Sudah setengah tahun lamanya, tiket pesawat gila-gilaan harganya. Meski sudah diprotes habis-habisan, namun tiket pesawat domestik ini tak kunjung turun. Dampaknya pun cukup luas, mulai dari sepinya bandara, okupansi pesawat yang rendah, kunjungan wisata turun, hingga UMKM pun lesu karena jarang yang mau beli souvenir apalagi bagasinya berbayar. Banyak dampak buruk yang terjadi akibat harga tiket pesawat yang melonjak tinggi ini.

Kabar baik itupun datang. Akhirnya pemerintah pun turun tangan dan ‘memaksa’ maskapai untuk memberlakukan harga yang lebih rendah agar masyarakat bisa mengakses kembali penerbangan di tanah air. Tiket pun turun tapi terbatas banget hanya untuk hari-hari tertentu.

Kementrian Perekonomian mengeluarkan keputusan untuk menurunkan harga tiket pesawat di hari-hari tertentu sebesar 50 %

Lion Air via regional.kompas.com

Advertisement

Isu tiket pesawat mahal makin mengemuka beberapa bulan belakangan. Masyarakat menganggap pemerintah seharusnya turun tangan untuk mengatasi persoalan tersebut. Setelah menggantung sekian lama, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar rapat lanjutan untuk evaluasi kebijakan penurunan tiket angkutan udara.

Salah satu hasilnya adalah, pemerintah, maskapai dan seluruh pihak terkait sepakat untuk memberikan diskon tiket pesawat murah LCC. Diskon yang diberikan mencapai 50%. Namun diskon ini tidak datang setiap hari. Kamu bisa mendapatkan tiket murah ini di hari-hari tertentu. Kapan saja nih?

Carilah tiket di penerbangan pada hari Senin, Kamis, Sabtu untuk dapatin harga promo tersebut. Tapi ada syarat lainnya

tiket pesawat turun? via www.merdeka.com

“Kemudian penerbangan domestik mana dan berapa, pertama untuk LCC domestik pada setiap Selasa, Kamis dan Sabtu. Jadi yang akan kita berikan tiket yang murah pada Selasa, Kamis, Sabtu,” tutur Susiwijono, Sekretaris Kementerian Bidang Perekonomian saat konferensi pers (1/7/2019).

Advertisement

Diskon 50 % tersebut bisa kamu nikmati jika kamu beli tiket pesawat dengan keberangkatan di hari Senin, Kamis, dan Sabtu. Selain itu, ada syarat lainnya yang masih berlaku. Penerbangan murah itu hanya untuk pesawat dengan keberangkatan jam 10.00-14.00 sesuai waktu lokal. Jadi carilah penerbangan di rentang waktu tersebut. Itupun hanya terbatas beberapa seat saja. Duh banyak banget sih syarat tiket murah aja.

Belum adanya formula untuk membikin tiket kembali murah adalah alasan di balik keputusan ini. Memang agak aneh, meski jadi kabar yang cukup baik bagi traveler

Pesawat Garuda Indonesia via gbp.com.sg

“Untuk menuangkan ini ke dalam jadwal penerbangan spesifik kami akan bahas lagi dalam 1-2 hari ke depan. Kami akan hitung mana penerbangan yang secara spesifik,” ujarnya Susi di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (1/7/2019).

Pemerintah beranggapan bahwa penurunan harga tiket pesawat maskapai LCC secara terbatas dilakukan lantaran belum ada formula yang pas bagi maskapai menyendiakan tiket murah. Pemerintah tidak ingin maskapai kesulitan secara bisnis, namun tak ingin membebani tiket mahal kepada penumpang. Jadi, solusi tiket murah terbatas ini dianggap sebagai solusi terbaik untuk saat ini. Ya setidaknya bikin lega traveler lah walaupun terbatas banget.

Kalau nanti sudah diumumkan kapan berlakunya, segera deh cari tanggal bagus buat liburan. Jangan lupa Senin, Kamis dan Sabtu ya. Hehehe.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya