Kesibukan yang tiada henti bisa membuatmu lelah jiwa dan raga. Rasanya ingin pergi berlibur ke tempat yang jauh, tapi nggak semua orang punya waktu dan uang yang cukup. Eitss, jangan sedih dulu! Lebih baik kamu mencoba staycation alias berlibur di dalam kota. Jadi nggak perlu mengeluarkan banyak uang untuk transportasi. Kamu hanya perlu menyewa penginapan yang nyaman untuk beristirahat. Bersantai-santailah di sana dan lupakan kesibukan sejenak.

Selain lokasinya yang hanya di dalam kota, staycation juga punya perbedaan lain dibandingkan vacation atau liburan biasa. Saat staycation, kamu nggak perlu meluangkan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Cukup satu-dua hari saja! Praktis kan? Yuk simak alasan dan cara untuk staycation berikut ini.

1. Saat rasa lelah sudah sampai puncaknya, cobalah staycation untuk mengistirahatkan jiwa dan raga

Jangan lupa refreshing via unsplash.com

Advertisement

Bekerja memang penting, tapi jangan lupakan kesehatan fisik dan mentalmu. Lebih baik nggak memaksakan diri kalau betul-betul sudah lelah. Istirahatlah sejenak untuk memulihkan jiwa dan raga! Terkadang istirahat di rumah saja belum cukup, karena itu kamu perlu mencoba staycation. Dilansir dari Kompas, istilah dari Amerika ini mengandung kata stay (tetap) dan vacation (liburan). Kalau diterjemahkan bebas, staycation berarti berlibur di dalam kota.

2. Pergantian suasana penting untuk mengisi baterai tubuhmu. Tak perlu jauh-jauh, cukup kunjungi tempat yang menarik di dalam kota

Piknik juga asyik via unsplash.com

Nggak semua orang punya waktu, tenaga, dan uang yang cukup untuk berlibur ke tempat jauh. Karena itulah staycation menjadi solusi yang menarik. Supaya pikiran nggak penat, kamu cukup berkunjung ke tempat-tempat seru di dalam kota. Bisa mengunjungi museum, piknik di taman kota, atau bersepeda santai di jalur yang rindang. Ssstt, bahkan katanya kamu bisa staycation di rumah sendiri! Apa bedanya dengan aktivitas sehari-hari? Saat staycation, pastikan fokusmu adalah beristirahat dan jauhi sejenak rutinitas yang sibuk.

3. Setelah didera kesibukan tiada henti, kamu berhak istirahat di hotel yang nyaman. Manfaatkan berbagai diskon agar lebih hemat~

Tidur yang cukup via unsplash.com

Nggak hanya mengunjungi tempat-tempat menarik, kamu juga bisa staycation dengan cara menginap di hotel dalam kota. Pilihlah hotel yang bagus dan nyaman untuk ditinggali. Pasalnya, faktor lokasi bisa sangat berpengaruh pada kesuksesan staycation-mu. Hindari hotel yang punya pemandangan buruk, pelayan nggak ramah, dan fasilitas yang kurang lengkap. Cermatlah dalam memilih hotel supaya nantinya mood nggak rusak. Jangan lupa manfaatkan diskon!

4. Manjakan dirimu dengan segala fasilitas hotel. Mulai dari sarapan yang lezat hingga kasur yang empuk

Makan sampai kenyang! via unsplash.com

Advertisement

Kamu bisa berada terus di hotel kalau malas jalan-jalan ke luar. Manfaatkan saja segala fasilitasnya semaksimal mungkin. Bangunlah lebih pagi supaya bisa sarapan saat masih sepi. Biasanya hotel menghidangkan berbagai pilihan seperti roti bakar, telur, sosis, sereal, hingga makanan yang cukup berat seperti nasi goreng. Setelah kenyang, kamu bisa melihat-lihat area hotel atau kembali tidur di kasur yang empuk. Hmm nyamannya~

5. Supaya tubuh dan pikiranmu segar lagi, menceburlah ke kolam renang hotel. Dijamin seru!

Yuk nyebur ke kolam renang! via unsplash.com

Bosan tidur-tiduran terus di kamar? Cobalah berenang di kolam renang hotel. Airnya yang segar dijamin membuat tubuh dan pikiranmu lebih rileks. Bagaimana kalau nggak bisa berenang? Kamu cukup mencelupkan kedua kakimu saja ke dalam kolam sembari menikmati suasana sekitar. Atau bisa juga berolahraga di gym yang disediakan hotel. Badan sehat, pikiran pun sehat!

6. Matikan sejenak ponselmu demi ketenangan jiwa dan raga. Sementara menjauh dulu dari bisingnya dunia

Jangan sampai terganggu HP via unsplash.com

Apa pun cara staycation yang kamu pilih, usahakan untuk menghindari ponsel. Matikan saja ponselmu supaya nggak terganggu oleh deringnya. Nggak apa-apa kok kalau sejenak nggak update berita. Namun sebelumnya, beri kabar pada orang-orang terdekat dan rekan kerja kalau kamu sedang liburan dan nggak bisa dihubungi. Jadi mereka nggak akan kebingungan mencarimu.

7. Staycation adalah cara sempurna untuk liburan tanpa menghabiskan jatah cutimu. Sehari atau dua hari saja sudah cukup

Kalau bisa hemat jatah cuti, kenapa nggak? via unsplash.com

Seorang pegawai biasanya punya jatah cuti yang terbatas, jadi nggak bisa dihabiskan sembarangan. Karena itulah staycation jadi cara liburan yang menarik. Nggak perlu menghabiskan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu, kamu cukup staycation selama satu-dua hari saja. Bahkan itu bisa dilakukan saat akhir pekan sehingga nggak mengurangi jatah cuti sama sekali!

Setelah tahu berbagai manfaatnya, yuk segera coba staycation! Walau lokasinya hanya di dalam kota, tetap persiapkan dengan matang ya supaya segalanya lancar~

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya