Sangat disayangkan kalau kamu jadi seorang traveler yang hanya menghabiskan waktu liburanmu untuk berselfie ria dan melepas tawa. Alangkah baiknya kalau kamu juga menuliskan cerita perjalananmu selama meninggalkan kota tempatmu kuliah atau bekerja. Seperti beberapa traveler yang telah melahirkan beberapa buku yang bisa menjadi inspirasi buatmu.

Berikut akan Hipwee Travel berikan beberapa buku tentang perjalanan yang akan menambah pengetahuanmu akan traveling. Yakin deh, setelah kamu tuntas baca buku ini pasti jadi pengen keliling dunia. Hehehe.

Pengin baca buku yang ringan dengan deskripsi informatif menarik? The Naked Traveler dari Trinity menyampaikan cerita perjalanan dengan cara yang apik!

TNT dari seri pertama hingga keempat.

TNT dari seri pertama hingga keempat. via naked-traveler.com

Advertisement

Siapa sih yang nggak kenal Trinity? Ya, mungkin buat kamu yang nggak terlalu suka traveling, masih asing mendengar nama Trinity. Seorang penulis dan wisatawan asal Sukabumi ini telah menerbitkan hingga 8 buku banyaknya, tentang perjalanannya. Salah satu buku serialnya adalah The Naked Traveler yang juga sudah dialihbahasakan ke dalam Bahasa Inggris. Hingga saat ini sudah terkumpul 4 seri dari buku The Naked Traveler, yang mengulas secara ringan, deskripsi yang menarik, serta informatif mengenai perjalanannya. Nah, buat kamu yang nggak suka baca buku yang berat, baca buku ini aja!

PS: Traveler yang menyelesaikan S2-nya di Filipina ini telah berkeliling ke beberapa provinsi di Indonesia dan menjamah kurang lebih 68 negara di dunia loh! Keren nggak tuh?

Traveler dengan ciri khas levitasinya bisa menjadi inspirasi buatmu. Flying Traveler Junanto Herdiawan, sebuah album foto dan catatan perjalanan yang bercerita.

Levitasi. Melayang-layang di udara~

Levitasi. Melayang-layang di udara~ via daengbattala.com

Bukan hanya tulisan yang bercerita, foto pun bisa melakukannya.

Advertisement

Buku Flying Traveler karangan Junanto Herdiawan ini cukup ringan dan asyik untuk kamu baca. Apalagi, pose-pose levitasi Junanto di berbagai lokasi wisata yang pernah ia kunjungi menjadi magnet tersendiri. Di buku ini ekonom Bank Indonesia ini juga menjelaskan apa itu levitasi dan jump shoot. Hem, menarik, bukan?

The Jilbab Traveler dari Asma Nadia juga bisa jadi inspirasi buat traveler cewek yang berhijab. Hijab akan melindungimu dari segala macam godaan.

Assalamu'alaikum, Ukhti.

Assalamu’alaikum, Ukhti. via instagram.com

Buat traveler cewek yang berhijab, mungkin kamu merasa kurang nyaman dan takut untuk bepergian hingga keluar negeri karena jilbabmu. Be calm, Dear. Buku The Jilbab Traveler karangan Asma Nadia dkk. ini bisa mencerahkan ketakutanmu akan ber-traveling, meski berjilbab! Buku ini juga menceritakan secara ringan, berbagai pengalaman petualangan para penulis selama mengunjungi beberapa negara di dunia, seperti Korea, Amerika, Cina, Prancis, Iran, dll. Inspirasional deh buat kamu, Girls!

Buku yang berhasil melahirkan pendaki-pendaki pemula di Indonesia, Donny Dhirgantoro dengan 5cm-nya sukses menghasut banyak pembacanya.

Ndaki, yuk!

Ndaki, yuk! via diegenetika.blogspot.com

Siapa yang nggak tahu 5cm? Buku karangan Donny Dhirgantoro yang juga diangkat ke layar lebar ini telah melegenda. Dampaknya, banyak sekali pendaki pemula yang terilhami oleh karakter Genta, Arial, Zafran, Riani, dan Ian. Hmm. Kamu pasti udah tahu buku dan film ini, ‘kan?

Meskipun banyak  yang bilang bukunya kurang begitu bagus, tapi percaya nggak percaya sudah ribuan pendaki yang akhirnya mendaki gunung gara-gara buku ini. Luar biasa!

Hasil bidikan Agustinus Wibowo dalam Titik Nol tentu membuatmu berdecak kagum. Apalagi perjalanannya telah merambah hingga ke daerah Timur Tengah!

Semua buku karangan Agustinus Wibowo rasanya perlu kamu konsumsi! Tapi, yang jadi sorotan di sini adalah buku Titik Nol yang seolah menjawab tanya semua para pejalan (traveler). Kenapa? Karena buku ini menjelaskan sebuah makna tersembunyi di balik perjalanan yang selama ini kerap terabaikan. Bukan cuma jalan-jalan dan berselfie ria, melainkan segala pemaknaan yang ada dalam sebuah perjalanan.

Sejauh apa kau melanglang buana mencari makna perjalanan, hanya kepada Ibulah kau berpulang. Ibu, sebaik-baiknya rumah untuk kau melepas rindu.

Menurut Agustinus, sejatinya semua traveler memiliki tujuannya masing-masing. Setiap mereka punya satu titik yang ingin dicapai, punya mimpi yang ingin diraih, dan punya makna yang ingin ditelusuri. Apa yang sebenarnya kamu cari dalam perjalanan hidupmu?

Barry Kusuma dengan buku 15 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia-nya, layak jadi dreambook-mu sebelum melakukan perjalan. Selain tips traveling, Bary juga memberikan trick fotografi loh!

Belajar motret!

Belajar motret! via chirpstory.com

Inilah kelebihan Bary Kusuma. Dengan bukunya, penulis travel sekaligus fotografer handal ini memberikan kepada pembaca tentang panduan traveling dan tips and trick fotografi dalam perjalanan. Nah, buat kamu yang mau belajar motret, baca nih buku, ya!

Sebuah emosionalitas yang digambarkan dengan jelas oleh De Botton dalam A Week at the Airport. Bandara, tempat pertemuan dan perpisahan berlangsung.

Seminggu di bandara?

Seminggu di bandara? via www.jauntblog.com

Bagaimana rasanya menghabiskan waktu sepekan dengan kesepian di sebuah bandara? De Botton menjabarkan dengan emosi yang jelas, bagaimana rasanya tinggal di sebuah bandara; tempat di mana pertemuan dan perpisahan berlangsung. Dengan kemasan yang ringan dan mudah dipahami, buku De Botton ini layak kamu baca!

Perjalanan ke Atap Dunia karangan Daniel Mahendra, catatan perjalanan dalam bingkai jurnalistik. Kamu akan dibawanya menjelajah tiga negara di Asia!

Ajak aku ke pelaminan, Bang~ #eh

Ajak aku ke pelaminan, Bang~ #eh via irawanah.wordpress.com

Buku ini menceritakan perjalanan Daniel Mahendra ketika menjelajah Tibet, Nepal, dan China pada 2011 lalu. Dengan bahasa jurnalistik dibumbui dengan emosi pengarang, akan membawamu ke dunia yang dia rasakan. Kamu akan terhipnotis ke Tibet, Nepal, dan China! Yakin, deh.

Lewat Into Thin Air, Jon Krakauer mencoba melepas traumanya atas Pegunungan Himalaya. Buat kamu yang terbius untuk mendaki Himalaya, bacalah ini sebelum ke sana!

Buku Into Thin Air karangan Jon Krakauer merupakan kisah nyata sang penulis. Buku yang mengisahkan perjalanan mautnya menapaki Gunung Himalaya ini memang layak (banget) kamu baca. Jon menceritakan sebermula penemuan Everest pada tahun 1852, hingga orang pertama yang berhasil menaklukkan daerah pemukiman suku Sherpa itu. Juga pengalaman pribadinya ketika menjamah gunung tertinggi di dunia ini. Yak, penasaran, ‘kan, seperti apa situasi yang ada saat itu? Baca bukunya!

Back ‘Europe’ Pack, Keliling Eropa 6 Bulan Hanya dengan 1.000 Dolar, mau? Baca buku Marina S. Kusumawardhani ini!

Cuma 1000 dolar!!!

Cuma 1000 dolar!!! via www.pegipegi.com

Hah? 1000 Dolar bisa keliling Eropa selama 6 bulan? Pasti kamu nggak percaya! Siapa pun nggak akan percaya, sebelum melakukannya sendiri dan menulis buku Back Europe Pack, Keliling Eropa 6 Bulan Hanya dengan 1000 Dolar karangan Marina S. Kusumawardhani ini. Gimana caranya? Semua tips dan trick udah dijabarin lengkap bin jelas sama Marina dalam buku perjalanannya ke 13 negara di Eropa itu.

Nah, itulah 10 buku inspiratif yang bisa mengilhamimu sebelum untuk segera berkeliling dunia. Kamu udah baca buku yang mana, Gaes? Ada yang bisa menambahkan? Share di kolom komentar ya!

Selamat membaca, travelers!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya