Jepang adalah salah satu negara tujuan wisata populer bagi wisatawan dari Indonesia. Banyaknya tiket promo, sudah bebas visa bagi pemilik E-Paspor, juga karena budayanya yang menarik jadi beberapa faktor banyaknya pelancong dari Indonesia. Salah satu destinasi andalan Jepang adalah pemandian air panas yang disebut Onsen. Menarik, karena pemandian ini dilakukan bersama orang lain dan harus, bugil! Waduh, malu dong ya. Hehe.

Ada beberapa ketentuan kok di pemandian Onsen ini yang perlu kamu tahu. Supaya kalau ke sana ntar nggak bingung-bingung lagi. Yuk ke Onsen Jepang bareng Hipwee Travel…

Onsen merupakan budaya mandi bersama ala Jepang. Karena mempunyai banyak pegunungan aktif, banyak pula air panas yang bisa digunakan sebagai pemandian Onsen

wah tempatnya asyik ya

wah tempatnya asyik ya via www.anibee.tv

Jepang berada di zona aktif Pasifik, di mana banyak terdapat gunung berapi dan juga air panas. Oleh karenanya, banyak tersedia pemandian air panas Onsen. Dulunya pemandian Onsen digunakan sebagai tempat berkumpul dan mengakrabkan diri. Mandi di Onsen syaratnya harus bugil alias nggak boleh memakai sehelang benang pun. Filosofinya adalah kesetaraan, ketika baju telah terlepas, semua orang kedudukannya sama. Tak peduli pangkat maupun hartanya.

Meskipun masih ada yang campur cowok-cewek, tapi kebanyakan sudah dipisah cowok sendiri, cewek sendiri. Bikin modus lah kalau barengan dengan lawan jenis. Hihihi…

pemandangannya yahud

pemandangannya yahud via www.powderlife.com

Jangan dikira kamu bakalan mandi bugil bareng cowok dan cewek campur ya. Meskipun masih ada tapi kayanya udah jarang banget deh. Kebanyakan ya cuman sejenis, cowok bareng cowok. Cewek bareng cewek. Cuma beda bilik aja sih. Makanya jangan sampai salah masuk bilik yang beda jenis ya. Bisa ditimpukin sendal kamu nanti. Hehehe.

Dahulu banget sejarahnya sih kebiasaan mandi onsen ini seringnya campur cowok cewek, namun lama-lama terjadi skandal pelacuran di Onsen. Seiring perkembangan zaman, dibuatlah aturan tertulis bahwa pemandian cowok dan cewek harus dipisah. Meskipun masih ada yang campur, kebanyakan sudah memisah cowok dan cewek. Ya iyalah, daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hehe.

Biar nanti nggak salah tingkah, begini nih peraturan di pemandian Onsen yang harus kamu tahu. Ya daripada malu nantinya…

jangan sampai salah masuk

jangan sampai salah masuk via www.takaski.com

Mandi berendam air panas dengan banyak orang tentu terasa risih ya. Meskipun pada awalnya risih, lama kelamaan akan terbiasa dan justru rileks pada akhirnya. Nah sebaiknya kamu harus tahu nih beberapa peraturan di pemandian Onsen. Biar kamu nggak salah tingkah sih.

  1. Masuk Onsen juga hati-hati. Biasanya informasinya ditulis pakai bahasa Jepang. Caranya lihat kain penutupnya saja. Kalau yang merah biasanya buat cewek. Kalau yang biru buat cowok. Ingat, jangan sampai salah masuk. Kacau nanti. Hahaha.
  2.  Onsen bukan buat mandi biasa, kamu harus mandi terlebih dahulu di kamar mandi yang sudah disiapkan. Setelah bersih baru boleh masuk ke pemandian Onsen.
  3. Sebelum masuk Onsen, kamu harus bugil terlebih dahulu. Masukkan baju keringmu di loker yang sudah disediakan dan jangan lupa bawa handuk. Nggak semua Onsen nyiapin handuk, jadi kamu sebaiknya bawa. Untuk nutupin ‘punya’ kamu biar nggak lepas. Hehehe.
  4. Jangan masuk Onsen dengan lompat indah, karena kolamnya pendek. Turun hati-hati dan taruh handuk kecilmu di kepala. Jangan sesekali dimasukin ke kolam ya.
  5. Kamu yang punya tato nggak boleh masuk Onsen, karena di Jepang identik dengan yakuza atau mafia Jepang. Ya meskipun tatomu bunga mawar atau kucing tetap nggak boleh masuk. Sebagian besar sih gitu.
  6. Jangan sesekali selfie atau foto di dalam Onsen ya. Hal itu dilarang keras karena melanggar privasi. Kamu yang belum tahu salah-salah malah ngajakin selfie yang lagi bugil. Wah kacau deh kalau gitu. Hehehe.

Begitulah sedikit tips untuk menikmati pemandian air panas Onsen di Jepang. Kalau kamu lagi liburan ke sana sayang banget sih kalau nggak mampir ke Onsen. Selain pemandiannya seru, khasiat air panasnya juga baik untuk kesehatan kamu lho. Yuk main ke Onsen!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya