Menikah di gedung telah menjadi budaya yang tak bisa dilepaskan dari masyarakat perkotaan. Lahan rumah yang sempit dan meminimalisir kerepotan merupakan beberapa alasan untuk menyelenggarakan pernikahan di gedung. Daripada membangun tenda di depan rumah dan menabrak jalan kemudian mengganggu lalu lintas, bukankah mending di gedung saja sekalian, parkir sudah ada, praktis, dan banyak kemudahan yang didapat.

Nah, perkara mencari gedung yang tepat juga merupakan hal pelik. Terlebih jika dananya terbatas. Untuk itu kali ini Hipwee Wedding mengumpulkan beberapa alternatif sewa gedung di kota Yogyakarta yang bisa disewa dengan harga relatif terjangkau (kurang dari 10 juta rupiah).

Wisma Kagama UGM

26591959

Wisma Kagama UGM, bonus pemandangan hijau via id.worldmapz.com

Advertisement

Wisma Kagama adalah sebuah gedung yang berada di Jl Boulevard UGM. Lokasinya mudah dicari. Siapa sih yang nggak tau lokasi UGM? Nah, gedung ini dibangun oleh paguyuban alumni Gadjah Mada. Selain ada gedung, juga terdapat wisma penginapan yang bisa dipakai untuk menginapkan para tamu atau keluarga. Harganya relatif lebih murah dibanding gedung-gedung sebelahnya, semisal Grha Sabha Pramana. Kapasitas tamu di Wisma Kagama adalah 600-an orang.

Gedung Mandala Bhakti Wanitatama

2993_4847

Sering juga dipakai untuk bookfair via www.garnesia.com

Gedung Mandala Wanitatama ini berlokasi di pusat kota, dekat dengan Ambarukmo Plaza dan Lippo Plaza. Gedung berkapasitas 1000 tamu ini adalah pilihan menarik ketika kamu menginginkan tempat yang nyaman dan mampu menampung cukup banyak orang. Lokasi di tengah kota juga membuat para tamu tak perlu bingung lagi mencari lokasi. Kalaupun tamu dari jauh, hotel di sekeliling lokasi ini juga banyak kok. Jadi nggak usah khawatir ya.

Gedung Serbaguna Adisutcipto

11838748

Dekat bandara nih via www.panoramio.com

Lokasinya dekat dengan bandara, sekitar 10 menit tanpa macet. Jalannya mudah dijangkau, tinggal lewat ringroad saja. Jika tamu kamu kebanyakan dari jauh dan harus naik pesawat, lokasi ini ideal banget. Apalagi kapasitasnya yang sampai 1000 orang dan sewanya yang nggak terlalu mahal. Namun perlu diperhatikan bahwa lokasi ini bukan di pusat kota. Jadi pertimbangkan dengan baik ya.

Pendapa Tedjokusumo UNY

galeri_slide_30032016052511

Sering buat latihan nari via sirt-fbsuny.com

Advertisement

Pendapa Tedjokusuma UNY adalah sebuah tempat berkumpul mahasiswa seni Universitas Negeri Yogyakarta. Tempat ini cukup luas untuk menampung 400-600 tamu. Sehari-harinya, tempat ini kerap digunakan untuk latihan menari atau teater oleh mahasiswa setempat. Namun pas weekend cukup selo kok, jadi bisa kamu sewa sebagai tempat resepsi.

Gedung Balai Pamungkas

gedungbalaipamungkas_opowaeono

Pusat kota, dekat stasiun via opowaeono.blogspot.co.id

Gedung Balai Pamungkas adalah sebuah tempat yang strategis di pusat kota. Dekat dengan stasiun Lempuyangan dan Stadion Kridosono. Parkirannya juga cukup luas. Selain itu, gedung ini menyediakan beberapa ruangan untuk keperluan rias dan lain-lain. Tak perlu bingung lagi deh. Apalagi kapasitas gedungnya lumayan juga, yaitu sekitar 1200 tamu.

Pendapa SMKI

cimg2223

Area Bantul atau selatan Jogja bisa pakai tempat ini via hendy2011.wordpress.com

Pendapa SMKI juga disewakan untuk resepsi lho. Kapasitas pendapa ini sekitar 1200 undangan. Kalau kamu tinggal di area selatan Yogyakarta, bisa banget sewa tempat ini. Terlebih jika tamu-tamu kamu kebanyakan berasal di area selatan kota Yogyakarta. Tak perlu bingung lagi mengundang tamu ke lokasi ini. Apalagi lokasinya memang mudah dijangkau.

Gedung Pertemuan Ganesha APMD

12_big

Terletak di pusat kota via wikimapia.org

Masih terletak di pusat kota, gedung APMD adalah tempat yang bergabung dengan kampus APMD di daerah Baciro. Tempat ini dekat juga dengan mal Ambarukmo Plaza. Harga sewanya yang relatif terjangkau cukup sepadan dengan kapasitasnya yang mencapai 1000 orang.

Nah, untuk kamu yang tinggal di Jogja, atau berencana menikah di Jogja, itulah daftar gedung yang bisa disewa dengan harga relatif terjangkau. Jangan lupa hubungi PR-nya masing-masing untuk cek jadwal dan harga fix-nya. Selamat hunting gedung!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya