan dunia bawah air, ikan-ikan, terumbu karang dan bagian lain alam yang jarang kita lihat, menyelam adalah cara terbaik. Seperti disampaikan Chief Brand and Membership Officer Professional Association of Diving Instructors (PADI) Kristin Valette Wirth, menyelam adalah pilihan tepat untuk memuaskan hasrat petualangan.

“Jika kamu menikmati bepergian untuk menjelajahi tempat-tempat baru, menemukan situs asing, dan membenamkan diri di bagian dunia baru, scuba diving merupakan pilihan paling tepat,” ujarnya.

Selain bisa menyelami beberapa spot terumbu karang di Indonesia, berikut adalah terumbu karang terbaik di dunia versi PADI yang layak dijelajahi minimal sekali seumur hidup dilansir dari Travel and Leisure.

Advertisement

1. Pulau Tavarua, Fiji

Pulau Tavarua | Tavyland, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Pulau Tavarua memiliki luas sekitar 29 hektar, terletak di Fiji berdekatan dengan pulau utamanya yaitu Viti Levu. Pulau ini sangat terkenal karena dikelilingi keindahan terumbu karang dan ombak yang menyenangkan para peselancar. Selain itu, pulau ini jika dilihat dari ketinggian juga unik karena berbentuk seperti hati.

2. Koh Samui, Thailand

Koh Samui | จีรวัฒน์ แก้วประสงค์, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Terletak di selatan Koh Phangan di pantai barat Teluk Thailand, Koh Samui terkenal karena memiliki terumbu karang yang berwarna-warni. Kehidupan bawah laut Koh Samui juga semarak. Kamu bisa bertemu hiu paus, pari manta yang gagah, hingga nudibranch, kelompok siput terbesar dari ordo Opisthobranchia.

3. Marsa Alam, Mesir

Marsa Alam | Gambar oleh Michael Wieck dari Pixabay

Mesir tidak melulu gersang. Melipir ke selatan, Marsa Alam yang terletak di Laut Merah punya rangkaian terumbu karang nan indah favorit para penyelam. Sepanjang pantai dari Port Ghalib hingga terus ke arah selatan, kamu bisa menikmati kemegahan terumbu karang yang jadi rumah bagi ikan-ikan beragam warna.

Advertisement

4. Belize, Amerika Tengah

Belize | Photo by dronepicr from Flickr

Belize adalah negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah. Negara ini berbatasan langsung dengan Meksiko di sebelah barat laut, dan Guatemala di selatan. Apa yang membuat Belize terkenal adalah lautannya memiliki terumbu karang terpanjang di Belahan Barat, dan terumbu penghalang terbesar kedua di dunia.

5. Great Barrier Reef, Australia

Great Barrier Reef | Workfortravel, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Great Barrier Reef atau Karang Penghalang Besar merupakan kumpulan terumbu karang terbesar di dunia, yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang membentang sepanjang 2.600 Km. Terumbu karang ini terletak di Laut Koral lepas pantai Queensland di timur laut Australia.

Meski sangat populer, Great Barrier Reef masih punya banyak spot menyelam tersembunyi yang bisa terus dieskplorasi loh.

Nah, itu dia 5 tempat terumbu karang nan indah berada bersama bagian lain dari alam yang jarang kita saksikan. Berminat untuk menyambangi satu di antaranya?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE