Buat beberapa orang (yang belum tahu), hamil adalah momok utama penguras jatah keuangan rumah tangga. Pasalnya biaya untuk vitamin, USG, Obgyn, melahirkan hingga biaya newborn kerapkali dinilai tidak murah. Belum lagi ditambah dengan produktifitas ibu yang menurun akibat diharuskan banyak-banyak beristirahat, terlebih di saat morning sickness dan minggu-minggu jelang kelahiran.

Padahal ada banyak fasilitas ‘hampir gratis’ yang diberikan pemerintah untuk ibu hamil Indonesia di mana pun kalian berada. Kenapa nggak disebut gratis sekalian? Karena tentu saja akan ada variabel biaya tak terduga seperti biaya pendaftaran di pusat kesehatan. Nah, untukmu yang sedang persiapan hamil, penting untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan fasilitas-fasilitas di bawah ini:

1. Udah tahu belum, periksa kehamilan pertama kali bisa dilakukan di Puskesmas secara GRATIS lo!

periksa hamil pertama kali di puskesmas via dinkes.surabaya.go.id

Advertisement

Solusi terbaik untuk hamil hemat adalah memeriksakan kandunganmu di Puskesmas. Selain biaya pendaftaran (yang kadang nggak sampai 20 ribu), biaya periksa kandungan dengan dokter dan bidan di Puskesmas adalah gratis. Banyak yang underestimate dengan Puskesmas lantaran dianggap pelayanan kesehatan kelas bawah, padahal zaman sekarang Puskesmas sudah semakin modern dan banyak mengalami kemajuan dibanding beberapa tahun yang lalu lo.

2. Kamu akan mendapatkan buku KIA warna pink yang berisi data penting kehamilan hingga anakmu masuk SD. Ohya, ini juga GRATIS

Buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) merupakan buku yang wajib dimiliki setiap ibu hamil di Indonesia. Ini mirip seperti buku rapor pada anak sekolah, di dalamnya terdapat informasi dan rekam medis terkait perkembangan bayi mulai dari kandungan hingga di usia SD. Selain itu juga ada panduan sederhana yang bisa dipahami oleh ibu dan keluarga tentang tips kesehatan dan perawatan ibu selama hamil dan menyusui.

3. Vitamin kehamilan seperti obat tambah darah dan asam folat juga diberikan pemerintah secara GRATIS

vitamin hamil via www.bukalapak.com

Pemerintah tidak akan menyukai statistik kecacatan dan kelahiran abnormal pada ibu hamil di negaranya. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban negara untuk memberikan asupan nutrisi untuk para ibu hamil. Program ini wajib diikuti oleh semua ibu hamil di Indonesia. Sebetulnya vitamin hamil sendiri tak perlu terlalu mahal, konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan untuk mengetahui kebutuhanmu.

4. Cek darah untuk melihat kadar HB, cek HIV, kadar gula juga akan kamu dapatkan secara GRATIS

periksa darah via www.healthline.com

Advertisement

Fasilitas yang bisa diberikan oleh pemerintah salah satunya adalah pemeriksaan darah gratis. Daripada keluar duit banyak periksa darah ke lab, lebih baik ke Puskesmas saja. Di sini sudah dapat pemeriksaan lengkap termasuk HIV, glukosa, kadar HB, dan hal-hal lainnya terkait kesehatan ibu hamil.

5. Ada fasilitas cek gigi, gizi, dan psikologi untuk ibu hamil lo. Kalau kamu tidak mendapatkannya, tanyakan pada fasilitas kesehatanmu

ada fasilitas konsultasi psikologi via www.shinysmiledentalclinic.com

Selain cek darah, ibu hamil juga mendapatkan fasilitas tes psikologi, gigi, dan gizi. Ini penting sebab kesehatan dan keberlangsungan ibu hamil sangat dipengaruhi oleh gizi yang menyertainya. Kamu akan mendapatkan penyuluhan tentang makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama hamil.

6. Ada juga biskuit tambahan untuk ibu hamil. Ssst, rasanya enak lo

biskuit tambahan untuk ibu hamil via rahayumulya.blogspot.com

Ada kalanya ibu hamil dinilai kurang memakan asupan gizi, sehingga untuk itu, puskesmas akan memberikan makanan tambahan ibu hamil berupa biskuit bergizi yang dikonsumsi 1 hari sekali. Di dalamnya terdapat kandungan gizi yang bermanfaat untuk ibu hamil seperti asam folat dan zat besi. Tentu saja rasanya lebih enak tidak seperti vitamin hamil yang tinggal untal aja.

7. Jika ada indikasi tertentu, kamu juga bisa mendapatkan rujukan untuk USG di dokter SPOG

rujukan ke obgyn via www.ibudanbalita.com

Jika dirasa perlu, kamu bisa mengajukan rujukan untuk periksa USG secara komprehensif di dokter SPOG. Fasilitas ini umumnya diberikan satu kali atau lebih jika terdapat indikasi tertentu pada kehamilan, misalnya dalam kehamilan kembar/ganda.

8. Terakhir, biaya melahirkan juga bisa diminimalisir dengan cara mengikuti prosedur BPJS dengan alur faskes 1 merujuk ke rumah sakit

biaya melahirkan dapat ditekan via www.orami.co.id

Memang, biaya persalinan di mana-mana pasti tidak murah. Akan tetapi dengan asuransi kesehatan seperti BPJS, biaya ini dapat ditekan, bahkan hampir gratis. Namun ibu hamil harus terlebih dahulu mendaftar dan mengikuti prosedur rujukan sesuai aturan yang berlaku. Misal, dari faskes 1 lalu dilanjutkan ke fasilitas klinik atau rumah sakit yang menyediakan layanan persalinan.

Nah, dengan prosedur dan kejelian di atas itu, kita bisa lebih hemat dalam menjalani kehamilan. Tapi meskipun begitu, keselamatan dan kesehatan ibu & bayi harus nomor 1. Selamat menjalani kehamilan dengan gembira, Ibu!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya