Ada banyak cara untuk bonding dengan anak, salah satunya dengan membacakan dongeng untuknya. Kegiatan ini bisa dilakukan kapan saja. Akan tetapi agar cerita dan pesannya lebih mudah diingat, lebih baik jika hal ini dilakukan sebelum si kecil tidur. Selain sebagai sarana bonding, membacakan cerita untuknya juga bisa sekaligus menanamkan pendidikan karakter melalui pesan moral yang terkandung di dalamnya lo.

Nah, demi mengoptimalkan pembacaan dongeng, sebagai orang tua kamu perlu lebih selektif memilih cerita-cerita yang mengandung pelajaran hidup di dalamnya. Jika masih bingung apa saja cerita yang bisa dipilih, kamu bisa membacakan beberapa dongeng anak di bawah ini di malam yang berbeda. Simak sampai habis ya!

1. Salah satu cerita yang cukup populer adalah cerita tentang Si Kelinci dan Kura-kura. Ceritanya mengajarkan agar tak sombong dan meremehkan lawan (atau teman)

Kelinci vs Kura-kura/ Credit: Kelincipedia via kelincipedia.com

Advertisement

Kisah ini menceritakan seekor kelinci yang merasa memiliki kemampuan berlari yang cepat sehingga ia ingin mengajak kura-kura yang menurutnya lambat untuk lomba lari. Ia mengabarkan lomba ini ke semua hewan. Di saat pertandingan, kelinci memang dapat melesat cepat dan kura-kura tertinggal jauh di belakangnya. Namun, mendekati garis finis si kelinci justru tidur di bawah pohon karena ia yakin kura-kura masih jauh. Ternyata ia tidur terlalu pulas dan kura-kura dapat menyalipnya hingga menang.

Pesan yang ingin disampaikan adalah agar tidak lekas sombong dan lalai serta meremehkan kemampuan orang lain.

2. Jika ingin anakmu menjadi sosok yang percaya diri hingga berani mengambil risiko, cerita cermin ajaib bisa kamu bacakan

Cermin Ajaib/ Credit: Barnes and Noble via www.barnesandnoble.com

Cermin ajaib menceritakan kisah raja Granada yang mencari sosok penting di kerajaannya. Ia akhirnya menggelar sayembara untuk mengisi posisi tersebut. Seseorang yang ingin mendaftar haruslah menghadap cermin yang kabarnya dapat menunjukkan kebaikan serta keburukan orang yang bercermin selama hidup. Akhirnya banyak yang patah semangat karena merasa memiliki terlalu banyak keburukan. Tapi masih ada satu orang yang berani mengajukan diri karena merasa semua orang pasti memiliki dosa. Saat menghadap kaca, raja berkata bawa itu hanyalah cermin biasa untuk menguji kepercayaan diri orang.

Advertisement

Dari cerita ini, anak bisa semakin optimis untuk menggapai sesuatu dan tidak minder duluan. Pun seseorang tak boleh kalah dengan ketakutannya sendiri.

3. Cerita fabel yang layak dibacakan lainnya adalah cerita tentang seekor tikus dan singa yang mungkin tampak bukan teman baik namun saling membantu pada akhirnya

Bersahabat/ Credit: Bacaan Cerita Dongeng via www.bacaanceritadongenganak.com

Cerita ini diawali oleh tikus yang jahil membangunkan singa yang sedang tidur. Singa menangkap si tikus yang kemudian menangis mohon dilepaskan. Karena tak tega akhirnya ia benar-benar dilepaskan. Setelahnya, tikus mendengar singa menangis karena terjebak jerat pemburu. Akhirnya ia menghampiri dan melepaskan dengan cara menggigit-gigit jaring yang ada. Singa bebas dan mereka akhirnya berteman baik.

Pelajaran yang bisa diajarkan oleh tikus dan singa adalah bahwa berbuat baiklah kepada siapa saja, kita tidak tahu apakah suatu hari membutuhkan bantuan orang lain juga. Tapi, bukan berarti mengharapkan balasan juga ya.

4. Serakah merupakan hal yang tak baik. Cerita tentang pulau matahari bisa kamu bacakan untuk mennjauhkan si kecil akan hal ini

Pulau Matahari/ Credit: World Stories UK via worldstories.org.uk

Cerita ini mengisahkan kakak adik yang ditinggal orang tuanya. Tapi, mereka mendapatkan warisan yang harusnya dibagi dua dengan adil. Si kakak mengambil bagian yang lebih besar daripada adiknya yang hanya diberi keranjang dan pisau. Karena adik baik hati, ia menerima bahkan akhirnya ada seekor burung yang melihat kemiskinannya mengajak si adik ke Pulau Matahari yang penuh emas. Ia hanya dibolehkan mengambil satu koin emas saja dan akhirnya menurut. Kakak yang tidak terima akhirnya pura-pura miskin agar diajak juga. Namun ia malah mengambil semua emas yang ada hingga sadar bahwa burung telah meninggalkannya dan ia mati terbakar di sana.

Dari sini pesannya sudah cukup jelas yaitu agar tidak serakah.

5. Kura-kura tampaknya sering dijadikan tokoh di dongeng anak. Di cerita Kura-kura dan Angsa, ia juga mengambil peran

Kura-kura terbang/ Credit: Wattpad via www.wattpad.com

Kura-kura tidak terima karena hanya bisa hidup di air dan di darat saja tanpa bisa terbang. Akhirnya ia memaksa angsa untuk membawanya terbang dan si angsa menurut. Ia membawa sebuah kayu dan meminta kura-kura untuk berpegangan di sana, namun karena tak bisa menggunakan tangannya kura-kura memilih menggunakan mulutnya untuk mencengkeram. Saat sudah terbang ia pamer dan menyombongkan diri. Saat itu ia lupa bahwa mulutnya harus mencengkeram, akhirnya ia jatuh tapi selamat karena tempurung yang dulu dibencinya.

Kesombongan bisa mendatangkan petaka bagi pelakunya. Anak-anak diharapkan menjadi orang-orang yang rendah hati.

6. Cerita yang mengajarkan tentang keserakahan kali ini diperankan oleh petani dan angsa yang bertelur emas

Angsa dan telur emas/ Credit: Wattpad via www.wattpad.com

Seorang petani menemukan seekor angsa yang kemudian dirawatnya. Ternyata angsa ini mampu bertelur emas yang dikeluarkan satu setiap harinya yang membuat petani ini hidup berkecukupan. Namun suatu hari ia memiliki ide untuk mengambil semua telur yang ada di tubuh si angsa. Saat akhirnya menyembelih si angsa ternyata hanya ditemukan daging saja tanpa ada banyak telur di sana. Akhirnya petani ini kehilangan penghasilan hariannya.

Petani ini kehilangan hal yang selama ini diandalkan karena keinginannya untuk mendapatkan lebih.

Tak harus selalu mengajarkan secara eksplisit, kamu bisa kok tetap mengajari anakmu akan sesuatu melalui dongeng anak seperti ini. Karena biasanya cerita seperti ini lebih mudah diterima serta menghibur sehingga tanpa sadar lebih mudah masuk dan diingat selalu. Selamat mendongeng ya, Mama Papa~

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya