Sudah bukan rahasia bahwa pulau Sumba dianggap sebagai cuilan surga. Bukit-bukit indahnya berpadu dengan air terjun biru tosca bikin pemandangan di Sumba tiada dua. Buat kamu yang pengen segera liburan ke tanah Humba, segera deh jadwalin liburan ke sana. Musim kemarau seperti saat ini adalah ‘best time’ liburan ke sana. Ada apa aja sih sebenarnya di Sumba?

Mungkin orang cuma familiar dengan Bukit Wairinding atau Kampung adat Ratenggaro yang atapnya tinggi menjulang. Namun tidak terlalu banyak yang mampir ke Bukit Tenau. Padahal sunrise di bukit tersebut bisa dibilang sunrise terbaik di Pulau Sumba. Yuk simak ulasan Hipwee Travel langsung dari Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Bukit Tenau lokasinya cukup dekat dari kota Waingapu Sumba Timur. Hanya 20 menit berkendara udah sampai

bukit tenau via www.instagram.com

Advertisement

Bisa dibilang, bukit Tenau adalah destinasi wisata yang paling dekat dengan kota Waingapu. Dibandingkan dengan Pantai Walakiri, Bukit Wairinding ataupun air terjun Tanggedu dan Waimarang, bukit Tenau paling cepat dijangkau dengan kendaraan. Cukup 15-20 menit perjalanan aja kok dari pusat kota. Ancer-ancernya dari kota ke arah bandara, sesampai di persimpangan bandara belok kanan. Lalu tak jauh dari sana ada belokan ke kiri, langsung ikuti jalan naik ke perbukitan.

Sesampai di Bukit Tenau, kamu akan melihat bukit-bukit berlekuk dengan indahnya. Lekukan yang bikin kamu akan terpesona saking indahnya

cakep banget via www.instagram.com

Pernah menonton film Marlina Pembunuh dalam 4 Babak? Yap, lokasi syutingnya mirip banget dengan bukit Tenau. Bukit tandus kecoklatan dengan lekuk-lekuk yang eksotis adalah ciri khas bukit Tenau. Film itu juga latarnya seperti itu. Ketika kamu datang ke sana, aura kekaguman pasti akan terpancar dari hatimu. Indah banget ya Tuhan!

Datanglah saat subuh dan menanti sunrise di sana. Saksikan sendiri deh keindahan matahari terbit terbaik di Sumba!

sunrise di bukit tenau via www.instagram.com

Datanglah ke bukit Tenau saat pagi hari, kira-kira pukul 05.00 pagi. Nah ketika sampai di sana, carilah spot terbaik untuk memotret sunrise yang akan terbit dari ufuk timur. Matahari akan terbit dengan bulat penuh berwarna kekuningan oranye yang menakjubkan. Langit Sumba pun bebas polusi jadi sangatlah bersih dan biru. Golden hours buat memotret sekitar pukul 06.00-08.00 di bukit Tenau nggak boleh kamu lewatkan sama sekali.

Datang ke bukit Tenau tidak dipungut tiket masuk. Kamu cukup sewa mobil atau motor buat ke sana

bukit tenau sumba via www.instagram.com

Advertisement

Namanya juga perbukitan ya, jadi memang tidak ada yang mengelola secara khusus. Jadi kalau mau datang ke sana ya tinggal datang aja. Gratis nggak dipungut biaya. Meski begitu, sapalah anak kecil, hormatilah orang lokal dan jangan buang sampah sembarangan ya. Tempat ini harus kita jagain bersama.

Ayok kapan kamu mau liburan ke Sumba?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya