5 Perilaku Anak Ini Sering Dianggap Aneh, tapi Sebenarnya Wajar Banget!

Perilaku Aneh Anak

Moms pernah nggak sih, mendapati anak berperilaku aneh sehingga muncul asumsi, “Ini anak kenapa sih?”. Padahal, secara umum memang perilaku aneh pada anak adalah hal yang wajar dialami anak-anak. Sayangnya beberapa orang tua justru kurang paham, dunia anak-anak memang jauh dari apa yang dipikirkan orang dewasa sehingga hal yang biasa bagi anak cenderung aneh di mata mereka.

Perilaku anak seringkali berubah-ubah. Hal tersebut wajar karena mood anak yang masih belum stabil. Kadang mereka bisa diam lama banget ketika bangun tidur. Entah apa yang mereka pikirkan, yang jelas hal tersebut memang normal kok, Moms. Bisa jadi mereka sedang mengumpulkan “nyawa”.

Bahkan ada beberapa perilaku anak yang seringkali dianggap aneh namun sebenarnya wajar. Hmm…apa saja, ya? Berikut Mamin kasih bocorannya!

1.Anak yang kedapatan sering berbicara sendiri. Hal ini karena imajinasi anak yang masih sulit terkendali sehingga membuatnya sering bicara sendiri

Photo by Владимир Васильев from Pexels

Moms pasti pernah melihat anak bermain sendiri namun nampak asyik banget. Setelah dilihat ternyata mereka berbicara sendiri dengan “teman khayalannya”. Hm..jangan mikir aneh dulu Moms. Ini wajar kok. Bahkan menurut laman dari Psychology Today, anak-anak yang memiliki teman khayalan juga bisa bergaul lebih baik dengan anak-anak sungguhan.

2.Anak yang nggak bisa diam. Ini khususnya dialami oleh anak usia 3 tahun pertama dan justru mampu membuat kinerja otaknya semakin cerdas

Photo by Ahmed akacha from Pexels

Orang tua seringkali merasa kesal melihat anaknya nggak bisa diam. Padahal yang melihat tingkahnya kadang malah merasa capek, tapi si anak justru nggak ada capek-capeknya. Namun, Moms nggak perlu khawatir karena hal tersebut wajar. Daripada anak-anak yang lebih menghabiskan waktu untuk duduk, mereka yang nggak bisa diam justru lebih sehat.

3.Anak yang seringkali menggoyangkan dan menggelengkan kepala

Photo by Steshka Willems from Pexels

Mungkin beberapa orang di sekitar akan merasa terganggu ketika melihat anak sering menggoyangkan maupun menggelengkan kepalanya beberapa kali. Namun, perilaku tersebut justru membuat anak lebih rileks. Berdasarkan lansiran dari The Bump, gerakan berirama dan berulang dapat membant menenangkan sistem saraf yang terlalu terstimulasi. Jadi, nggak perlu menganggapnya aneh, Moms.

4.Anak yang seringkali menempelkan benda ke hidung

Photo by Tatiana Syrikova from Pexels

Perilaku anak yang seringkali menempelkan benda ke hidung bukanlah sesuatu yang aneh. Hal tersebut dilakukan karena keingintahuannya dalam mengetahui sesuatu yang baru. Bisa jadi mereka penasaran dengan aroma benda tersebut. Asalkan yang ditempelkan bukanlah hal yang berbahaya sih, nggak masalah Moms!

5.Anak yang suka membaca buku berulang kali

Photo by Lina Kivaka from Pexels

Mengulang-ulang apa yang mereka baca atau sekadar hanya melihatnya, ternyata bukan karena mereka kurang memahami apa yang dibaca. Melansir dari laman Pick Any Two, pengulangan akan sangat membantu perkembangan bicara pada balita. Jadi, jangan heran kalau si kecil bahkan sampai mengulanginya hingga 10 kali dalam sehari.

Imajinasi anak-anak memang masih liar dan seringkali terlihat aneh bagi orang dewasa yang melihatnya. Namun, keanehan perilaku anak tersebut ternyata justru sebagai proses pertumbuhan yang bagus. Asal perilakunya nggak membahayakan dirinya dan orang lain, wajar kok Moms. Kalau si kecilnya Moms punya perilaku aneh seperti apa nih?

Follow Mamin di Instagram @hipweeyoungmom atau gabung ke Support Group di Whatsapp juga yuk. Media curhat yang fun, menghadirkan konten-konten inspiratif dan terpercaya buat para moms #KarenaSemuaIbuBerhakBahagia

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

belum lengkap kalau belum ngopi item

Editor

Seorang makmum yang taat :)