Salah satu tanda di awal-awal kehamilan adalah perasaan ingin muntah diikuti rasa nggak nyaman pada tubuh, atau biasa disebut dengan mual. Sayangnya, banyak wanita yang nggak sadar bahwa mual tersebut adalah tanda kehamilan dan mengiranya sebagai gejala masuk angin atau pun maag. Nggak jarang, mereka baru sadar kalau dirinya hamil setelah siklus menstruasinya berhenti. Alhasil, kehamilannya baru ketahuan setelah usianya menginjak bulan ke dua. Padahal, penting sekali mengetahui masa-masa di awal kehamilan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan menjaga tubuh dari risiko-risiko yang nggak diinginkan.

Coba perhatikan, kalau kamu mengalami mual dengan ciri-ciri kayak gini, kemungkinan kamu tengah hamil. Segera periksa ke dokter kandungan, ya!

1. Mual pertanda hamil disebabkan karena pengaruh hormon yang nggak stabil

karena pengaruh hormon via www.thecut.com

Advertisement

Meski rasa mualnya hampir sama dengan gejala masuk angin atau maag, perbedaan yang harus kamu pahami adalah penyebabnya. Mual pertanda hamil disebabkan karena perubahan hormon, terutama progesteron. Hormon progesteron yang berperan dalam masa kehamilan akan melebarkan pembuluh darah yang akan menurunkan tekanan darah, makanya memberi efek pusing dan mual.

2. Mendeteksi penyebab mual karena hamil lebih sulit ketimbang menerka-nerka mual karena masuk angin

susah ditebak via www.nuluv.in

Mual pertanda hamil biasanya akan lebih sulit diterka penyebabnya, meskipun ada juga yang paham kondisi tubuhnya saat mengalami perubahan hormon. Nggak ada angin, nggak ada hujan, kok tiba-tiba mual. Perasaan nggak telat makan, aktivitas juga biasa saja, tapi mual tetap saja datang. Berbeda dengan mual akibat masuk angin yang bisa dideteksi penyebabnya seperti cuaca yang dingin, makan makanan pedas atau asam, atau kurang istirahat.

3. Mual tanda kehamilan biasanya hanya terjadi di awal-awal kehamilan dan muncul pada pagi dan atau malam hari saja

biasanya muncul pagi atau malam hari via www.7ya.ru

Mual tanda kehamilan biasanya hanya akan terjadi pada masa awal kehamilan saja. Kalau usia kehamilan sudah cukup lama dan memasuki fase yang lebih tinggi, mual akan berangsur hilang. Biasanya muncul pada pagi (morning sickness) dan atau malam hari saja. Mual karena masuk angin mah bisa muncul kapan saja. Nggak peduli pagi, siang, sore, atau malam, suka-suka anginnya.

4. Meski biasa muncul pada pagi dan atau malam hari saja, mual tanda hamil bisa jadi berlangsung lama lo!

Siapkan staminanya ya! via www.healthywomen.org

Advertisement

Saat masuk angin, biasanya mual akan mereda dan hilang kalau sudah minum obat. Berbeda dengan mual saat hamil yang bisa berlangsung lama dan berkepanjangan. Bisa jadi bakal terasa lebih dari sebulan hingga 3 bulan. Tapi ada juga yang hanya merasakan mual selama 1-2 minggu saja. Mual nggak akan hilang meski sudah diobati karena penyebabnya bukan karena salah makan, tapi perubahan hormon secara alami. Kalaupun dokter memberikan obat, biasanya hanya berupa obat penguat atau suplemen kehamilan.

5. Kalau kamu mudah terasa mual saat mencium bau-bau yang menyengat, bisa jadi itu pertanda hamil

sensitif terhadap bau via chicagohealthonline.com

Ibu hamil akan sangat sensitif terhadap bau. Saat mencium bau yang sedikit aneh atau menyengat bahkan bau parfum sekalipun, rasa mual akan muncul. Jangan heran kalau ibu hamil akan bersikap aneh saat tubuhnya nggak merasa nyaman atau jadi nggak nafsu makan karena bau-bauan. Sedangkan pada kondisi masuk angin, nggak ada sensitivitas terhadap bau. Yang ada hanya rasa ingin muntah atau ingin bersendawa secara terus menerus.

6. Efek samping mual pertanda hamil terhadap kondisi tubuh bisa lebih parah ketimbang mual karena masuk angin

efeknya bikin lemas di badan via beremennost-po-nedelyam.com

Pada wanita hamil, mual akan menyebabkan rasa nggak nyaman pada tubuh dan biasanya disertai sakit kepala, mudah lelah, dan lemas tubuhnya. Seringkali, mual pada tanda awal kehamilan mengakibatkan infeksi pada lambung dan atau infeksi tenggorokan. Hal ini disebabkan karena mual pada tanda awal kehamilan sangatlah panjang, bahkan mencapai 3 bulan lamanya.

Nah, kalau kamu sudah mengalami 6 hal di atas saat mual, sudah bisa dipastikan kalau kamu tengah berbadan dua. Segeralah temui dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat untuk mempersiapkan fase kehamilan selanjutnya, ya. Selamat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya