“Lucu kali ya menikah di pinggir pantai?”

“Aku ingin nikahnya makan-makan sajalah sekalian piknik dengan view langusng ke gunung!”

Kamu mungkin memiliki pernikahan impian, mulai dari gaun seperti apa yang ingin kamu kenakan, konsep pernikahan impian, hingga tempatnya. Namun, terkadang impian-impian itu menjadi terasa tidak masuk akal karena bujet yang diperlukan cukup banyak 🙁

Advertisement

Tapi, sebenarnya kamu tetap bisa kok melaksanakan pernikahan kamu di tempat impian tanpa memerlukan bujet yang cukup banyak. Pernikahan ini disebut destination wedding yang sudah cukup populer di luar negeri. Berkenalan lebih dalam yuk dengan konsep pernikahan ini yuk!

1. Mirip-mirip dengan intimate wedding, kamu bisa melaksanakan pernikahan ini dengan tamu yang lebih sedikit. Selain hemat juga terasa lebih intim

Pernikahan di pantai via mobile7552.fuckingmonday41.agency

Meskipun jika kamu akan melaksanakan pernikahan di luar kota kamu perlu menyiapkan akomodasinya, kamu bisa tetap berhemat dengan mengundang orang-orang terdekatmu saja seperti keluarga dan sahabat yang terdekat. Dalam penyusunan daftar tamu undangan ini, kamu dan pasangan perlu tegas agar tak semakin melebar dan bertambah banyak.

2. Karena tamu yang diundang hanya sedikit dan tempatnya sendiri sudah menyenangkan, kamu tak perlu repot-repot melakukan banyak dekorasi

Dekorasinya tak perlu heboh via www.bibimagazine.com

Biasanya saat dilaksanakan di gedung maupun di rumah, dekorasi merupakan PR yang cukup besar. Hal ini dilakukan karena tempat pernikahan sebaiknya terlihat cantik dan bagus untuk berfoto. Tapi, dengan destination wedding, biasanya tempat yang dibutuhkan tak perlu terlalu luas sehingga dekorasinya pun bisa minimalis.

3. Dengan melaksanakan destination wedding, kamu dan pasangan bisa lebih santai dan relaks saat membaur dengan tamu undangan

Sangat santai via www.newwesttravel.com

Advertisement

Karena lokasi pernikahan yang dipilih biasanya tempat-tempat yang dekat dengan alam seperti pantai, bukit, atau pedesaan, suasana yang ada pun akan membuatmu lebih relaks alih-alih membuat stres saat acara berlangsung hingga pasca acara seperti jika acara dilakukan dengan tamu undangan yang banyak.

4. Karena memiliki jarak yang lebih jauh, kamu perlu mempertimbangkan akomodasi para tamu undangan selama di sana

Pertimbangkan akomodasi via www.whitewhite.com.au

Dengan jumlah tamu undangan yang lebih sedikit, bujet untuk katering dan lain-lain bisa kamu alokasikan untuk akomodasi. Menurut Seruni.id yang melansir dari Bridestory jika tamu undangan kurang dari 50 orang biaya yang perlu dikeluarkan sebesar Rp25juta sampai Rp45juta, sedangkan jika mengundang 300 sampai 500 tamu, biaya yang dikeluarkan sebesar Rp150juta sampai Rp300juta. Selisih ini bisa kamu manfaatkan untuk biaya akomodasi bahkan kemungkinan masih sisa.

5. Pertimbangkan waktu jika memutuskan untuk menikah di tempat yang jauh. Kalau perlu sesuaikan dengan jadwal liburan

Pilih waktu yang pas biar bisa reunian via www.whitewhite.com.au

Karena tempatnya yang jauh, teman dekatmu perlu mempertimbangkan mungkin untuk mengambil cuti atau menitipkan anaknya kepada orang lain dan lain sebagainya. Untuk itu, ada baiknya kamu memilih waktu saat liburan agar mereka dapat lebih santai. Pun kamu juga perlu memberi tahu jauh hari agar mereka dapat mempersiapkan diri.

Selain beberapa hal di atas, kamu perlu memberi tahu juga kabar bahagia ini ke orang-orang yang tidak kamu undang. Kamu bisa mengunggah foto-fotomu melalui media sosial agar tak terjadi pembicaraan yang tidak-tidak di belakangmu karena mengira kalian belum menikah tapi sudah satu rumah. Plus, kamu dan pasangan harus menebalkan telinga dan menguatkan hati karena memang tipe pernikahan simpel seperti ini begitu lumrah di negara kita. Tertarik mencoba?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya