Untuk sebuah pernikahan, memang banyak sekali yang harus diurus. Mulai dari gedung, undangan, katering, sampai souvenir. Kalau nggak diatur dari jauh-jauh hari, bisa-bisa kacau dan bikin pusing kepala. Nggak heran kalau akhirnya banyak urusan-urusan penting yang lupa dipikirkan.

Kamu dan pasangan memang wajib bikin daftar apa saja yang perlu dipersiapkan untuk pernikahan. Terutama hal-hal penting yang harus didahulukan supaya nggak terlewat. Apa saja ya? Simak dalam ulasan berikut ini deh biar acara pernikahan lancar jaya dan berkesan.

1. Tempat parkir untuk tamu undangan

sediakan lahan parkir via www.pexels.com

Hal satu ini pasti sering terlupa oleh calon pengantin. Lantaran kamu terlalu sibuk sama apa yang ada di akad dan resepsi saja. Kebutuhan adanya lahan parkir yang cukup luas untuk menampung para tamu undangan pun perlu dipikirkan. Jika kamu menikah di rumah, pikirkan lahan parkirnya – apakah itu mengambil jalanan sekitar rumah atau di lapangan dekat sana.

2. Tempat menginap untuk keluarga besar

tempat menginap untuk keluarga via www.pexels.com

Jangan hanya pikirkan venue pernikahan saja. Karena kamu juga perlu siapkan tempat menginap untuk keluarga besar. Misalnya, mau di hotel dekat lokasi acara atau tidur bereng-bareng dengan keluarga di rumah. Sebenarnya, kalau diinapkan di hotel lebih terasa nyaman karena keluarga bisa istirahat lebih enak. Hal satu ini jangan kamu sepelekan karena kalau nanti keburu sudah penuh, keluarga besarmu yang datang dari luar kota mau diinapkan di mana?

Seperti kisah Pungki yang kelabakan mencari tempat menginap untuk keluarga di acara pertunangannya dengan Desi. Acara pertunangan Pungki akan diadakan di kampung halaman Desi di Pekalongan. Seluruh keluarga besar Desi sudah memenuhi rumah, padahal Pungki sudah mengajak keluarga besar dan teman-temannya untuk menghadiri acara. Akhirnya Pungki harus kelabakan booking kamar di hotel sekitar Pekalongan. Mana hotel biasanya penuh pula di akhir pekan. Pantas deh kalau Pungki jadi uring-uringan. Masa menginap di Masjid? Pengin tahu akhir dari acara pertunangan Pungki? Tonton kisahnya di webseries Pegipegi di bawah ini yuk~

3. (Khusus pengantin) sarapan sebelum acara

jangan skip sarapan via unsplash.com

Penting banget nih buat pengantin: Jangan lupa sarapan sebelum acara. Iya sih, menjelang hari H pasti kamu bakal deg-degan habis. Khawatir kalau katering kurang atau dekorasi belum beres. Belum lagi harus makeup dari pagi. Tapi jangan sampai skip sarapan ya. Ingat, sebelum-sebelumnya kamu sudah kurang tidur, kelelahan karena menyiapkan acara, jadi butuh asupan makanan. Jangan sampai kamu malah pingsan di tengah resepsi. Jadi selain mikirin katering untuk undangan, jangan lupa memikirkan makanan untuk sarapan pengantin di hari H.

4. Setelah acara pernikahan, lalu tinggal di mana? Pasti lupa memikirkannya deh

Kebiasaan calon pengantin itu kalau mau nikah yang dipikirkan cuma bulan madunya saja. Jarang ada yang sudah tahu pasti mau tinggal di mana setelah acara pernikahan selesai. Ya nggak sih? Apakah tinggal di rumah orangtua perempuan atau orangtua lelaki. Atau bisa juga apakah nanti akan memilih tinggal di rumah sendiri yang sudah dibeli maupun dikontrak.

5. Mobil pengantin dan pembagian mobil buat keluarga besar

mobil pengantin via unsplash.com

Buat kamu yang memang andalkan mobil pengantin, jangan sampai terlupa ya. Pun demikian dengan pembagian mobil buat keluarga besar. Biasanya mobil buat keluarga besar ini diutamakan bagi keluarga dari luar kota. Dan pastikan mau menyewa mobil atau bis saja jika keluarga yang datang jumlahnya banyak. Jika sampai terlupa, bisa-bisanya nanti acaramu kacau.

Menyiapkan pernikahan nggak boleh asal. Kamu harus memikirkan secara detail hal-hal apa saja yang perlu disiapkan nanti. Terutama soal tempat menginap untuk keluarga besar nih, yang seringkali kita lupakan. Padahal penting banget dan harus dipikirkan sejak awal penyusunan acara. Jika memang harus booking penginapan, lakukan jauh-jauh hari supaya nggak kelabakan menjelang hari-H kalau hotel dan penginapan penuh semua.

Karena itu, coba deh andalkan aplikasi pemesanan tempat menginap seperti Pegipegi. Pesan hotel atau penginapan lainnya di Pegipegi itu lengkap dan mudah banget lo. Caranya, kamu cari dulu di mana lokasi hotel yang kamu pengen sewa. Setelah muncul, kamu tinggal pilih-pilih hotel yang sesuai budget dan cocok untuk keluarga besarmu tinggali. Isi data pemesan dengan data tamu yang akan menginap. Setelahnya, review kembali datamu di halaman review. Lalu, pastikan data sudah benar, lanjutkan ke halaman pembayaran. Setelah pembayaran sukses diterima, kamu akan menerima email berisi ringkasan voucher hotel berupa e-ticket secara instan. Selesai deh!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya