Melatih Anaknya Berempati dan Mengelola Emosi, Ini Cara Cerdas yang Zaskia Mecca Lakukan!

Bermain peran ala Zaskia Mecca

Bermain bersama anak adalah salah satu momen berharga bagi semua orang tua. Moms dan Dads bisa melihat perkembangan si kecil secara langsung, kemampuan apa saja yang sudah si kecil kuasai dan bagaimana emosi si kecil ketika bermain. Bagaimana pun dunia anak adalah dunia bermain, bahkan ketika bermain sebenarnya si kecil juga sedang belajar, jadi penting banget buat Moms dan Dads mendampingi si kecil saat bermain. Salah satu permainan yang bisa Moms dan Dads lakukan bersama si kecil adalah role play atau bermain peran. Manfaat bermain peran untuk si kecil ternyata banyak banget, lo!

Advertisement

Hal ini juga dilakukan oleh pasangan selebritis Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo yang sering melakukan role play bersama anak-anaknya. Role play atau bermain peran merupakan salah satu permainan di mana pemainnya memerankan peran atau akting sesuai dengan peran yang telah ditentukan. Manfaat bermain peran bagi si kecil diantaranya membantu anak untuk berpikir kreatif, melatih pengelolaan emosi dan melatih empati anak. Yuk Moms, kita intip role play ala Zaskia Mecca bareng anak-anaknya, keratif banget deh!

Role play memungkinkan anak mengeksplor permainan sesuai imajinasinya sendiri. Meja rias untuk potong rambut pun bisa dijadikan alat bermain bagi anak-anak Zaskia

Ibu dari lima anak ini mengunggah keseruan kedua putranya, Kaba dan Bhre yang sedang bermain role play. Kaba menjadi tukang cukur dan Bhre menjadi pelanggannya. Keduanya terlibat percakapan layaknya seorang tukang cukur sungguhan yang sedang melayani pelanggannya.

Advertisement

“Mau dipotong lucu apa keren?” Bhre malah jawab. “Gak mau dua-duanya, maunya ganteng kaya Gatot Kaca ….” Tulis Zaskia pada unggahan di Instagram pribadinya.

Dalam ungahan tersebut, tampak Kaba dan Bhre yang sedang memanfaatkan kursi barbershop sungguhan lengkap dengan kaca besar di depannya. Hal ini menunjukkan bahwa bermain role play memungkinkan anak untuk mengeksplor lebih luas permainan mereka, tidak harus dengan mainan, tapi apa pun bisa dimainkan. Namu, Moms dan Dads perlu mendampingi si kecil ketika bermain, ya. Jangan sampai si kecil bermain dengan alat yang berbahaya misalnya benda tajam dan alat listrik.

Melatih kemampuan sosial dan membangun empati. Role play memungkinkan anak menjalani berbagai peran, dan menempatkan dirinya sesuai peran yang ia pilih

Salah satu permainan yang sangat sering dilakukan oleh anak-anak adalah bermain penjual dan pembeli. Si kecil akan belajar bagaimana menjadi seorang penjual dan bagaimana sebaiknya menjadi seorang pembeli. Hal ini akan melatih kemampuan sosial dan empati si kecil. Mereka akan belajar memahami lingkungan sosial dengan baik dan memiliki tenggang rasa yang baik pula.

Selain itu, role play juga menuntut si kecil untuk berkomunikasi dengan baik, mau tak mau mereka akan belajar mengungkapkan keinginannya dengan baik supaya bisa dipahami oleh orang lain. Zaskia sangat sering mengunggah momen anak-anaknya yang sedang melakukan role play seperti ini.

Membuka kesempatan untuk si kecil belajar memecahkan masalah. Nggak cuma jual beli, anak-anak Zaskia juga sering bermain hantu-hantuan!

Pada suatu situasi ketika bermain, si kecil sering menemui kendala misalnya rasa takut dan rasa tidak percaya diri. Hal ini bisa dilatih dengan role play, sehingga si kecil bisa menghadapi situasi tidak nyaman tersebut dengan cara bermain. Sybil dan Kala, putri Zaskia sering memainkan role play yang mungkin jarang dimainkan oleh anak-anak lain, yaitu bermain zombie. Si kecil bisa mengurai rasa takutnya terhadap suatu hal karena ia sendiri bisa merasakan peran tersebut.

Bahkan, Sybil dan Kala sering totalitas banget ketika bermain zombie. mereka beraktik layaknya zombie dengan dandanan yang menyeramkan dan tingkah seram untuk menakut-nakuti saudaranya. Nggak jarang, Zaskia dan Hanung pun rela ikut berdandan layaknya hantu sungguhan saat bermain bersama anak-anak. Moms dan Dads juga bisa membuat role play sesuai kebutuhan si kecil lo!

Nggak hanya bertanggung jawab pada peran di permainan saja, role play juga melatih anak bertanggung jawab di kehidupan sehari-hari. Totalitas banget, Hanung dan Zaskia sampai buatkan film pendek!

Tanggung jawab adalah hal yang penting untuk si kecil pelajari. Role play bisa mengajarkan si kecil tanggung jawab dan menjalankan perannya pada permainan dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Hal ini juga dilakukan oleh Zaskia untuk mengajarkan anak-anaknya tanggung jawab. Bermain role play biasa sudah sangan biasa bagi keempat anaknya, maka Hanung mencoba mengajak anak-anak untuk membuat film pendek.

Maklum ya Moms, Hanung memang sutradara film tapi ini juga salah satu cara role play yang super seru. Baik si sulung hingga hingga Bhre, anak keempat ikut bermain dalam film pendek yang semuanya mereka kerjakan di rumah. Selain bermain peran, mereka juga harus disiplin waktu dan menurut jika dituntut untuk mengeluarkan ekspresi terbaik. Nggak jarang si kecil Bhre yang belum paham dengan apa yang sedang mereka kerjakan, harus menangis sungguhan.

Meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi anak. Nggak jarang bermain role play membutuhkan alat yang sulit jika mengandalkan mainan. Jadi si kecil dituntut untuk keatif!

Dilansir dari Parenting, role play mampu menstimulus kreativitas anak melalui permainan yang ia perankan. Misalnya membangun kardus menjadi istana, membuat rumah dari kain jarik, membuat mobil dari kursi dan banyak lagi yang bisa si kecil lakukan untuk mewujudkan imajinasi mereka. Hal ini pula yang dilakukan anak-anak Zaskia Mecca. Mereka sudah terbiasa membuat mainan mereka sendiri dengan kardus bekas sekalipun.

Zaskia memang sengaja tidak terlalu banyak membeli mainan, alasannya anak-anak nanti jadi kurang kreatif. Bahkan kardus bekas paket sering kali menjadi barang yang direbutkan oleh anak-anaknya. Moms dan Dads juga bisa nih mengajarkan si kecil untuk membuat mainan sendiri ketika role play, supaya si kecil bisa lebih kreatif dan bisa mewujudkan imajinasinya sendiri.

Nah, apakah Moms dan Dads tertarik dengan role play bersama si kecil? Mengingat role play ini punya banyak banget manfaat untuk tumbuh kembang si kecil, Moms dan Dads bisa belajar dari Zaskia Mecca ya, permainan apa saja yang membuat si kecil happy dan bisa belajar banyak hal sambil bermain.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE