5 Fakta Unik Anak Kembar yang Jarang Diketahui, dari Sidik Jari sampai Punya Bahasa Sendiri

fakta anak kembar

Banyak calon orang tua yang mendamba-dambakan sepasang anak kembar, alasannya sih karena gemasnya bisa dua kali lipat dan mungkin membesarkannya bisa sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Meskipun demikian, mengurus dua bayi sekaligus tentu juga memerlukan tenaga ekstra. Terlepas dari itu semua, anak kembar selalu memiliki keunikan tersendiri dari sejak ada di dalam kandungan. Saat sudah lahir, mungkin kita akan makin heran dan berpikir kok ada ya dua orang yang wajahnya bisa sangat mirip?

Advertisement

Tak berhenti sampai di situ, ternyata ada saja lo fakta-fakta mengejutkan yang dimiliki oleh sepasang anak kembar ini. Mungkin beberapa di antaranya mungkin belum kamu ketahui. Nah, jika penasaran, simak penjelasan yang dilansir dari Huffpost dan beberapa sumber lain berikut ini sampai habis ya!

1. Bayi kembar ternyata sudah mulai melakukan interaksi ketika usianya masih belasan minggu di dalam kandungan

Sudah berinteraksi/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Pada tahun 2011, peneliti di Umberto Castiello, University of Padova di Italia mempelajari video 3D yang menunjukkan bayi kembar di dalam perut ibu. Pada minggu ke-14 kehamilan bayi tersebut terlihat meraih satu sama lain, Pada minggu ke-18, mereka lebih sering menyentuh saudaranya daripada tubuh mereka sendiri. Bahkan, menurut analisis yang dilakukan, janin tersebut akan jauh lebih lembut ketika menyentuh bagian mata saudaranya.

2. Anak kembar ternyata mengembangkan bahasa yang hanya diketahui mereka sendiri yang dinamai idioglossia

Bahasa unik/ Credit: jayrandall via www.youtube.com

Mungkin kamu sempat menonton sebuah video viral berisi sepasang bayi kembar yang mengobrol dengan bahasa aneh dan tertawa bersama. Ternyata, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam bentuk jurnal Intitute of General Linguistics menyatakan bahwa 40% anak kembar ternyata memiliki bahasa mereka sendiri yang tidak dipahami orang lain dan terdengar seperti tidak ada artinya, namun bahasa ini nantinya akan hilang ketika si kembar sudah berusia 6 atau 7 tahun.

Advertisement

3. Ada kemungkinan bayi kembar untuk lahir beda hari, malah di sebuah kasus ada juga bayi yang lahir beda tahun lo

Blake and Floren/ Credit: Independent.co.uk via www.independent.co.uk

Bayi kembar biasanya dilahirkan secara bergantian di waktu yang sama, namun ada juga bayi kembar yang lahir beda hari. Biasanya hal tersebut disebabkan karena adanya masalah tertentu yang menyebabkan salah satu harus dilahirkan prematur seperti jika terjadi komplikasi pada kehamilan. Selain itu, dalam sebuah kasus bayi tabung, ada juga bayi yang lahir beda tahun karena diambilnya 3 embrio, 1 di antaranya ditaruh di rahim dan lahir dengan nama Blake, serta 1 lagi ditaruh beberapa tahun kemudian setelah dibekukan dan lahir sebagai sosok bernama Floren.

4. Sekitar 25% anak kembar tumbuh menjadi refleksi satu sama lain yang membuat mereka memiliki fitur tubuh seperti cermin

Kembar identik/ Credit: Consent Yahoo via consent.yahoo.com

Jenis kembar ini dinamakan dengan mirror image twin. Maksud dari tumbuh layaknya cermin adalah bahwa sepasang anak kembar ini akan memiliki fitur tubuh yang berkebalikan sehingga ketika melihat fitur tubuh maka terlihat seperti bercermin. Misalnya, jika salah satu menggunakan tangan kanan maka yang lain akan lebih banyak menggunakan tangan kiri. Mereka juga bisa memiliki tanda lahir yang di tempat berlawanan.

5. Ada hal yang menyebabkan walaupun anak kembar identik namun sidik jari yang dimiliki tidak berarti identik juga

Advertisement

Sidik jari/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Mungkin kamu akan berpikir bahwa anak kembar identik akan memiliki sidik jari yang juga identik karena mereka memiliki DNA yang juga mirip. Akan tetapi, hal tersebut ternyata tak benar. Ketika terjadi pembuahan memang mereka akan memiliki sidik jari yang serupa namun memasuki minggu ke 6 sampai 13 kehamilan saat bayi sudah mulai bergerak mereka akan menyentuh kantung amniotic dan terbentuklah garis-garis di setiap tangan yang membentuk sidik jari yang berbeda.

Selain dua orang yang memiliki kemiripan saat dilihat, ternyata anak kembar juga menyimpan banyak rahasia unik di baliknya ya. Bahkan, kalau kamu belum tahu, kembar itu sendiri masih dibagi ke dalam beberapa jenis yang berbeda lo. Ada yang beda warna kulit segala.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE