Baru-baru ini ada berita viral mengenai kasus penipuan Wedding Organizer (WO) di Palembang. Entah bagaimana manajemennya, di hari H pernikahan, tak ada katering yang datang. Bisa dibayangkan bagaimana terkejut dan paniknya pemilik hajat saat tidak ada satu hidangan pun yang hadir untuk menjamu tamu. Nah, supaya hal ini tidak terjadi pada acara pernikahanmu, ada baiknya memilih dengan jeli jasa WO yang akan kamu gunakan.

Ada baiknya melakukan survey beberapa WO yang ada di kota tempat kamu menikah. Baik buruknya WO sangat berpengaruh terhadap kelancaran acaramu. Sehingga pemilihan WO yang berpengalaman dan kredibel sangat diperlukan.

1. Katering tidak datang, fotografer belum dibayar, disinyalir WO berinisial MGD asal Palembang menjadi perbincangan hangat

kotak antar-antaran pengantin dalam kasus penipuan WO via regional.kompas.com

Advertisement

Niat hati ingin melangsungkan pernikahan impian, namun ternyata acara yang digelar oleh Ang & FDL menghasilkan rasa marah sekaligus malu kepada tamu. Pasalnya, WO yang mereka sewa malah ‘kabur’ dan tidak bertanggung jawab pada banyak vendor dalam acara resepsi. Fatalnya, katering tidak datang sehingga para tamu undangan tidak mendapatkan hidangan apa pun.

Entah apa yang terjadi di manajemen WO tersebut. Padahal dilansir melalui Kompas, pihak klien sudah membayar lunas jasa WO tersebut. Bisa dibayangkan betapa panik dan kecewanya klien terhadap para tamu yang datang.

2. Perbanyak cari referensi deh dari teman-teman yang sudah pernah menggunakan jasa ‘Wedding Organizer‘. Mereka pasti punya penilaian sendiri tentang kinerjanya

Referensi dari teman atau saudara tentang WO yang akan dipilih bisa jadi rekomendasi. via estestherapy.com

Jangan cuma terpaku sama satu WO aja. Pilih beberapa, lalu tanyakan ke teman-teman atau saudara yang pernah menggunakan jasanya. Mereka pasti punya penilainya sendiri terhadap WO yang mereka gunakan. Meski sifatnya subyektif, tapi pendapat orang lain bisa jadi pertimbangan lo.

3. WO yang baik pasti punya portofolio yang bagus juga. Kalian bisa tanya langsung atau ‘kepo’ dari media sosial buat tahu gambaran kinerja WO tersebut

Bisa juga lo memanfaatkan situs pernikahan buat kepo kinerja WO. via www.bridestory.com

Advertisement

Cek portofolio WO itu penting banget! Mereka kan pasti punya situs dan juga media sosial. Lihat deh hasil karya dan kinerja WO melalui media tersebut. Kalau masih belum yakin, buat janji dengan WO dan buat wawancara singkat. Nah, dari obrolan langsung tersebut biasanya bisa kelihatan nih mana yang cocok dengan calon pengantin dan yang nggak.

4. Minta WO memberikan proposal soal acara sesuai dengan konsep dan anggaran pernikahan yang diinginkan. WO yang baik pasti bisa memaksimalkan anggaran

Kita harus terbuka tentang konsep dan biaya ke WO agar pernikahan impian bisa diwujudkan. via bryonygroeneveld.com

Minta dibuatkan proposal konsep acara ke WO yang diinginkan. Ceritakan konsep-konsep soal pernikahan yang diimpikan, nah WO seharusnya memberi gambaran vendor dan susunan acara untuk mewujudkan konsep tersebut. Jangan lupa terbuka soal biaya dengan WO. Mereka harus kreatif dalam memaksimalkan biaya yang ada.

5. Saat menghubungi WO, pastikan WO yang akan dipilih memberi respon yang cepat. Itu menunjukkan kalau mereka cepat tanggap dan sigap saat dibutuhkan kelak

Harus cepat tanggap dan selalu siaga. via sunjayabudiman.blogspot.com

Pilih WO yang cekatan dalam membalas pesan, melakukan follow up, dan juga membantu melengkapi daftar pernikahan. Hal itu terlihat kok dari awal menghubungi mereka. Kalau sedari awal responnya lambat, bisa jadi kedepannya mereka juga akan sulit dihubungi. Padahal kan terkadang calon pengantin perlu tahu perkembangan persiapan pernikahan dengan cepat dan berkala.

Nah, sudah punya gambaran kan seperti apa WO yang pantas dapat kepercayaan dari kita. Yang perlu diingat, pernikahan adalah acara pasangan, semua keputusan jelas ada di kedua calon mempelai pengantin.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya