Sahabat menikah dalam waktu dekat? Hayo, pasti ada nih yang masih berharap-harap cemas, bakal kebagian seragam bridesmaid atau nggak. Berharapnya pun bukan kain doang, tapi juga dapat kotak hampers cantik, yang isinya ada tulisa ‘Will You Be My Bridesmaid?’ itu ditambah pernak pernik tambahan seperti aksesori dan sebagainya.

Guys, sebagai sahabat sejati baiknya kita jangan keburu mengharapkan hal-hal semacam itu dulu dari sahabat-sahabat kita yang sudah kerepotan dengan aneka perintilan urusan pernikahannya yang memusingkan. Ingat, urusan katering dan sewa gedung sampai bayar vendor semua butuh biaya besar lo. Syukur-syukur kalau teman ada bujet buat bagi seragam ke kita, tapi kalau nggak pun kita sebagai para sahabat tetap bisa mendukungnya dengan melakukan hal-hal lain yang lebih berfaedah. Misalnya, dengan melakukan 6 hal berikut ini.

1. Daripada menunggu teman membagikan kain seragam yang tentunya harganya nggak murah, kenapa nggak kamu dan para sahabat inisiatif saja patungan untuk berburu kain bersama?

Jadi bridesmaid yang lebih helpful via www.rockmywedding.co.uk

Advertisement

Seleranya bisa kalian yang tentukan, yang penting tema bajunya nggak jauh melenceng dari tema resepsi pernikahan sahabatmu. Toh bajunya juga kalian juga kan nantinya yang pakai?

2. Berikan tawaran pada sahabatmu jika dia butuh teman untuk menemani survey vendor-vendor. Kadang ada saatnya sahabatmu butuh teman jalan, tapi mau ngajak suka sungkan

Nawarin nemenin belanja atau survey tanpa diminta, tapi nggak maksa juga~ via www.theknotnews.com

Karena sudah pada sibuk dengan kerjaan masing-masing, kadang sahabat suka nggak enak gitu mau minta tolong. Sebelum teman bersuara, nggak ada salahnya kok kalian menawarkan duluan. Tapi ingat jangan memaksa ya~

3. Sahabatmu pasti sudah pusing dan mumet banget. Nggak ada salahnya mengumpulkan referensi vendor yang terkesan receh dan mudah terlupakan untuk dia pertimbangkan. Cari vendor untuk buket bunga atau MC misalnya?

Bantuin yuk temennya! via singaporebrides.com

Kadang buket bunga jadi hal yang terabaikan, ujung-ujungnya di hari H jadi kurang memuaskan. Atau kamu punya kenalan dengan koneksi MC yang oke dan harga terjangkau. Nggak ada salahnya deh, bantu sahabatmu berburu vendor dengan kualitas oke dan tarif sesuai bujet. Urusan dia pilih yang mana, kembali ke selera pengantinnya saja.

4. Bantu sahabatmu membuat daftar nomor darurat vendor yang harus dia hubungi di hari H dan tawarkan untuk menjadi tangan kanannya. Atau kamu juga bisa tawarkan ke teman lain yang lebih jago berkoordinasi dengan orang lain

Biar teman nggak panik~ via www.youworkforthem.com

Advertisement

Kalau kamu merasa oke dalam berkomunikasi dengan beraneka ragam orang, kamu bisa mengajukan diri jadi relawan untuk menjadi sambungan tangan sahabatmu yang pastinya bakal kesulitan menghubungi macam-macam vendor di hari H. Kalau nggak, kamu bisa menawarkan ke sahabat lain yang lebih mumpuni. Intinya sih, kamu dan sahabat yang lain bisa mengurangi kepanikan sahabatmu untuk mengontak para vendor di hari H.

5. Di hari H, kamu dan para sahabat pun bisa jadi fotografer tambahan untuk merekam setiap momen bahagia sahabat dan pasangan. Jangan malah sibuk selfie sendiri doang~

Jangan sibuk sendiri dong via theselfiepost.com

Nggak dosa sih berfoto ria di hari bahagia sahabat. Tapi jangan lupa juga, abadikan momen bahagia sahabatmu lebih banyak. Jadi doi punya lebih banyak opsi foto dan video untuk disimpan atau dibagikan~

6. Terakhir, jangan lupa di hari H muncul pagi-pagi di rumah atau tempat sahabatmu mempersiapkan diri buat bantu-bantu. Jangan datang di venue acara jadi sekadar tamu cantik doang~

Hayo, pernah lihat para bridesmaid datang terlambat dan masuk ke tempat resepsi buat foto-foto doang? Duh, jangan begini ya. Kasihan sahabatmu, yang pastinya sudah kerepotan sejak pagi hari. Meski doi sudah menyewa wedding organizer, tetap saja bakal lebih nyaman kalau ada orang-orang kepercayaannya yang hands on untuk dimintai tolong kan?

Saat menikah, temanmu sudah punya banyak tanggungan dan pikiran. Syukur-syukur kalau doi punya waktu dan bujet lebih untuk membagikan seragam dan memanjakan sahabat-sahabatnya yang tersayang. Tapi kalau ternyata nggak ada dana dan bujet, jangan buru-buru ngambek dan baper. Yuk bahagiakan sahabat di hari istimewa. Kalau mereka bahagia, kamu pasti ikut bahagia kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya