Meski Sepele, Ini 6 Manfaat Memeluk Anak bagi Kesehatan Mentalnya

Manfaat Memeluk Anak

Nggak hanya baik bagi perkembangan fisik anak, memeluknya setiap hari mampu menjadikan mentalnya lebih sehat, lo!

Advertisement

Sebagai orang tua, tentunya harus lebih sering memeluk anak karena memiliki banyak manfaatnya. Beberapa orang mungkin menganggap kalau anak yang sering minta peluk cenderung menjadi anak yang manja dan selalu bergantung pada orang tua khususnya ibunya. Namun, pernyataan tersebut tidaklah benar, Moms. Meski hanya sebentar, memberikan pelukan untuk si kecil setiap hari ternyata banyak manfaatnya.

Moms pasti seringkali melihat anak merengek minta dipeluk. Bagi Moms yang sibuk dan buru-buru berangkat kerja, biasanya akan mengabaikan dan yang terjadi adalah anak akan semakin menangis karena nggak diberi pelukan. Namun, sebaiknya Moms meluangkan waktu sebentar saja untuk memeluknya.

Meski dianggap hal yang remeh, ternyata berikut manfaat memeluk anak setiap hari;

Advertisement

1.Mengurangi rasa takut dan kecemasan pada anak. Pelukan orang tua ternyata mampu menguatkan anak

Photo by Gustavo Fring from Pexels

Jangan dianggap sepele, meski hanya sebentar saja memeluk anak terbukti mampu mengurangi rasa cemas pada anak. Moms harus tahu kalau ternyata anak yang minta peluk tiba-tiba itu karena ia merasa cemas dan takut. Sebaiknya jangan dilepas sebelum si kecil sendiri yang ingin melepasnya.

2.Meningkatkan rasa percaya diri anak dan orang tua. Rasa percaya diri dibutuhkan agar mampu menjalani hari-hari dengan lebih baik

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Orang tua yang sering meluangkan waktu untuk memeluk si kecil setiap hari tentunya lebih percaya diri. Begitu juga dengan yang dirasakan anak. Walaupun waktu yang digunakan untuk memeluk anak hanya sebentar, tapi mampu membuat anak diberi kasih sayang yang maksimal sehingga membuatnya semakin percaya diri.

3.Mampu meningkatkan kebahagiaan orang tua dan anak. Pelukan orang tua dan anak memiliki ikatan yang sangat kuat sehingga membuat keduanya sama-sama bahagia

Photo by Jep Gambardella from Pexels

Moms sering stres di tempat kerja? Coba deh rajin peluk anak setiap hari. Meski hanya sebentar ternyata bisa bikin happy seharian lo Moms. Anak-anak juga pasti akan merasakan hal yang sama. Mereka lebih bahagia dalam menjalani hari dan berkumpul dengan teman-temannya.

Advertisement

4.Meningkatkan rasa optimisme pada anak. Pelukan singkat akan membuat anak lebih tenang dan optimis dalam menjalani hari-harinya

Photo by Gustavo Fring from Pexels

Memeluk anak setiap pagi sebelum ia berangkat sekolah sangat penting untuk meningkatkan rasa optimis pada anak. Pelukan dari ibu di pagi hari sebelum menjalankan aktivitas atau malam hari sebelum tidur mampu menenangkan hati anak sehingga ia memiliki rasa optimisme yang tinggi. Moms pasti juga mau kan, kalau si kecil selalu optimis melalui hari-harinya.

5.Membantu mendisiplinkan anak. Meluangkan waktu untuk memeluk anak akan membantu mereka lebih disiplin

Photo by William Fortunato from Pexels

Dalam sehari, tentunya nggak sulit untuk memeluk anak walau hanya 1 menit saja. Ketahuilah Moms, anak yang sering dipeluk lebih memiliki disiplin tinggi dibanding mereka yang jarang dipeluk. Mengajarkan anak agar disiplin sejak dini juga akan memberikan pegaruh positif saat ia besar nanti.

6.Membangun ikatan yang lebih kuat. Anak akan merasa dekat dengan orang tua karena ikatan yang muncul dari pelukan tersebut

Photo by Arina Krasnikova from Pexels

Setiap orang tua pasti selalu ingin agar anaknya bisa dekat dengannya. Anak yang dekat dengan orang tua juga mampu menjauhkan mereka dari hal-hal yang buruk khususnya pergaulan yang buruk di masa remaja. Mereka yang memiliki ikatan dengan orang tua tentu akan segan melakukan hal-hal yang merugikan.

Yuk Moms mulai sekarang luangkan waktu minimal satu menit saja untuk memeluk di kecil setiap hari. Dalam sehari ada 24 jam, masa satu menit saja nggak ada buat si buah hati, Moms? Rugi kalau nggak memanfaatkan. Semoga bisa ya, Moms!

Follow Mamin di Instagram @hipweeyoungmom atau gabung ke Support Group di Whatsapp juga yuk. Media curhat yang fun, menghadirkan konten-konten inspiratif dan terpercaya buat para moms #KarenaSemuaIbuBerhakBahagia

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

belum lengkap kalau belum ngopi item

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE