Mungkin kamu sering mendengar tentang mitos terkait manfaat air kelapa bagi ibu hamil yaitu kulit bayi nantinya dapat menjadi putih bersih, pun rambutnya juga bisa menjadi tebal dan berkilau. Padahal sebenarnya belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa air kelapa memiliki manfaat-manfaat tersebut. Pasalnya warna kulit bayi tergantung pada berbagai faktor seperti genetik, nutrisi, dan lain-lain.

Akan tetapi, kamu tetap dianjurkan kok mengonsumsinya selama hamil karena meskipun tak terlalu signifikan untuk memutihkan kulit, dilansir dari Dokter Sehat dan beberapa sumber lainnya, air kelapa masih memiliki banyak manfaat yang lainnya. Kita simak yuk beberapa di antaranya!

1. Semakin banyaknya polusi yang tersebar di mana-mana, air kelapa dapat menjadi salah satu penangkalnya

Terpapar polusi saat hamil/ Credit: Tech Explorist via www.techexplorist.com

Advertisement

Air kelapa mengandung elektrolit dan antioksidan. Kandungan ini berfungsi untuk menjaga tubuh ibu hamil dan janinnya dari berbagai polusi yang ada. Biasanya sumber antioksidan berasal dari berbagai buah-buahan. Namun, agar ibu hamil tidak bosan, buah bisa diganti dengan air kelapa.

2. Ternyata manfaat air kelapa untuk membersihkan dan menjernihkan ada benarnya, tapi bukan untuk kulit bayi ya

Bisa menjernihkan/ Credit: Vitacoco via www.vitacoco.com

Ternyata mitos yang beredar tentang air kelapa dapat menjernihkan dan membersihkan ini tak 100% salah. Namun yang dibersihkan bukanlah kulit bayi, melainkan ketubannya. Alasannya kandungan elektrolit dan antioksidannya dapat menyerap lendir dan kotoran yang ada di sana.

3. Mau tidak mau saat hamil berat badan akan bertambah, namun agar tetap terkontrol air kelapa bisa membantumu

Mengontrol berat badan/ Credit: Our Health Page via www.ourhealthpage.com

Air kelapa dapat menjaga berat badan karena bebas lemak dan rendah kalori. Air ini dapat mencegah adanya penimbunan lemak dan menghilangkan kolesterol jahat. Sehingga kamu bisa mengganti minuman manis dengan yang satu ini. Jika berat badan terjaga, kamu dan janin juga akan tetap segar dan bugar.

4. Jika saat hamil kamu sering merasa mulas hingga sembelit karena perubahan yang terjadi pada tubuhmu, air kelapa bisa melancarkan pencernaan lo

Mulas/ Credit: Medical News Today via www.medicalnewstoday.com

Advertisement

Selama kehamilan akan ada beberapa perubahan hormonal sehingga akan timbul masalah yang berkaitan dengan pencernaan termasuk maag, sembelit, dan rasa mulas. Air kelapa mengandung serat makanan yang kaya sehingga dapat memperkuat sistem pencernaan, mengatur pH, mendetoksifikasi tubuh, hingga mencegah konstipasi. Metabolisme dalam tubuh juga dapat meningkat. Penetral asamnya dapat mengurangi rasa mulas yang mungkin sering kamu rasakan.

5. Tingkat cairan ketuban akan naik jika mengonsumsi air kelapa. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada sirkulasi darah

Bayi lebih sehat/ Credit: The Balkanista via thebalkanista.com

Pada trimester ketiga, kamu bisa mulai rutin mengonsumsi air kelapa. Hal ini dapat meningkatkan tingkat cairan ketuban dan meningkatkan volume serta sirkulasi darah sehingga memberikan manfaat kepada janin juga yaitu membuat nutrisi dan oksigennya akan tercukupi sehingga ia semakin sehat.

6. Adanya kemungkinan untuk terjadi infeksi pada ibu dan bayi juga dapat membuat konsumsi air kelapa diperlukan saat hamil

Bayi infeksi/ Credit: The Conversation via theconversation.com

Janin dalam rahim memiliki kemungkinan terkena infeksi, begitupun pada ibu. Ternyata banyak yang mengeluhkan adanya infeksi saluran kemih. Agar terhindar dari hal ini, kamu bisa mengonsumsi air kelapa karena kandungan asam lauratnya dapat memproduksi antivirus dan membunuh bakteri berbahaya. Selain itu zat diuretik akan memperlancar ibu untuk buang air kecil.

Buah yang satu ini cenderung memiliki manfaat yang banyak dan cukup mudah ditemukan. Tapi, kamu perlu pintar memilih agar untuk dapat merasakan manfaat air kelapa. Pilih kelapa yang berukuran sedang, bersih, dan berwarna hijau yang biasanya masih memiliki banyak kandungan yang efektif untuk kesehatanmu.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya