Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah pertikaian antara si kecil dengan temannya. Tak hanya berguna di masa sekarang, kelak tentu akan berguna di masa mendatang. Mengenalkan keberagaman sejak dini adalah salah satu kunci utama mendidik si kecil dalam keluarga.

Bukan cuma karena si kecil adalah ‘gambaran’ orangtuanya, tapi ini semua demi cara tumbuh kembang yang sehat untuknya. Tidak perlu bingung bagaimana cara memulai. Tanpa kita sadari, ternyata 4 hal sederhana ini bisa ajarkan si kecil mengenal keberagaman dan perbedaan, lo!

1. Daripada berbelanja sendiri, mending ajak si kecil untuk menemani dan melihat suasana toko

ajak si kecil belanja

Advertisement

Keramaian di luar rumah akan memperlihatkan konsep sederhana tentang keberagaman bagi anak-anak. Tak hanya melihat kakek-kakek yang rambutnya berwarna putih, mereka pasti akan mengamati teman lain yang seusia mereka. Warna rambut, kulit, dan banyak hal lain yang tentunya berbeda. Mereka akan mulai merekamnya dalam kepala, bahwa keberagaman adalah hal yang biasa.

2. Menghafal nama tempat saat perjalanan pulang, tentu sangat menyenangkan

menghafal nama tempat

Usai bepergian dengan mereka, sesekali cobalah menunjukkan tempat-tempat yang berhubungan dengan keberagaman. Kamu bisa menyuruh mereka menoleh ke samping kanan atau kiri untuk melihat sebuah bangunan yang disebut masjid atau gereja. Berikan ciri-ciri khusus yang mudah mereka ingat.

3. Membacakan buku cerita dengan gambar tokoh yang berbeda

bacakan buku cerita

Banyak cerita fabel yang cukup menarik dan memudahkanmu untuk mengenalkan keberagaman. Tak perlu ragu memilih buku, kamu bisa mencari cerita dengan tokoh ikan, monyet, semut, dan hewan lain. Tunjukkan pada mereka kalau warna ikan tak hanya satu saja. Ini akan sangat berguna bagi mereka nantinya.

4. Kenalkan mereka pada globe dan peta

kenalkan pada globe

Advertisement

Sejak kecil, Mama dan Papa harus mulai mengenalkan mereka pada dunia, supaya mereka tahu bahwa dunia ini sangat luas dan dihuni oleh berjuta-juta manusia yang berbeda. Kelak, mereka akan mengejar mimpi sampai ke sana, jadi berpesanlah bahwa mereka akan mendapatkan banyak teman bermain dari tempat yang sangat jauh.

5. Undang teman arisan ke rumahmu, biar si kecil bisa tahu

ajak teman ke rumah

Langkah terakhir adalah memberikan contoh nyata pada apa yang Mama Papa ajarkan. Sering kali melihat orangtua mereka berteman dengan banyak orang yang berbeda warna rambut dan kulitnya, akan terekam dengan baik pada ingatan mereka.

Coba deh, lakukan 5 hal sederhana ini. Kelak, saat mereka sudah dewasa, mereka tidak akan menjadi anak yang selalu menertawakan temannya hanya karena punya mata sipit atau rambut yang tidak lurus. Yuk, ajarkan nilai toleransi sejak dini!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya