4 Penyebab Anak Tumbuh Menjadi Pribadi yang Suka Melawan Orang Tua. Wah!

Penyebab Anak Melawan Orang Tua

Kebanyakan orang tua seringkali mengeluhkan kalau anaknya suka melawan dan sangat sulit untuk dididik dengan baik. Namun sayangnya, para orang tua kurang introspeksi diri kalau yang membuat anak bersikap begitu adalah dari cara didiknya. Semua anak pada dasarnya polos. Mereka memerlukan pola asuh yang baik agar nantinya juga nggak melawan orang tua dan mampu menghargai orang lain.

Advertisement

Penyebab anak suka melawan orang tua tentunya bukan murni kesalahan anak. Hal tersebut juga ditentukan bagaimana cara didik orang tuanya. Nggak ada yang namanya anak nakal, hanya saja orang tua yang kurang sabar dalam mendidiknya. Tugas menjadi orang tua memang berat, Moms, Dads, namun jika sedari kecil nggak dididik dengan baik maka akan berdampak buruk saat mereka sudah dewasa.

Lalu, apa saja ya penyebab anak menjadi pribadi yang melawan orang tua di kemudian hari? Simak penjelasan berikut ini!

1.Kurangnya perhatian dan kasih sayang orang tua pada anak sehingga mereka merasa nggak disayang

Photo by Misha Voguel from Pexels

Sudah sangat wajar kalau yang namanya anak-anak selalu ingin diperhatikan. Meski orang tuanya sibuk, namun sebaiknya bisa meluangkan waktu untuk anak. Belum lagi kalau punya dua anak yang masih kecil-kecil, maka sebagai orang tua harus adil dalam memberikan perhatian dan kasih sayang agar nggak menimbulkan rasa cemburu.

Advertisement

2.Anak merasa diabaikan karena orang tua yang lebih memprioritaskan hal lain dibanding dengan anaknya

Photo by Ahmed akacha from Pexels

Anak yang suka melawan orang tua tentunya punya alasan yang nggak disadari kebanyakan orang tua. Salah satunya adalah orang tuanya sendiri yang sering mengabaikannya. Bahkan ketika pulang kerja dan terlihat sedang santai malah sibuk dengan smartphonenya. Parahnya lagi, ketika anak mendekat dan ingin bermain bersama malah dicueki. Jadi jangan salahkan anak kalau ia suka melawan orang tua.

3.Sikap orang tua yang sering menunjukkan perlawanan di depan anak sehingga anak menirunya

Photo by Kindel Media from Pexels

Orang tua adalah contoh terbaik yang paling utama untuk anak. Itulah mengapa Moms dan Dads harus bersikap yang mampu memberikan kesan positif pada anak. Anak yang sering melihat orang tuanya bersikap kasar dan suka melawan, maka ia juga tumbuh menjadi pribadi seperti yang dilihat. Penting bagi orang tua untuk selalu menjaga sikap khususnya saat berada di depan anak.

4.Adanya pergeseran cara berkomunikasi dalam keluarga sehingga berpengaruh pada tumbuh kembang anak

Advertisement

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Pola asuh zaman sekarang memang beda. Kalau zaman dulu, cara berkomunikasi dilakukan secara langsung dengan bertemu dan berbicara bersama. Namun sekarang zamannya semakin canggih sehingga orang tua dan anak hanya berkomunikasi via telepon atau video call. Meski terdengar lebih praktis, ternyata mampu mempengaruhi sikap anak. Anak yang bertemu langsung dengan orang tuanya cenderung bisa diajak berbicara dari hati ke hati sehingga kecil kemungkinan untuk di masa depan, ia akan melawan orang tua.

Menjadi orang tau memang harus banyak belajar dan sabar karena mendidik anak memang nggak mudah. Namun semua bisa dilakukan dengan pelan-pelan agar semakin mudah memahami anak. Jangan sampai nantinya anak tumbuh menjadi pribadi yang suka melawan orang tua karena kesalahan dalam mendidik sejak kecil. Semoga bermanfaat, ya!

Follow Mamin di Instagram @hipweeyoungmom atau gabung ke Support Group di Whatsapp juga yuk. Media curhat yang fun, menghadirkan konten-konten inspiratif dan terpercaya buat para moms #KarenaSemuaIbuBerhakBahagia

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

belum lengkap kalau belum ngopi item

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE