Nggak terasa, sekarang udah tahun 2016 aja. Tinggal empat tahun sebelum 2020, dan kita yang lahir di awal dekade 90-an pun semakin tua. Bahkan ada yang sudah bakal menginjak kepala tiga.

Daripada melankolis karena bentar lagi tambah tua, mending kamu sama-sama Hipwee nostalgia deh ke zaman kita masih polos dan belum tahu susahnya dunia. Yuk ingat-ingat lagi apa aja yang pernah hits di awal tahun 2000-an, pas kita masih SMP atau bahkan belum lulus SD!

1. Mendadak semua orang tahu artinya “milenium”. Terus, silver jadi warna wajib untuk bajumu

Warna silver jadi pilihan utama via sustainablemovement.wordpress.com

Di tahun 2000, dari majalah Bobo sampai koran, semuanya pakai kata “Milenium”. Kita jadi tahu deh artinya “Milenium” apa. Nah, warna silver yang mewakili masa depan adalah warna paling hits pada era ini. Mulai dari baju, makeup, pernak-pernik hingga beberapa benda seni yang dibuat pada awal 2000-an berwarna silver. Yuk buka lagi kotak barangmu, siapa tau masih ada barang warna silvermu yang tersimpan disana.

2. Kamus? Mana ada yang beli. Mendingan beli AlfaLink!

Jadi andalan buat tugas Bahasa Inggris nih. Credit to @ihsan_fakhruzzaman via www.instagram.com

Advertisement

Google Translate? Apaan tuh? Ini nih barang yang ngetren sebelum adanya google translate. Kamu pasti tau kan? Yak, AlfaLink merupakan gadget portable translator. Prinsipnya sih tinggal masukin satu kata dan nanti akan diterjemah otomatis oleh si gadget pintar ini!

3. Nokia 3310 dan N-Gage, dua ponsel hits anak gaul tahun 2000-an

Ini dia dua ponsel andalan generasi awal 2000an

Di dunia per-HP-an, siapa sih yang kenal Nokia 3310. HP keluaran Nokia yang satu ini bisa dibilang rajanya HP! Bagaimana tidak, bahkan sang paduka raja 3310 ini dinobatkan sebagai anggota Jajaran ponsel paling populer sepanjang masa, lho.

Kalau sekarang kita mengenal gaming dengan Android phone, jaman dulu kala, ponsel game ya N-Gage dong! HP yang satu ini sempet ngetren di kalangan Gamers pada awal kemunculannya tahun 2003 silam. Karena bentuknya yang kayak Stik, asik deh dibuat main game! Hayo, siapa yang sampai sekarang masih punya HP-nya?

4. File sharing yang ngetrend? Dropbox Ya 4Shared, Zedge sama Waptrick

Hayo dulu pada download apaan? via sendeva.wordpress.com

Karena era 2000-an adalah awal era digital di Indonesia, maka jelas dong situs-situs free sharing sangat ramai dikunjungi kawula muda. Termasuk kita yang bahkan waktu itu belum masuk SMA.

Siapa yang gak kenal 4Shared? Situs yang satu ini sangat digemari. Sebagai salah satu situs berbagi yang menyediakan berbagai macam file dengan akses download yang mudah, 4Shared sedari dulu menjadi primadona bagi pengguna Internet.

Kalo Zedge? Nah, situs yang satu ini biasanya digandrungi kamu-kamu yang punya HP Symbian. Ini nih tempat download ringtone dan tema HP. Mulai dari tema Mobil, Film, Klub bola, sampek yang imut-imut macam Doraemon, Sailor Moon, hingga Hello Kitty, ada kok!

Situs lain yang gak kalah gandrung di awal 2000an adalah Waptrick. Disini kamu bisa download segala macam yang berhubungan dengan HP Symbianmu. Mulai dari tema, lagu, game hingga wallpaper yang bisa bikin HP Symbianmu tambah kece. Hayo siapa yang dulu sering download di situs-situs itu?

5. Kita semua dulu pernah alay. Ngecek jodoh atau nggak sama pacar lewat Primbon.com…

Halaman awal primbon.com via primbon.com

Seperti namanya, pada dasarnya primbon.com merupakan situs penyedia layanan ramalan secara online. Mulai dari ramalan horoskop harian, ramalan jodoh, rejeki sampai tafsir mimpi, ada! Eits, gak cuman urusan ramal-meramal aja loh. Kamu pasti ingat kalau di primbon.com ada juga koleksi foto-foto hantu. Ngaku siapa yang dulu sering buka situs ini? 😀

6. Masih ingat Frienster dong?

Ada yang masih ingat logo ini? 🙂 via mcgarity.me

Sebagai generasi yang pernah menikmati awal 2000-an, jelas dong kamu gak asing lagi dengan Sosmed yang satu ini. Yak! Friendster ini merupakan cikal bakal trend sosmed di negera tercinta kita ini. Kalau mau dibilang anak gaul, pastinya kamu pernah punya dong akun Friendster 😀

”””TeRRy FriendstEr FuLL”’

”””’Syifaaaaaaaaaa Fitriana II

Ah, masa-masa itu… *lol*

7. Anak 2000-an pasti dengerin lagunya Samsons dan Ada Band

Bila yang tertulis untukmu~

Anak awal 2000-an pasti familiar tuh sama band-band diatas. Band-band yang nge-hits banget pada awal 2000-an ini sukses meramaikan blantika musik nusantara dengan lagu-lagunya yang asik banget buat didenger. Gak bisa move-on? Kenangan Terindah-nya Samsons ngena banget. Jatuh cinta? Langit 7 Bidadari-nya Ada Band bisa kok mewakili perasaanmu. Tiap dengar lagu ini, pasti deh langsung nostalgia.

8. Kamu gak sah disebut Anak Gaul 2000-an kalau nggak ngomong pakai bahasa gaul

Belum gaul kalo gak pake bahasa gaul

“Eh Nek, lu tau gak siih kalo i X abis jalan-jalan”
“Yang ke Singapore itu ya?”
“Iya, boo… Dih, dia pulang langsung pamer foto tuh.”

Hayo ngaku! Siapa yang dulu sempet pake bahasa gaul yang sempet ngetop pada awal 2000an itu?

9. Sebelum ada iPod, muter musik itu ya pakai Walkman

Keluarga Walkman via en.wikipedia.org

Sebelum MP3 player merebak dan merajalela di kalangan anak muda. Pendahulunya yang bernama “Walkman” ini sempat menjadi barang wajib anak gaul. Mau nyetel lagu? Pake Walkman dong biar gaya.

Dan yang digadang-gadang sebagai penerus keberhasilan Walkman ini adalah si Discman. Pemutar musik yang satu ini sempat populer di Indonesia pada periode awal 2000-an, namun tak bertahan lama karena kalah saingan sama MP3 Player. Ada gak ya diantara kamu yang masih nyimpen Walkman dan Discman-nya sampai sekarang?

10. Dua film paling keren buat kamu yang pernah melewati awal 2000-an

Film awal 2000an emang paling keren via 40.media.tumblr.com

Berbicara mengenai dunia perfilman Indonesia pada periode awal 2000an, pasti mengarah ke Ada Apa Dengan Cinta? dan Petualangan Sherina. Untuk urusan film keluarga, Petualangan Sherina jadi pilihan utama yang sukses menarik animo masyarakat Indonesia.

Kalau berbicara mengenai film percintaan, AADC jawaranya. Bahkan film ini sukses melambungkan nama para pemerannya. Siapa sih yang gak kenal si ganteng Nicholas Saputra dan si cantik Dian Sastro yang menjadi dua pemeran utama di AADC? Saking populernya, bahkan akan dibikin AADC 2 loh! Jadi gak sabar nunggu gimana lanjutan ceritanya ntar.

11. Kalau tahu apa itu “ASL PLZ”, kamu pantas dianggap anak gaul

mIRC tempat nongkrong di dunia maya via filehippo.com

Ini nih cikal bakal masuknya dunia chatting di Indonesia. Kamu pasti pernah nyoba dong chatting pake mIRC? Yak, gak afdol jalanin hidup pada awal 2000an kalau kamu gak pernah nyoba aplikasi ini. Hayo… Inget gak Nickname kamu dulu apa?

12. Yuk bantuin Si Ular biar gak nabrak tembok dan gigit ekornya sendiri

Game simpel tapi nge-hit banget ya ini via vulcanpost.com

Ini adalah game legendaris yang ada pada ponsel Nokia. Meski terhitung game yang simpel dan gak aneh-aneh, tapi cukup bikin ketagihan kok. Buktinya banyak diantara para pengguna ponsel Nokia dulu yang beli ponsel biar bisa main  game ini. Game-nya asik sih!

13. Bolos sekolah buat main PS? Kelakuan siapa ini….

Main yuk! credit to @fajarpr_ via www.instagram.com

Bagi kamu yang pernah melewati masa awal 2000an sudah pasti kenal console yang satu ini. Yak, PlayStation 2 merupakan edisi kedua dari PlayStation yang juga turut sukses menarik minat gamers pada awal 2000an. Banyak loh game yang bisa dimainkan. Mulai dari Winning Eleven (Entah yang terakhir pangkatnya udah berapa), Tekken, GTA, dan masih banyak game lainnya. Gak jarang juga sih para cowok rela buat bolos sekolah hanya gara-gara main PS. Hehe hehe hehe. Yang penting sekarang udah tobat.

Semoga artikel ini bisa mengobati rasa kangen kamu pada masa itu. Biarpun umur semakin tua, paling nggak barang-barang di atas membuktikan bahwa kita pernah muda. Ya nggak? Hehehe. Selamat tahun baru 2016, ya! 😀