Setelah menikah dan berkeluarga, biasanya memiliki momongan adalah salah satu gol para pasangan selanjutnya. Ada yang terjadi begitu saja secara alami, ada pula yang sedikit harus berjuang dan melakukan program hamil alias promil untuk dapat mewujudkannya.

Salah satu cara hamil dalam sebuah promil adalah memantau masa subur dengan seksama. Selain bisa dicek dengan alat tes kesuburan, kamu pun bisa mengecek sendiri beberapa tanda kasat mata berikut ini. Nah, di masa subur tersebutlah biasanya kamu dianjurkan berhubungan intim dengan pasangan secara lebih intens. Nggak sulit kok ternyata untuk mengeceknya!

1. Di masa subur, biasanya gairah seks perempuan cenderung lebih meningkat. Ibaratnya tuh kesenggol suami sedikit, jadi bergairah banget~

Gairah meningkat tajam~ via www.pexels.com

Advertisement

Selain mengecek di kalender, peningkatan gairah seks di hari-hari tertentu juga jadi indikasi masa ovulasi lo. Jadi kalau misalnya di malam-malam tertentu, muncul gairah ekstra bersama suami, bisa jadi itu tanda kamu sedang puncak masa suburmu yang nggak boleh dilewatkan kalau kamu memang sedang program kehamilan.

2. Kamu akan dengan mudah menemukan cairan kental berwarna transparan di area miss V hingga ke panties. Tapi ini beda dengan keputihan karena indikasi gangguan medis ya

Lendir di area Miss V via www.brilio.net

Bercak putih transparan kental yang keluar dari area Miss V bisa jadi tanda kamu sedang dalam masa subur maksimal. Teksturnya cenderung sangat mirip dengan putih telur. Cairan ini beda ya dengan keputihan, karena cairan ini ditujukan untuk membantu memudahkan sperma bergerak di dalam rahim.

3. Sakit atau kram di bagian perut bagian bawah juga termasuk salah satu tanda masa subur yang perlu kamu cermati

Sedikit kram bisa saja kamu rasakan via womens-health-naturally.com

Beberapa perempuan, termasuk kamu kemungkinan akan mengalami nyeri ringan di perut bagian bawah baik di kanan atau kiri, saat memasuki masa-masa subur. Rasa nyeri ini dapat berlangsung selama beberapa menit atau jam. Secara medis, sakit di perut bawah kiri atau kanan ini dikenal sebagai sensasi Mittelschmerz. Kamu juga mungkin saja mengalami rasa mual atau keluarnya cairan vagina bersamaan dengan rasa sakit tersebut.

4. Terkadang kamu pun bisa menemukan bercak cokelat di panties saat masa subur sedang di puncak-puncaknya

Bercak cokelat tanda kesuburan via www.popbela.com

Advertisement

Para perempuan pun kemungkinan akan mendapatkan bercak cokelat di masa ovulasi. Hal ini terjadi karena folikel telur hadir untuk melepaskan telur dan menyebabkan bercak.

5. Indra penciuman di masa subur biasanya cenderung lebih sensitif. Jangan heran deh di masa-masa ini hidungmu jadi lebih mudah membaui aroma-aroma yang biasanya nggak kamu sadari

Sensitif banget sama bau-bauan via www.thriftyfun.com

Bak sedang hamil, hidungmu bakal jadi ekstra sensitif di masa ovulasi. Ini jadi alasan mengapa di fase ini kamu lebih mudah tertarik pada pasangan dan bau feromonnya.

6. Nyeri di area payudara juga kadang jadi indikasi kasat mata dalam untuk memantau masa suburmu lo

Nyeri seperti mau haid via www.medicalnewstoday.com

Kebanyakan perempuan akan merasa payudaranya sakit beberapa saat setelah siklus haid usai. Ini pun bisa jadi sinyal bahwa tubuhmu sedang dalam masa-masa subur.

Di masa-masa subur ini, kamu dan pasangan bisa mengeksplorasi berbagai macam teknik senggama demi mendapatkan sang buah hati. Kalaupun nggak gol di bulan ini, bisa tetap kamu terapkan di bulan-bulan berikutnya. Intinya, rileks dan santai saja nikmati semua prosesnya karena kalau sudah waktunya, kehamilan itu akan kamu alami segera. Semangat dan semoga berhasil ya, para calon Mama~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya