Selain saat lagi jatuh cinta, kehamilan juga membawa perubahan besar terhadap tubuh wanita. Bumil nggak hanya akan merasakan bahwa ada jabang bayi di dalam perutmu, tapi juga hal-hal yang bisa dibilang aneh terjadi di tubuhnya. Mmm, sebenarnya ada juga yang cenderung menjijikan sehingga sering bikin bumil merasa nggak nyaman. Perubahan tubuh ini biasanya sudah terlihat semenjak trimester pertama kehamilan.

Biar kamu nggak kaget nantinya, coba deh perhatikan beberapa gambaran aneh tentang perubahan fisik yang bakal dialami saat hamil. Ini bukan cuma soal perut yang menyembul~

1. Timbul melasma alias pigmentasi kulit mirip belang yang biasanya muncul pada area yang terkena matahari seperti pipi, dahi, dan hidung

timbul bercak hitam di kulit via dermacarehr.com

Advertisement

Melasma atau chloasma disebabkan oleh tubuh yang memproduksi melanin berlebih untuk melindungi kulit dari ultraviolet. Sekitar 70% calon ibu mengalami kondisi ini, terutama mereka yang kulitnya gelap.

2. Urat nadi muncul di mana-mana, tubuhmu jadi mirip peta berjalan

urat nadi yang terlihat jelas via www.medermesthetics.com

Saat hamil, tubuh akan memproduksi sel darah merah lebih banyak dan memberikan tekanan pada pembuluh kapiler, yang juga lebih sensitif saat kehamilan. Biasanya nampak jelas di pipi, sekitar dada, dan kaki.

3. Puting payudara dan sekitarnya (areola) juga berubah warna menjadi lebih gelap, lagi-lagi karena pigmentasi akibat peningkatan hormon

puting jadi lebih gelap via www.medicalnewstoday.com

Puting yang lebih gelap ini kelak akan membantu bayi mengenalinya saat akan menyusu karena di awal kehidupannya dia hanya bisa membedakan rasa dan warna yang kontras saja.

4. Nggak hanya berubah warna, daerah sekitar areola juga akan dipenuhi bintik kemerahan mirip jerawat

ada bintik di areola via naturalhealthcourses.com

Advertisement

Perubahan ini wajar terjadi dan disebut dengan tuberkel montgomery yang mengeluarkan kelenjar minyak untuk membantu melumasi areola dan puting susu selama kehamilan dan menyusui.

5. Ukuran payudara bertambah, kadang besarnya juga nggak sama. Tenang, ini normal kok!

payudara bertambah besar via midwifeandlife.com

Payudara akan terasa lebih lembut, nyeri, lebih sensitif, terasa lebih berat dan penuh karena dipicu oleh perubahan hormon dalam tubuh sebagai persiapan diri untuk menghasilkan ASI.

6. Mulai muncul stretch mark seiring bertambah berat badan, biasanya bikin gatal dan bikin tampilan kulit jadi nggak cantik

selulit yang kadang gatal via www.parents.com

Pemicu stretch mark atau selulit adalah akibat peregangan berlebihan pada kulit dalam waktu yang cepat. Kehamilan menyebabkan kulit lebih mudah tertarik dari biasanya. Selain itu, tingginya kadar hormon juga bisa mengganggu keseimbangan protein pada kulit dan membuatnya lebih tipis.

7. Jangan kaget kalau ada garis gelap melintang yang membelah perut sampai rambut kemaluan

linea nigra via naturalhealthcourses.com

Garis vertikal pada perut yang biasanya muncul sekitar trimester kedua ini disebut linea nigra. Otot perut akan meregang karena pigmentasi dan sedikit memisah untuk memberi ruang pada bayi. Garis ini akan memudar dalam beberapa minggu setelah melahirkan.

8. Terkadang, ibu hamil juga akan mengalami mimisan atau pun gusi berdarah karena volume darahnya yang meningkat drastis

mimisan via bodyadvices.com

Peredaran darah menuju hidung dan gusi meningkat selama kehamilan karena lonjakan hormon. Jangan kaget kalau sewaktu-waktu bumil mengalami mimisan atau gusi berdarah.

9. Beberapa ada yang mengalami pertumbuhan rambut di area yang nggak biasa seperti di dada misalnya

pertumbuhan rambut lebih cepat via www.healthline.com

Ini terjadi karena aktivitas hormon estrogen yang berlebih, juga karena aliran darah dan metabolisme yang lebih cepat sehingga bikin rambut dan kuku tumbuh dengan suburnya.

10. Selalu merasa gerah dan kepanasan, termasuk sering berkeringat di area lipatan kulit atau di bagian tubuh yang tersembunyi

cepat gerah via blog.pregistry.com

Metabolisme tubuh bumil akan meningkat dan volume darah yang melonjak hingga 40 persen untuk menyesuaikan dengan kebutuhan si kecil. Semua reaksi alami tersebut pada akhirnya menghasilkan hawa panas yang menjadikan bumil merasa cepat gerah.

11. Tiba-tiba pipis, kentut, bahkan BAB tanpa sadar, bahkan karena bersin atau tertawa

sering pipis via monbaby.com

Seiring perkembangan bayi, rahim akan ikut membesar dan menekan kandung kemih dan membatasi kemampuan kandung kemih untuk diisi air seni. Untuk menghindari ngompol di mana-mana, baiknya pakai pantyliner ya!

12. Belum lagi cairan atau lendir yang keluar dari vagina bumil, bisa bermacam-macam deh pokoknya!

keputihan selama hamil via www.checkpregnancy.com

Kemungkinan besar bumil bakal mengalami keputihan dan perdarahan ringan atau nge-flek. Ini normal terjadi pada kehamilan. Bercak darah pada awal kehamilan mungkin menjadi tanda bahwa sel telur yang sudah dibuahi sperma sudah berhasil menempel dalam dinding rahim.

Perubahan-perubahan yang sudah Hipwee tuliskan hanyalah beberapanya saja dari berbagai kondisi yang bakal dialami bumil di masa-masa mengandungnya. Tapi, hal-hal aneh dan jarang ditemui di kehidupan sehari-hari ini bukan berarti menjadi pengurang kebahagiaan bumil. Justru, berbagai perubahan ini bisa jadi pemicu untuk berbahagia jika mau menikmatinya. Ingat, sebentar lagi si kecil akan hadir untuk menghiasi keluarga kecilmu 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya