Beberapa waktu belakangan, banyak kejadian viral yang diakibatkan oleh turis asing di Indonesia. Sayangnya kebanyakan hal yang negatif seperti turis di Bali yang mabuk dan lain sebagainya. Sebenarnya jumlah turis yang bikin onar ini nggak terlalu banyak, masih banyak kok turis asing yang baik dan menjaga sopan santun ketika berkunjung ke Indonesia.

Salah satunya adalah turis asing yang memungut sampah di sebuah pantai di Sumba. Sikap menjaga kebersihan ini harus kita contoh ya, masalahnya selama ini justru orang lokal yang buang sampah sembarangan. Malu dong ya kalau malah turis yang datang untuk wisata malah bersihin sampah kita sendiri.

Turis asing membersihkan sampah di pantai Mananga, Sumba Barat Daya. Salut banget sih

bersih sampah di sumba via travel.detik.com

Advertisement

“Pada Minggu sore tersebut, saya dan rekan kerja posisi ke pantai pasir dan saat itu si turis perempuan asik mungut sampah. Saya refleks ambil fotonya dengan meminta izin. Turis tersebut berkata ‘it would be better if you can do it, too‘ saya katakan ‘sure, thank you‘,” urai Servulus Bobo Riti, Direktur Sosialisasi dan Kelembagaan BNP2TKI seperti dikutip dari Detik.

Jadi ceritanya Servulus Bobo Riti melihat turis asing di Pantai Mananga Aba alias Pantai Kita Loura Sumba pada tanggal 3 November 2019 lalu. Jumlahnya ada 3 orang, satunya turis asing (cewek) sementara 2 orang lainnya orang lokal yang bisa jadi adalah pemandunya. Ia lalu meminta izin untuk memotretnya hingga akhirnya dia pun diajak untuk ikut serta dan Servulus pun bergabung membersihkan sampah di pantai tersebut.

salut sama bule ini via travel.detik.com

Belum diketahui identitas turis asing tersebut. Namun ia tampak sangat bersemangat membersihkan sampah di sekitar pantai sembari mengajak orang lainnya untuk bergabung. Pulau Sumba memang dikenal sebagai destinasi wisata yang cantik namun terkait kebersihan lingkungan masih sangat kurang. Sebuah contoh yang konkrit dan baik dari seorang traveler untuk lingkungan wisata yang ia datangi. Salut banget sama turis yang satu ini sekaligus tamparan buat kita semua warga Indonesia yang gemar membuang sampah sembarangan.

Kisah turis asing membersihkan sampah bukan pertama kali terjadi, sudah sering malah. Kejadian yang paling mudah diingat adalah saat rombongan pendaki bersihkan Rinjani

ada juga pendaki yang bersihin gunung rinjani via www.bromotravelindo.com

Advertisement

Beberapa tahun lalu ada juga turis asing yang cukup bikin heboh kalangan pendaki gunung. Mereka memungut sampah di jalur pendakian Rinjani. Memang sih di Rinjani cukup kotor jalurnya, jadi wajar kalau turis ini gemes saat mendaki di gunung terindah di Indonesia tersebut. Maka dengan inisiatif mereka sendiri, jadi deh mengambil sampah sembari turun lewat jalur Senaru. Salut banget sih sama mereka.

Malu nggak sih kalau kita malah yang buang sampah sembarangan, sementara turis asing baik hati seperti mereka yang bersihkan. Malu banget lah. Yuk jaga sama-sama lingkungan kita!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya