Ibu adalah pekerjaan paling menyenangkan sekaligus melelahkan. Tiada hari tanpa ‘bekerja’ sekalipun kadang terlihat santai-santai saja. Mengemban tanggung jawab berat untuk mengurus anak dan keluarga, seorang ibu kerap dituntut untuk sempurna meski kenyataannya nggak ada yang bisa 100% sempurna, adanya ya hanya jadi yang terbaik semampunya buat keluarga.

Beberapa karakter ibu alias ‘Eomma’ dalam drama-drama Korea biasanya digambarkan dengan begitu dramatis, kadang terlihat berlebihan kadang yang terlihat ‘emak kita banget’. Dari sederetan ibu yang berseliweran di drama Korea, 5 ibu kesayangan dalam drama Korea pasti meninggalkan kesan mendalam karena peran mereka yang keren dan dekat dengan keseharian kita. Siapa saja nih, emak-emak K-Drama yang layak jadi panutan versi Hipwee? Cek ulasannya berikut ini!

1. Karakter ‘eomma’ yaitu sebutan ibu dalam bahasa Korea, yang sisi positifnya bisa jadi panutan adalah Uh Choon Shim dalam drama I Can Hear Your Voice, diperankan oleh aktris senior, Kim Hae Sook

Tipikal eomma-eomma Korea nih via www.soompi.com

Advertisement

Di dalam drama ini, Uh Choon Shim yang menjadi ibu dari bintang utama Lee Bo Young, diperankan oleh Jang Hye Sung merupakan sosok yang keras, tegas dan nggak segan-segan menghardik anaknya di muka umum saat mengecewakannya. Tapi di sisi lain, sang ibu memiliki kebanggaan besar tiada tara pada sang anak, yang ditunjukkan dengan menempeli sekitaran kompleks tokonya dengan poster anaknya setelah anaknya menjadi Public Defender atau Pembela Umum dan mendukung apapun usaha anaknya. Intinya, sekeras apa pun dia, pada akhirnya dia adalah ibu yang pernyayang dan suportif.

2. Karakter ‘Eomma’ dalam drama Reply 1988 dan Reply 1994 bahkan Reply 1997 diperankan oleh aktris yang sama, Lee Il Hwa. Kamu pasti setuju, karakter emak-emaknya diperankan dengan luar biasa!

Emang manis banget sih pasangan emak bapak ini via twitter.com

Bawelnya dapat, sayangnya dapat, perhatiannya dapat, bahkan pengorbanan sang ibu digambarkan dengan baik oleh karakter yang diperankan Lee Il Hwa ini. Makin ciamik lagi karena beliau dipasangkan dengan ‘suami’ yang sama di ketiga drama ini, yaitu Sung Dong Il. Keduanya bahkan dapat penghargaan ‘best couple‘ atas chemistry keren yang berhasil mereka bangun sebagai sepasang suami istri yang saling sayang, kadang bertikai tapi kompak luar biasa.

3. Ibunya Kang Mi-Rae dalam drama ‘My ID is Gangnam Beauty’, yaitu Na Eun Sim yang diperankan oleh Kim Sun Hwa mungkin hanyalah ‘peran kecil’. Tapi tanpa dia, tentu hidup Kang Mi Rae nggak akan berubah drastis

Mamanya Mi Rae yang sayang banget anaknya via marymekpop.com

Menjadi seorang ibu dari anak cerdas tapi terus-terusan stres karena di-bully gara-gara bertampang di bawah rata-rata masyarakat Korea memang serba salah. Meski mungkin berat bagi sang ‘eomma’ untuk melepas anaknya melakukan operasi plastik wajah, pada akhirnya dia menguatkan hati untuk membiarkan anaknya memilih jalan hidupnya, demi hidup baru dan kebahagiaannya sendiri. Intinya, sang ibu sangat menyayangi, mendukung penuh dan bahkan rela berkorban jadi tameng sang anak ketika ayahnya ngamuk setelah tahu anaknya melakukan operasi tanpa sepengatahuannya.

4. Selanjutnya, Lee Soo Im yang menjadi ibu sambung Woo Joo dalam drama hits Sky Castle pun layak jadi panutan karena keteguhannya untuk mengutamakan kebahagiaan anak di atas ego menjadi ibu sempurna

Lee Soo Im via berita.baca.co.id

Advertisement

Diperankan oleh Lee Tae Ran, sosok Lee Soo Im digambarkan sebagai ibu yang penuh pendirian, cerdas, penyayang, sangat peduli kebahagiaan dan menghormati hak anaknya. Sekalipun beliau bukanlah ibu kandung dari karakter Woo Joo, tapi Lee Soo Im digambarkan sangat mencintai bahkan rela melakukan segala hal untuk menyelamatkan anaknya.

5. Masih dari drama Sky Castle, ‘Eomma’ No Seung Hye dalam drama tersebut awalnya digambarkan lemah dan tak berdaya. Tapi setelah mengumpulkan kekuatan, ibu tangguh ini jadi benteng terkuat anak dalam keluarganya

Mamak cerdas via www.soompi.com

Diperankan oleh aktris Yoon Se Ah, ibu 3 orang dalam drama ini awalnya digambarkan jadi ibu yang tunduk penuh pada suami. Tapi lama kelamaan karena sudah tak tahan dengan sifat sang suami, beliau berubah haluan menjadi sosok ibu yang kuat dan teguh melawan patriarki dalam keluarganya. Sosok ibunya Se Ri ini digambarkan sebagai ibu yang kalem, jarang ribut-ribut tapi punya cara-cara elegan untuk ‘membalas’ tindakan keras dan ngaco dari sang ayah. Bahkan ketika sang ayah mengintimidasi anak-anaknya untuk terus belajar dan ketika Se Ri kedapatan melakukan tindakan penipuan, No Seung Hye ‘menghajar’ suaminya dengan trik cerdas tanpa kekerasan. Keren!

Buat para calon ibu, wajib cek deh drama-drama yang sudah Hipwee sebutkan di atas. Selain ceritanya seru dan layak diikuti, juga punya pesan-pesan moral yang oke buat kamu kelak mendidik anakmu. Intinya sih, nggak butuh jadi ibu sempurna untuk jadi ibu yang baik. Yang penting, kamu mencintai penuh anakmu dan tahu banget apa yang terbaik buat mereka. Setuju?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya