5 Pernikahan Unik Semasa Pandemi Tahun 2020. Momen Penuh Haru yang Pelopori Konsep Baru

pernikahan unik 2020

Tahun 2020 ini mungkin menjadi sebuah tahun yang berat bagi beberapa pasangan, apalagi mereka yang sudah jauh-jauh hari merencanakan untuk menggelar pernikahan. Salah satu resolusi yang sudah disiapkan akhirnya gagal dicentang atau tetap terlaksana tapi jauh dari rencana semula karena Corona. Meskipun demikian, dengan kekuatan cinta akhirnya tetap banyak pernikahan yang digelar dengan unik dan malah jadi momen berkesan yang tak terlupakan.

Advertisement

Banyak pasangan yang tahun ini memutar otak supaya pernikahannya tetap terlaksana sesuai dengan protokol kesehatan. Yuk kita simak ide-ide seperti apa yang sudah terlaksana melalui beberapa pernikahan unik masa pandemi berikut ini!

1. Salah satu ide pernikahan unik yang jadi terobosan di tahun ini adalah pernikahan drive thru yang pernah dilakukan oleh pasangan asal Malaysia ini

Drive thru/ Credit: Dinas Bridal via www.facebook.com

Untuk menghindari adanya kerumunan maka pasangan bernama Ikin dan Mon memilih konsep pernikahan drive thru pada bulan Maret lalu. Tamu yang datang mengantre di dalam mobil untuk mengucapkan selamat tanpa perlu turun dari mobil untuk bersalaman, mereka menggantinya dengan menaruh tangan di depan dada saja. Angpau sumbangan juga bisa dimasukkan ke dalam kotak yang diletakkan tak jauh dari jangkauan mobil. Nah, jika biasanya makanan diambil dengan cara prasmanan, kali ini tamu yang datang bisa membawanya pulang dalam bentuk bungkusan. Melalui cara-cara tersebut, kontak antar manusia bisa diminimalisir sehingga tak ada penyebaran.

2. Pernikahan mewah dengan banyak tamu harus rela ditunda, pasangan Srilanka ini menggantinya dengan menyumbangkan makanan kepada yang membutuhkan

Charity/ Credit: AP Photo via www.loopjamaica.com

Salah satu konsep pernikahan yang juga jadi sering dilakukan tahun ini adalah konsep charity di mana uang yang harusnya digunakan untuk menjamu banyak tamu undangan dialihkan untuk mereka yang membutuhkan. Darshana Kumara Wijenarayana dan Pawani Rasanga yang awalnya akan mengundang 250 tamu undangan akhirnya memilih melaksanakan pernikahan sederhana lalu membagikan makanan kepada warga dan mainan kepada anak-anak. Uniknya mereka tetap memakai baju pengantin dan membagikan langsung dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Advertisement

3. Pernikahan ternyata ada yang tetap bisa digelar ‘di luar KUA’ dengan konsep ecofriendly, yang bikin unik maharnya berupa APD

Mahar APD/ Credit: Kiki Dian S via joglosemarnews.com

Dua pasangan asal Bantul tetap menikah di KUA Banguntapan tapi bukan di dalam kantor, melainkan di bagian kebun yang jadi venue pernikahan cantik dan terasa dekat dengan alam. Salah satu yang unik adalah bahwa mahar yang dipilih selain alat salat adalah Alat Pelindung Diri (APD) yang dirancang dengan konsep ecoprint memadukan tradisi dan eco style untuk disumbangkan ke PMI Bantul. Walau ada dua pasangan pengantin namun tetap hanya ada 10 orang di venue untuk menerapkan social distancing.

4. Salah satu gebrakan yang dilakukan oleh sebuah wedding organizer dari Jogja adalah adanya virtual wedding dengan green screen

Greenscreen/ Credit: GM Pro via www.instagram.com

Tahun 2020 ini sebuah wedding organizer dari Jogja, GM Production sempat ramai dibicarakan karena membuat gebrakan berupa pernikahan virtual. Pengantin bebas memilih template sebagai latar, mereka juga tetap bisa memasang dekorasi. Akan tetapi, makanan, suvenir, dan sumbangan diberikan tanpa perlu berkontak langsung. Tamu juga bisa menyaksikan melalui live streaming, sedangkan pengantin bisa melihat mereka melalui layar yang ditampilkan.

5. Sepinya pernikahan akibat tak ada tamu undangan yang datang, pasangan San Fransisco ini dapat kejutan berupa foto orang-orang di kursi gereja

Advertisement

Tamu foto/ Credit: Vincens Forns via www.pulse.com.gh

Pasangan Parris Khachi dan Emily Manashi menggelar pernikahannya di sebuah gereja bernama St. Ignatius, San Fransisco. Di pernikahannya, mereka mendapat kejutan berupa foto-foto jemaat gereja yang ditempel di bagian bangku kosong, foto ini disiapkan oleh pihak gereja. Walaupun tak ada tamu sungguhan yang datang namun pernikahan mereka juga disiarkan secara langsung supaya keluarga besar bisa menyaksikan.

Nah, pernikahan-pernikahan unik tersebut baru beberapa saja dari yang diberitakan tahun ini dan bisa dijadikan ide bagi pasangan-pasangan lain yang masih bingung membuat konsep seperti apa di kala pandemi. Selalu ada secercah momen kasih sayang di masa-masa sulit sekalipun, untungnya sekarang sudah ada teknologi yang semakin maju untuk membagikan momen bahagia tersebut.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE