Tahun 2020 akan datang sebentar lagi. Jangan dikira kamu masih punya banyak waktu untuk persiapan jika pernikahanmu akan digelar di awal tahun. Kamu sudah perlu menyusun apa-apa saja  yang masih kurang termasuk hal yang kelihatannya sepele padahal bisa jadi merupakan elemen yang penting. Salah satunya adalah suvenir pernikahan yang pada tahun 2020 memiliki tren tersendiri sesuai dengan konsep besar yang akan diangkat. Meskipun di Indonesia tren pernikahan yang biasanya diangkat memiliki dua tema besar yaitu adat atau internasional, tapi tren dari luar juga bisa mempengaruhi lo.

Dilansir dari Vogue, tema besar pernikahan di 2020 adalah tentang personalitas dimana trennya justru pengantin berhak mengustom pernikahan sesuai dengan kepribadian mereka. Pun pernikahan yang memerhatikan lingkungan dan zero waste akan menjadi primadona. Kita simak yuk apa saja suvenir yang diprediksi menjadi tren!

1. Sejalan dengan konsep besar pernikahan, biji-bijian akan menjadi salah satu suvenir yang banyak dipilih

Suvenir kopi/ Credit: Soglos via www.soglos.com

Advertisement

Belakangan, biji-bijian seperti kopi atau benih tanaman mungkin sudah berhasil menjadi sebuah tren untuk suvenir. Hal ini akan berlanjut karena sesuai dengan tema ramah lingkungan yang sudah mulai diangkat. Belum lagi, mulainya kebiasaan untuk mengonsumsi sesuatu yang organik.

2. Untuk mengganti gelas plastik sekali pakai, botol juga bisa menjadi sesuatu yang dibagikan kepada tamu undangan

Suvenir botol cantik/ Credit: Anaria Wedding via anaria-wedding.com

Maraknya berbagai minuman hits kekinian yang biasanya menggunakan gelas plastik sebagai wadahnya dapat menambah volume sampah. Alih-alih, tamu yang datang bisa meningkat kesadarannya jika suvenir yang diberikan adalah botol yang bisa digunakan berulang kali.

3. Serasi dengan botol, sedotan kekinian yang dibuat selain dari plastik juga masih menjadi primadona

Suvenir sedotan bambu/ Credit: Haimuna Souvenir via haimunasouvenir.blogspot.com

Dibalik berbagai pro dan kontra, sedotan ini bisa dipakai untuk menjadi suvenir pernikahan dengan alasan lebih praktis dan lebih ramah lingkungan dibandingkan sedotan yang dibuat dari plastik.

4. Selain menggantikan kantong plastik untuk belanja, tote bag bisa dipakai untuk membawa banyak hal

Tote bag serba guna/ Credit: Tokopedia via www.tokopedia.com

Advertisement

Banyak gerakan yang menyerukan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Hal ini bisa diganti dengan tote bag yang bisa dipakai berulang kali. Permukaannya pun bisa kamu kustom dengan desain yang bisa kamu sesuaikan dengan tema acara pernikahan.

5. Selain yang ramah lingkungan, hal-hal lain yang jarang terpikirkan namun tetap memberikan kesan personal bisa kamu terapkan

Sarat kesan personal/ Credit: Heavy.com via www.idntimes.com

Contohnya, kamu bisa memberikan sebuah gantungan baju yang bisa kamu kustom dengan nama tamu jika pernikahanmu memiliki sedikit undangan. Sehingga tanpa perlu memberikan sepaket pun tamumu sudah akan terkesan.

6. Alat-alat makan dari kayu juga tak hanya ramah terhadap lingkungan, tapi juga memberikan kesan personal yang bisa kamu tunjukkan dari kemasannya

Alat makan dari kayu/ Credit: Joglo Jawi via joglojawi.com

Sebenarnya tak harus dari kayu, alat makan dari logam juga bisa kamu pilih. Akan tetapi, kesan personal akan lebih bisa didapat dari peralatan yang terbuat dari kayu, apalagi dengan kemasan sedemikian rupa yang membuatnya terlihat benar-benar dipilihkan yang terbaik untuk sang tamu.

7. Untukmu yang tidak suka ribet, voucher belanja atau pulsa bisa juga lo diberikan sebagai suvenir pernikahan

Senangnya dapat voucher/ Credit: English Wedding via english-wedding.com

Siapa yang tak suka mendapatkan potongan harga? Walau tak seberapa, mendapatkan voucher akan membuat seseorang merasa senang. Pun hal ini akan lebih bermanfaat dan tidak hanya berakhir dengan hilang entah dimana.

Selain benda-benda di atas, kamu juga bisa memilih suvenir-suvenir lain yang menurutmu paling cocok dengan persona yang kamu punya, karena hal itulah yang menjadi semangat utama konsep pernikahan di tahun 2020 mendatang selain cinta terhadap lingkungan.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya