Daftar Tempat Wisata di Bukittinggi yang Wajib Diexplore

Sumatera Barat memang menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang wajib banget kamu kunjungi. Daerah yang tersohor karena kelezatan rendang dan makanan lainnya ini punya segudang lokasi wisata yang bisa kamu datangi. Mulai dari wisata alam, kuliner, hingga wisata sejarah. Selain itu Sumatera Baret juga dikenal memiliki pemandangan gunung dan pantai yang memesona.

Advertisement

Salah satu kota yang bisa kamu kunjngi di Sumatera Barat dan menyimpan banyak tempat wisata seru untuk dijelajahi adalah daerah Bukittinggi. Selain punya pemandangan alam yang keren, kota ini sarat dengan cerita sejarah dan merupakan tempat asal dari dua ikon khas Sumatera Barat lho! Yuk kita bedah daerah yang jadi primadona selain Kota Padang ini!

1. Jam Gadang

Wisata di Bukittinggi

Jam Gadang dan alun-alunnya yang menjadi salah satu ikon Kota Bukittinggi | Credit: Rhmtdns via commons.wikimedia.org

Salah satu hal yang lekat dengan Sumatera Barat adalah Jam Gadang. Jam besar ini didirikan sebagai penanda Kota Bukittinggi pada zaman kolonial, tepatnya pada tahun 1920-an. Arti nama Jam Gadang sendiri jika diterjemahkan berarti jam yang besar. Jam yang menunjukkan waktu ke empat sisi yang berbeda ini digerakkan secara mekanik oleh mesin yang didatangkan langsung dari Rotterdam, Belanda lho!

Keunikan lain dari jam ini adalah penggunaan angka 4. Jika jam lainnya menggunakan angka empat Romawi “IV”, maka angka empat di jam ini sedikit berbeda, jam ini menggunakan 4 buah garis sejajar “IIII”. Karena berada pada sebuah menara, nggak jarang Jam Gadang juga sering disebut dan disandingkan dengan Big Ben yang ada di Inggris.

Advertisement

Kalau kesini, kamu bisa bersantai mengelilingi area alun-alun yang ada di tempat ini, selain itu pada waktu-waktu tertentu kamu juga bisa menemukan pasar malam yang digelar di area ini.

2. Wisata kuliner nasi kapau

Wisata di Bukittinggi

Warung nasi kapau dengan segala jenis hidangannya yang enak dan lezat | Credit: Erisonjkambari via commons.wikimedia.org

Untuk para pecinta kuliner, kalian harus banget makan nasi kapau di Bukittinggi. Meskipun sekilas bentuknya mirip ternyata nasi kapau dan nasi padang punya beberapa perbedaan, misalnya ada beberapa gulai atau lauk yang hanya bisa kamu temukan pada warung nasi kapau tapi nggak bisa kamu temukan di warung nasi padang.

Kamu bisa langsung mengunjungi Pasar Bawah Bukittinggi untuk menemukan sentra penjualan nasi kapau. Di sini ada banyak pedagang yang menawarkan nasi kapau buatan mereka, kamu tinggal pilih aja mau makan di lapak yang mana. Tapi tetap ingat ya, jangan kalap kalau makan masakan Sumatera Barat! Hehe.

Advertisement

3. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Wisata di Bukittinggi

Rumah kelahiran Bung Hatta | Credit: Crisco 1492 via commons.wikimedia.org

Untuk urusan wisata sejarah, Bukittinggi adalah juaranya! Kota yang pernah menjadi Ibu Kota darurat Republik Indonesia ini merupakan tempat keahiran salah satu tokoh proklamator Indonesia, yaitu Bapak Muh Hatta.

Kamu bisa mengunjungi tempat tinggal masa kecil beliau yang ada di kota Bukittinggi untuk melihat memorabilia dan perjalanan sejarah beliau, rumah tersebut kini dialihfungsikan menjadi cagar budaya dan museum.

Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Lobang Jepang yang merupakan sebuah bunker atau lubang perlindungan yang dibangun pada masa pendudukan tentara Jepang di Indonesia pada tahun 1942. Dulunya bunker ini digunakan sebagai tempat pertahanan, menyimpan persenjataan, serta turut digunakan sebagai penjara.

Kamu masih bisa melihat konstruksi asli tempat ini dan membayangkan bagaimana keadaan tempat ini kala itu. Katanya, tempat ini juga cukup angker dan mistis lho!

4. Ngarai Sianok

Wisata di Bukittinggi

Ngarai Sianok menjadi salah satu tujuan utama wisatawan yang datang ke Bukittinggi | Credit: Rahmatdenas via id.wikipedia.org

Buat lokasi wisata alam, Bukittinggi punya juaranya! Di Bukittinggi, kamu bisa mengunjungi Ngarai Sianok! Ngarai Sianok ini adalah sebuah lembah yang terletak di perbatasn Bukittinggi, ngarai ini membentang sepanjang 15 km, dengan kedalam 100 m dan lebar 200 m. Kamu bisa menikmati pemandangan alam di ngarai ini melalui Taman Panorama Bukittinggi.

Selain itu kamu juga bisa mengarungi  sungai yang melintang di tengahnya dengan kayak atau perahu kecil. Kamu masih bisa melihat berbagai macam flora dan fauna asli dihabitatnya yang berkeliaran di sekitar sungai jika kamu memutuskan untuk mengarungi sungai ini. Bahkan nggak jarang bunga rafflesia atau bunga bangkai yang terkenal itu ditemukan tumbuh di daerah Ngarai Sianok.

Mengunjungi Bukittinggi memang mengasikkan, kamu bisa menemukan ragam wisata yang menarik untuk dikunjungi dan petualangan baru. Hal inilah yang menjadikan Bukittinggi salah satu alternatif destinasi wisata yang ada di Sumatera Barat selain Kota Padang.

Cari panduan lengkap buat traveling? Mulai dari info destinasi sampai tips, dan akomodasi ada di sini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.

CLOSE