Jelang trimester akhir, biasanya para ibu hamil akan semakin gencar dalam mempersiapkan segala printilan bayinya. Saking semangatnya, kadang banyak ibu yang sampai lupa mempersiapkan hal yang paling esensial, yaitu mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk menunjang proses menyusui nanti. Nah lo, padahal ini adalah salah satu kebutuhan esensial bayi yang sangat berpengaruh pada tahap penting awal kehidupannya.

Sebelum kamu terlanjur salah persiapan, kali ini Hipwee Young Mom akan mengulas seputar apa saja persiapan ASI yang dibutuhkan jelang kelahiran. Ingat, jangan sampai persiapannya terlambat dan kamu malah kelabakan setelah bayinya sudah lahir. Meng-ASI-hi itu memang nggak mudah, tapi dengan persiapan yang cukup baik akan membantu mengurangi stres di bulan-bulan pertama saat menjadi ibu baru.

1. Luangkan waktu khusus untuk konsultasi dengan konselor ASI yang sudah lebih berpengalaman. Ini lo alasannya…

Kelas menyusui sebelum melahirkan itu penting~ via www.hopkinsmedicine.org

Advertisement

Kalau dulu mungkin berkonsultasi dengan konselor ASI itu hanya dilakukan saat proses meng-ASI-himu bermasalah, kini menghubungi konselor ASI lebih awal justru akan mencegah masalah yang bisa terjadi pasca melahirkan nanti. Memperoleh edukasi dan dukungan yang tepat seputar meng-ASI-hi sebelum melahirkan akan membantumu lebih siap menghadapi berbagai kemungkinan setelah melahirkan nanti.

Penting diingat, bukan cuma ibu saja yang wajib mengikuti kelas konseling laktasi tapi juga ayah dan bahkan ibu atau mertua yang kelak akan menjadi supporter-mu selama menyusui nanti. Kamu bisa mendapatkan konseling laktasi ini dari rumah sakit tempat kamu biasa kontrol atau googling yayasan AIMI ASI terdekat di kotamu.

2. Pahami tubuhmu dengan baik. Proses meng-ASI-hi itu bukan proses yang mudah, tapi juga nggak sesulit yang kamu bayangkan asalkan kamu sudah paham dasarnya

nikmati kehamilan dan pahami tubuhmu karena masing-masing orang itu berbeda via www.momjunction.com

Dilansir dari Today’s Parent, salah satu persiapan penting jelang melahirkan adalah memahami kondisi tubuhmu dengan baik. Memahami bentuk payudara dan putingmu sangat penting, agar kamu tahu trik mempersiapkan ASI-mu nanti. Misalnya nih, sejak awal kamu sudah tahu cara menyiasati puting yang masuk ke dalam agar tetap bisa menyusui dengan normal. Selain itu kamu juga perlu membuat daftar, makanan atau hal apa saja yang bisa jadi ASI booster-mu kelak.

3. Mulai berburu barang-barang yang bisa mendukungmu untuk meng-ASI-hi. Jangan sampai telat belanjanya pas adik bayi sudah lahir!

Siapkan daftar belanja dan jangan lupakan printilan menyusui juga ya! via babyandchild.ae

Advertisement

Yuk, mulai persiapkan barang-barang pendukung untuk proses menyusui. Dari sekarang kamu bisa mulai mencari referensi dan review seputar alat pompa ASI, kantong ASI perah, alat-alat sterilizer sampai bantal menyusui yang bisa mendukung proses menyusuimu nanti. Jangan lupa sesuaikan dengan bujet kamu juga ya, yang penting kualitasnya baik sehingga bisa bertahan lama.

4. Persiapkan mentalmu dan pasangan untuk menghadapi berbagai hal seputar ASI. Siap-siap dengan plan B atau plan C, jaga-jaga seandainya plan A nggak berhasil

siapkan semuanya bersama suami dan keluarga via www.activebirthcentre.com

Mental juga perlu dipersiapkan. Jangan lupa strateginya juga dibuat, supaya kamu siap dengan segala kemungkinan. Jangan terlalu kaku juga, kalau memang seandainya nanti kamu butuh donor ASI, persiapkan dari sekarang.

5. Luangkan waktu di dua minggu pertama pasca melahirkan untuk benar-benar fokus memberikan ASI dan beristirahat saja di rumah

Santai dulu saja di rumah, nggak usah terlalu berat memikirkan kerjaan rumah tangga via www.momjunction.com

Kesampingkan dulu sifat perfeksionismu dan jangan gengsi untuk minta tolong dengan keluarga atau sahabat dekat untuk membantumu saat mereka berkunjung ke rumah. Komunikasikan juga jauh-jauh hari dengan suami, untuk bisa bekerja sama dan jika memungkinkan mencari orang yang bisa bantu-bantu di rumah, terutama di minggu-minggu pertama agar kamu bisa fokus menyusui dan beristirahat.

6. Sediakan spot khusus yang nyaman dan bisa mengakomodasi kebutuhanmu selama menyusui agar bisa mendukung proses ASI ekslusif buat bayimu nanti

Sudut menyusui yang nyaman itu penting! via www.thebump.com

Sediakan sudut yang yang nyaman tempatmu bisa duduk atau setengah berbaring menyusui si kecil. Termasuk juga meja atau rak khusus tempatmu bisa menjangkau barang atau keperluan yang dibutuhkan selama menyusui, seperti buku, camilan atau speaker musik yang akan menemanimu menyusui.

Last but not least, jangan lupa untuk selalu berusaha berpikiran positif selama menjalani masa-masa akhir kehamilan. Jangan terlalu keras pada diri sendiri, kamu nggak sendirian kok menjalani masa-masa menyusui. Memiliki komunitas atau teman yang bisa diajak berbagi seputar menyusui juga bagus untuk menemani perjalananmu. Intinya sih, nikmati saja masa-masa kehamilan dan pasca melahirkanmu nanti, jangan sampai stres dan baby blues karena justru bisa menghambat proses menyusui nanti. Semangat, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya