Saat kamu menikah, kamu bukan hanya menikahi satu orang tapi keluarganya juga

-Unknown

Sering nggak sih kamu mendengar kutipan tersebut? Kutipan tersebut ada benarnya juga lo, apalagi jika kamu tinggal dekat atau bahkan serumah dengan mertua dan saudara-saudara iparmu. Meskipun mereka kelihatan baik, biasanya ada saja masalah-masalah kecil yang mungkin akan kamu hadapi karena perbedaan latar belakang atau pandangan.

Advertisement

Jika kamu sering mengalami masalah dengan iparmu, Hipwee coba kasih beberapa pemecahannya nih. Simak sampai habis ya!

1. Mengenal pasangan yang sudah lama saja kamu dan dia masih sering berbeda pendapat, hal ini bisa terjadi juga dengan kamu dan saudara iparmu

Tetap kalem via www.psychologytoday.com

Perbedaan pendapat wajar terjadi. Saat mengalami hal ini, kamu bisa membicarakan dengan baik-baik. Utarakan pendapatmu dengan sopan dan dengarkan saat dia juga mengutarakan pendapatnya. Jangan terbawa emosi dan pertimbangkan apa yang disampaikannya. Siapa tahu masukannya bermanfaat untukmu juga.

2. Saudara ipar yang galak mungkin bisa memperburuk susana hatimu, tapi kamu tak perlu mengambil hati

Harus bagaimana ya? via www.mirror.co.uk

Meskipun kadang menyebalkan dan ingin menimpali segala kata-kata yang muncul dari saudara iparmu, kamu justru perlu mengontrol emosimu. Jika kamu mengikuti arusnya dan ikut terbawa emosi, hubungan yang renggang bukan hanya hubunganmu dan dia tapi bisa juga hubungan yang lain. Suamimu cenderung akan membelamu, maka hubungannya dengan saudara akan ikut merenggang. Belum lagi mertua yang mendengar perselisihan kalian.

3. Dengan dalih sudah menjadi bagian ‘keluarga’ rasa canggung bisa sedikit memudar sehingga utang piutang dianggap biasa saja

Nanti pokoknya aku ganti via www.moneylogue.com

Advertisement

Jika saudara ipar meminjam uang sekali dua kali, kamu bisa menganggap hal tersebut wajar. Namun, kamu bisa mulai curiga jika dia melakukannya berakali-kali dan tak kunjung membayarnya. Kamu mungkin merasa tak enak jika menolak, tapi kamu perlu berani bersikap tegas daripada kamu sendiri yang susah akhirnya~

4. Yang satu ini mungkin jarang, tapi bisa saja terjadi lo padamu. Punya kakak ipar yang mesum pasti rasanya serba salah banget

Bikin nggak nyaman via www.merdeka.com

Meskipun masih saudara dari suamimu, segala kemungkinan bisa saja kejadian. Dia yang kamu harapkan tidak macam-macam mungkin punya pikiran sebaliknya. Hal ini semakin parah jika kamu masih serumah dengannya. Solusinya kamu bisa menjaga jarak atau bahkan mengontrak rumah jika belum mampu membeli rumah sendiri.

5. Selain mertua, saudara iparmu juga punya kemungkinan untuk kepo dan penasaran terhadap masalahmu dan suami. Bahkan beberapa ada yang suka ikut campur. Duh!

Jangan ceritakan semuanya via www.purewow.com

Awalnya kamu mungkin merasa aman dan nyaman mengobrol dengan saudara ipar karena dia yang lebih tahu pasanganmu lebih lama daripada kamu. Dia terlihat seolah mendengarkan dan memberi solusi hingga akhirnya bisa jadi kamu kebablasan menceritakan dan dia jadi semakin sering kepo serta ikut campur saat kamu akan mengambil keputusan. Sebaiknya kamu membatasi beberapa hal untuk tak diceritakan kepadanya.

6. Sebelum ada kamu, mungkin iparmu adalah orang yang paling disayang pasanganmu. Setelah ada kamu bisa jadi dia merasa iri

Hih! Iri! via www.sweetyhigh.com

Karena perhatian yang sebelumnya dicurahkan penuh untuknya sekarang pindah kepadamu, perasaan iri dengki bisa saja dirasakan. Namun kamu bisa mengatasinya dengan tetap bersikap ramah dan tidak angkuh. Mengajaknya jalan-jalan atau menghabiskan waktu bersama juga bisa kamu coba sehingga dia yang awalnya mungkin tak begitu menyukaimu, perlahan-lahan justru menjadi yang sebaliknya.

Meskipun sering bermasalah, kamu tetap bisa kok berhubungan baik dengan saudara iparmu. Kuncinya jangan mudah terbawa emosi apalagi baper. Semoga sedikit tips ini bisa membantu ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya