Kehidupan setelah menikah tak akan pernah sama dengan yang kamu jalani saat sebelum menikah. Kalau kamu kira perubahannya bakal drastis banget setelah resmi berdua, tunggu saja sampai kamu bertiga, berempat dan seterusnya dengan anak. Banyak hal yang sebelumnya tak pernah kamu duga, terlintas di pikiran saja nggak–malah jadi hal yang harus kamu terima dan hadapi dengan lapang dada. Seram? Seru? Lempeng saja? Semuanya biasanya jadi campur aduk semacam gado-gado.

Saat anak lahir, saat itulah para orangtua pun lahir jadi sosok yang bahkan nggak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Advertisement

Untuk kamu yang penasaran dan bertanya-tanya, gimana rasanya hidup setelah punya anak, mungkin ilustrasi dari Boredpanda ini bisa sedikit mewakili perasaan para orangtua muda di luar sana. Meski terkesan ribet, rempong dan sebagainya percayalah, hidup berkeluarga itu serunya nggak ada yang nandingin sih. Indah iya, kadang bete juga iya. Namanya juga hidup, kalau flat saja malah jadi membosankan kan? Hehe!

1. Kalau dulu bepergian dengan tas jinjing mungil cukup buat dompet dan ponsel saja, sekarang bawaannya untuk anak sudah macam mau pindah rumah. Semua dibawa!

Habis punya anak, bawaanya segambreng via medium.com

2. Pas lihat anak orang lain, kamu mungkin bakal merasa mereka lucu, menggemaskan bak malaikat turun dari surga. Begitu sudah punya, kamu pun mulai mempertanyakan eksistensimu di dunia. “Kok gue gini amat yak…”

Baru berasa encoknya setelah punya sendiri via medium.com

3. Kalau dulu kamu bisa bebas bepergian ke mana saja kamu suka, sekarang sih lebih sering mantengin urusan rumah yang seolah nggak pernah selesai

Dalem banget, nggak sih? via medium.com

4. Berhubungan seks zaman masih berdua terasa begitu ‘panas’ dan menggairahkan. Setelah punya bayi, kadang ya sekadar biar nggak sama sekali saja, haha *tertawa miris*

Kudu serba cepat! via medium.com

5. Waktu bebas pas masih berdua kayak nggak ada habisnya. Begitu punya anak kecil, itu jadi semacam angan belaka…

Liburan saat punya newborn cuma jadi angan via medium.com

6. Dulu pergi belanja seakan tanpa beban. Sekarang… semacam piknik keluarga yang banyak arena bermain anaknya. Ramai!

Makin ribet dan makin lama setelah punya krucil via medium.com

7. Kalau dulu pergi bekerja dianggap ‘rutinitas membosankan’, setelah punya anak justru malah jadi arena istirahat melepas penat

Beda banget via medium.com

8. Seorang ibu jarang banget bisa tepat waktu. Antara kepagian atau justru terlambat sekalian. Soalnya gara-gara anak tiba-tiba pup saja urusan jadi bisa panjang

Urusan bisa ruwet kalau anak mendadak pup via medium.com

9. Setelah punya anak, harus lebih banyak mengalah dengan acara kartun di TV. Sayang anak, sayang anak…

Lebih banyak nonton kartun daripada yang lain via medium.com

10. Dulu masih punya banyak waktu luang untuk masak yang ribet-ribet buat berdua. Sekarang masak buat anak saja sudah lelah, apalagi buat berdua pasangan?

Bye bye acara masak-masak yang ribet! via medium.com

11. Kalau dipetakan, alokasi tempat tidur anak bakal lebih besar daripada tempatmu dan pasangan. Siap-siap kasur dimonopoli si kecil!

Siap-siap tempat tidur cuma kebagian dikit via medium.com

12. Main ponsel sudah jadi hal yang agak sulit di rumah. Kalau nggak direcoki kerjaan ya direcoki anak yang minta ditemani main~

Jangan main hape mulu ya, Papa! via medium.com

13. Dulu melihat hasil karya apapun suka nggak paham. Setelah punya anak, sesederhana apa pun semacam bangga nggak ketulungan…

Semua karya anak mendadak jadi terlihat hebat via medium.com

14. Kata siapa ibu boleh sakit di rumah? Haram itu hukumnya!

Nggak ada cerita Mama boleh sakit… via medium.com

15. Nggak kebayang kan dulu liur dan pup bakal jadi teman sehari-hari kamu? Jijik sih sudah pasti. Tapi tunggu sampai kamu punya bayi sendiri. Seru kok, seru 🙂

Sudah bye bye dengan segala hal menjijikkan via medium.com

16. Selamat tinggal makan malam romantis bareng pasangan. Setelah punya bayi, siap-siap bakal sering diuji imannya saat anak mulai suka GTM (gerakan tutup mulut)

Drama makan yang seringnya membuat frustasi via medium.com

Selucu apa pun anak, akan ada masa-masa kamu kangen saat masih berjuang sendirian (ayo, harus jujur lo!). Tapi bukan berarti kamu nggak mensyukuri apa yang kamu jalani sekarang. Yang sedang berjuang jadi orangtua muda, semangat terus ya, masa-masa sekarang akan segera berlalu dan bakal kamu rindukan! Yang berencana menikah dalam waktu dekat, siapkan mental bukan untuk yang manis-manis saja tapi juga untuk momen-momen penuh perjuangan begadang, frustasi dan kelelahan. But after all, segala kepuasan itu nggak akan ada bandingannya bagi yang memang sungguh merindukan sosok anak. Nah, buat yang suka mengutuk kejombloannya, yakin sudah siap menikah?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya