Dalam tradisi Jawa, umumnya diadakan kunjungan balasan dari pihak calon mempelai wanita setelah mereka menerima lamaran dari pihak calon mempelai pria. Tujuan kunjungan balasan atau balas lamaran selain untuk bersilaturahmi adalah untuk menyampaikan jawaban atau balasan yang berisi keterangan tentang kepastian dan rencana tindak lanjut acara pernikahan yang akan dilaksanakan. Kemudian dilanjutkan dengan musyawarah antar dua keluarga.

Nah, pada saat kunjungan balasan ini, ada tradisi yang memperbolehkan pihak calon mempelai wanita untuk membawa serta seserahan atau yang disebut ‘angsul-angsul’ untuk pihak calon mempelai pria. Maksud pemberian ini adalah sebagai bentuk ucapan terima kasih dan penghargaan atas kesungguhan yang diwujudkan oleh pihak calon mempelai pria lewat seserahan yang diberikan saat lamaran. Nah, berikut Hipwee Wedding berikan beberapa referensi barang yang bisa diberikan sebagai angsul-angsul.

1. Perlengkapan ibadah yang berisi harapan agar kelak calon mempelai pria menjadi imam yang taat beribadah

perlengkapan ibadah via dillaresfani.blogspot.com

Advertisement

Perlengkapan ibadah umumnya dijadikan sebagai barang utama untuk dijadikan seserahan. Sebagai orang yang beragama, tentu ingin agar pasangan pengantin kelak menjadi lebih baik lagi dalam beribadah serta menjaga keluarganya tetap berada di jalan yang lurus. Kamu yang muslim, maka isi dari seserahan ini biasanya terdiri dari alat salat seperti sajadah, baju koko, sarung, hingga peci.

2. Seperangkat busana formal sebagai bentuk dukungan untuk calon suami ketika bekerja demi mencukupi kebutuhan rumah tangga

busana formal atau untuk bekerja via aninditatanjung.wordpress.com

Karena bekerja menjadi tanggung jawab suami, memberikan seperangkat busana formal akan menunjang performanya dalam mencari nafkah. Ragam busana formal ini misalnya kemeja, celana resmi, sepatu pantofel, dan aksesori tambahannya seperti jas, ikat pinggang, dasi, dompet, dan lain sebagainya. Bentuk seserahan ini juga nggak saklek kok, bisa kamu sesuaikan dengan pekerjaan calon mempelai pria.

3. Karena bukan cuma wanita saja yang butuh perawatan, nggak ada salahnya kalau kamu sertakan produk perawatan dalam kotak seserahan balasan

produk perawatan via souvenirnikah.com

Produk perawatan yang dibutuhkan pria nggak sebanyak milik wanita kok. Umumnya, yang dibutuhkan umumnya berupa peralatan mandi berupa handuk, sabun, sampo, sikat gigi, deodoran, gel rambut, hingga alat cukur. Jangan lupa sertakan juga parfum kesukaannya. Selain menguji seberapa jauh calon mempelai wanita mengenal dan mengetahui produk-produk yang sering dipakai oleh pasangannya, pemberian produk perawatan ini bisa menjadi bentuk perhatian juga lo.

4. Mendukung hobi positif calon suami juga akan menyenangkan hatinya. Wujudkan hal ini dengan memberikan seserahan berupa benda-benda yang berkaitan dengan aktivitas kegemarannya

kalau dengan hobi nge-game bisa dapat uang, kenapa nggak? via www.seputarpernikahan.com

Advertisement

Hobi itu ibarat cinta ketiga para pria setelah keluarga dan istrinya. Walaupun seringkali dibuat jengkel dengan pasangan yang lebih sibuk menggeluti hobinya sehingga membuatmu merasa diabaikan, mendukung hobi calon suami itu penting banget buat menjaga kestabilan hubungan kalian ke depannya, asal positif ya. Misalnya, calonmu suka banget olahraga, maka berikan saja peralatan olahraga yang ia senang lakukan.

5. Perlengkapan yang bakal digunakan saat pesta pernikahan juga bisa disertakan dalam kotak seserahan balasan

perlengkapan pesta via deskgram.net

Jika mungkin keluargamu sudah mempersiapkan kebutuhan pesta hingga busana yang akan dikenakan nanti, kunjungan balasan ini bisa jadi momen yang pas untuk memberikan perlengkapan pesta yang bakal dikenakan calon mempelai pria. Misalnya seperti beskap (basofi, atau setelan jas), bawahan (celana, kain jarit, dll), sepatu pesta (selop, pantofel, dll), hingga aksesorinya.

Kalau dalam tradisi Jawa, ayah dari calon mempelai wanita akan memberikan ‘kancing gelung’ yang terdiri dari satu set busana pengantin yang dikenakan di hari pernikahan dan sebilah keris.

6. Makanan atau jajanan khas dari tempat tinggalmu pun bisa jadi referensi angsul-angsul yang ideal

makanan atau jajanan via kursitiffani.blogspot.com

Seperti halnya memberikan buah tangan atau oleh-oleh, kamu dan keluarga bisa menyertakan makanan atau jajanan khas dari tempat tinggalmu dalam seserahan balasan. Adapun macamnya nggak ada ketentuan yang saklek, bisa disesuaikan dengan selera maupun preferensi masing-masing keluarga, asal pantas saja. Selain makanan atau jajanan, kamu pun bisa membawa serta buah-buahan segar.

Beberapa poin yang Hipwee Wedding tulis di atas hanyalah sebagai referensi saja, bukan patokan. Mengenai perlu atau nggaknya memberi seserahan pada pihak calon mempelai pria ini, sebenarnya nggak ada ketentuan yang pasti. Baiknya disesuaikan dengan kesepakatan dan kemampuan dari kedua belah pihak keluarga. Kalaupun pada nantinya diadakan, hendaknya bukanlah paksaan dan harapannya bisa menjadi tanda kasih yang akan mempererat hubungan dengan calon besan nantinya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya