5 Rekomendasi Wisata di Nusa Tenggara Barat. Seru dan Dijamin Nggak Bikin Bosan!

Wisata Nusa Tenggara Barat

Membahas tempat wisata di Nusa Tenggara memang nggak ada habisnya, jika Nusa Tenggara Timur punya Labuan Bajo, Pulau Komodo, hingga Danau Kelimutu, ternyata Nusa Tenggara Barat (NTB) juga nggak kalah indah lho SoHip!

Advertisement

NTB menawarkan banyak tempat wisata yang bisa kamu jelajahi, mulai dari gunung tertinggi ke 3 di Indonesia, goa-goa karst, pantai yang indah, hingga party dengan suasana pantai di pulau untuk kamu yang ingin mencari suasana pesta yang berbeda. Hipwee merekomendasikan 5 tempat ini sebagai destinasi yang harus kamu kunjungi jika sedang melancong ke NTB!

Melihat kuda sumbawa yang berlarian bebas di savana, dengan pemandangan Gunung Tambora di Doro Ncanga

Nggak cuma NTT aja SoHip yang punya savana, NTB juga punya! Di sini kamu nggak akan melihat savana aja, tetapi kamu juga bisa melihat kuda-kuda asli sumbawa yang berlarian bebas dan merumput di savana ini. Kuda ini sebenarnya adalah ternak warga sekitar yang dibiarkan lepas dengan bebas, selain memudahkan pemiliknya kuda-kuda ini menambah kesan keren savana Doro Ncanga ini.

Advertisement

Karena savana ini berada di kaki Gunung Tambora, tentu saja menambah elok pemandangannya. Untuk SoHip pecinta fotografi, mengabadikan kuda yang berlarian di savana dengan latar belakang Gunung Tambora sepertinya ide yang menarik lho! Di sini hamparan savana ini juga banyak terdapat batu-batu bekas letusan Gunung Tambora tahun 1815, sehingga menambah kesan keren tempat ini!

Goa Bangkang, hidden gem yang memiliki fenomena “cahaya surga”

Advertisement

Ternyata NTB atau Lombok menyimpan sebuah goa yang pemandangannya indah, namanya adalah Goa Bangkang. Goa ini memiliki sebuah fenomena alam yang menarik lho SoHip, fenomena tersebut adalah “cahaya surga”. Fenomena yang ada di lantai dua goa ini terjadi karena adanya langit-langit goa yang terbuka sehingga memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam goa.

Cahaya matahari yang menyusup dari langit-langit goa ini keren banget sih kalau SoHip ingin mencari pemandangan dan stok foto bergaya explorer untuk feeds instagrammu. Sebenarnya lokasi ini mirip-mirip dengan Goa Jombang yang ada di Yogyakarta. Tetapi bila dibandingkan dengan Goa Jombang, Goa Bangkang ini masih terhitung sepi, sehingga menjadikannya spot hidden gem di NTB.

Menaiki puncak Gunung Rinjani, gunung tertinggi nomor tiga di Indonesia yang nggak kalah indahnya sama gunung lain!

Pemandangan Segara Anak dan Gunung Barujari | Foto oleh Aldoarianto.87 via commons.wikimedia.org

Buat SoHip yang pecinta gunung pastinya gunung ini harus ada di bucket list gunung yang harus kamu daki, kenapa? Banyak alasannya! Sebagai gunung berapi tertinggi kedua dan puncak tertinggi ketiga di Indonesia, gunung ini memiliki pemandangan yang bisa membuat kamu tercengang dan akan mikir “ngapain ke luar negeri, Indonesia aja keren banget!”

Kalau kamu berhasil mencapai puncak Rinjani, kamu akan disuguhkan pemandangan Lombok dan Segara Anak lengkap dengan Gunung Barujari di sebelah Timur, yang keren banget! Segara Anak sendiri merupakan danau kawah yang terdapat di gunung ini dan pemandangannya nggak kalah sama Ranu Kumbolo di Semeru! Jika kamu mendaki Gunung Rinjani pada bulan Agustus, kamu juga bisa ikut HUT Kemerdekaan Indonesia yang biasa diadakan di Segara Anak dan Puncak Rinjani dengan nama “Tapak Rinjani”  dan diadakan rutin setiap tahun jika kondisinya memungkinkan.

Pantai Maluk, spot surfing kelas dunia dengan ombak yang bisa mencapai ketinggian 2 meter dan spot sunset romanantis di Sumbawa

Nnggak lengkap rasanya kalau ngomongin NTB, tapi nggak membahas pantainya yang keren-keren, salah satunya adalah Pantai Maluk. Pantai yang berada di Pulau Sumbawa Bagian Barat ini telah kondang namanya ke kancah internasional karena ombaknya yang menantang untuk para peselancar. Ombak yang diberi julukan “Super Suck” ini terkadang tingginya bisa mencapai 2 meter lho SoHip. Selain ombak dan selancar, untuk kamu penikmat pantai, jangan khawatir, pemandangan di sini juga keren kok!

Pasir putih, serta lautan dan langit biru bisa banget kamu jumpai di pantai ini. Meskipun terkenal karena ombaknya, jika air laut sedang surut maka pantai ini memiliki ombak tenang yang bisa membuat kamu berenang atau mendayung kayak untuk menikmati keindahan lautnya. Dan jangan lupa untuk melihat sunset di pantai ini, lokasinya yang berupa teluk karena diapit oleh dua gunung memberikan pemandangan sunset yang keren banget, apalagi ketika cahaya kuning matahari mulai redup dan menghilang!

Gili Trawangan, pulau buat kamu yang doyan pesta dan party! Oh iya, di pulau ini juga nggak ada kendaraan bermotor lho!

Buat SoHip yang doyan party, Gili Trawangan pastinya nggak boleh kamu lewatkan, Pulau kecil di Lombok Utara ini terkenal dengan keindahan alamnya dan gemerlap pesta yang nggak pernah putus setiap malam di resort dan bar yang ada di sini! Selain party, kamu juga bisa snorkeling atau melakukan diving di “Shark Point”, spot diving yang terdapat di pulau ini, tentunya pemandangan bawah air Gili Trawangan nggak kalah indah sama pesta yang ada di sini!

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan adalah mengelilingi Gili Trawangan untuk mengeksplorasi tempat-tempat di sini. Kamu bisa melakukan kegiatan ini dengan berjalan kaki atau naik sepeda, kenapa jalan kaki atau naik sepeda? Karena di sini nggak ada kendaraan bermotor! Kamu bisa mengelilingi pulau ini dalam waktu beberapa jam saja, karena memang pulau ini tidak terlalu luas. Jika kamu nggak mau jalan kaki atau naik sepeda, kamu bisa menyewa cidomo atau andong.

Nah gimana SoHip, nggak kalah keren kan  NTB dengan NTT. Nusa Tenggara emang menjadi salah dua lokasi yang harus kamu kunjungi karena menawarkan berbagai objek wisata yang keren dan menarik!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE