Mungkin selama ini kamu sering melihat atau mengalami sendiri fenomena ‘rebutan’ anak lebih condong mirip ke siapa, ayah atau ibunya. Kalau ada orang di sekitar yang berkata bahwa si kecil lebih mirip pasangan, duh irinya bisa bertahan lama. Apalagi kalau dibilang mirip tetangga, langsung was-was seketika. Tapi ternyata porsi kemiripan ini sudah diatur sesuai genetik lo. Ada beberapa bagian dari anak yang mirip ayah, ada bagian lainnya yang mirip ibu.

Daripada bertengkar karena rebutan melulu, ada baiknya kamu pahami dulu bagian apa mirip siapa. Lalu, cek deh setelahnya. Yuk simak!

1. Selama ini mungkin kebotakan diketahui berasal dari kromosom X yang merupakan warisan ibu, namun penelitian terbaru menunjukkan hal berbeda

Bayi botak ternyata dari orang tua/ Credit: iStock Photo via www.istockphoto.com

Advertisement

Dilansir dari Baby Gaga, ternyata hal yang selama ini dipercaya menunjukkan hal berbeda. Ternyata anak yang memiliki ayah yang mengalami kebotakan akan cenderung mengalami hal serupa.

2. Jika kamu penasaran dengan warna dan tekstur rambut bayimu kelak, ternyata hal tersebut sudah mulai bisa dilihat di dirimu lo

Rambut keturunan ibu/ Credit: Harisson Photo via www.harrisonphotography.ie

Dilansir dari Family Education, warna dan tekstur rambut anak biasanya akan mengikuti milik ibu karena gen yang dibawa untuk bagian ini lebih dominan daripada yang dibawa sang ayah.

3. Jika anakmu cerdas dan kamu sering membanggakan diri bahwa kecerdasannya darimu. Coba deh simak dulu penjelasannya

Uluh uluh pinternya/ Credit: You are mom via youaremom.com

Kecerdasan ternyata membawa kromosom X sehingga anak laki-laki biasanya mewarisinya dari ibu. Sedangkan anak perempuan akan mewarisi hal tersebut dari kedua orang tua sekaligus. Namun gen yang dibawa ini hanya 40% yang menurun sehingga sisanya tetap perlu usaha.

4. Jika bagian kecerdasan didominasi ibu, tinggi badan anak lebih terpengaruh oleh warisan genetik dari ayah

Tinggi kayak ayahnya/ Credit: Shopee via shopee.com.my

Advertisement

Rata-rata 60-80% tinggi anak tergantung pada orang tua, sisanya adalah hasil diet, gaya hidup, dan kesehatan.

5. Jika kamu ingin menikah dengan orang bermata cerah demi anak bermata cerah juga, coba cek dulu warna mata yang kamu punya. Kalau gelap sepertinya percuma

Bermata biru/ Credit: Modern Mom via www.modernmom.com

Dilansir dari Brightside, warna mata coklat lebih dominan, apalagi jika warna ini dimiliki sang ayah. Warna biru dan hijau bersifat resesif, sedangkan warna biru lebih dominan daripada hijau. Tapi ternyata bahkan jika kedua orang tua memiliki mata berwarna biru, tetap ada kemungkinan anak memiliki mata coklat.

6. Kesehatan mental anak ternyata ada hubungannya dengan orang tua, bukan hanya perihal dukungan tapi faktor genetik juga

Kesehatan mental/ Credit: 2 Minute Medicine via www.2minutemedicine.com

Semakin tua, kualitas sperma akan menurun. Sehingga kemungkinannya untuk menurunkan genetik seperti gangguan mental, autis, hiperaktif, dsb. juga akan meningkat.

7. Jika ayah sering ke dokter gigi, kamu perlu hati-hati karena anakmu memiliki kemungkinan untuk mengalami hal yang juga serupa

Dipengaruhi oleh ayahnya/ Credit: Craigen Tinny via www.craigentinny.co.uk

Bentuk dan ukuran gigi diturunkan oleh orang tua, dalam hal ini oleh ayah karena genetiknya lebih dominan. Sehingga jika ayah memiliki kesehatan gigi yang buruk, hal ini juga kemungkinan turun ke anak.

8. Anakmu  sering menjadi seorang pemarah? Sepertinya kamu mulai perlu berkaca pada dirimu sendiri

Hobi ngambek ngikut siapa?/ Credit: The Conversation via theconversation.com

Dilansir dari Family Education, jika kamu memiliki anak yang sering  menangis kencang atau marah-marah, hal ini mungkin tak melulu karena lingkungannya. Tapi bisa jadi bawaan genetik dari sang ibu.

9. Bahkan hal sesepele kebiasaan tidur pun bisa jadi salah satu hal yang juga diwariskan oleh orang tua

Posisi tidur juga warisan/ Credit: CNN via edition.cnn.com

Mulai dari gaya tidur, insomnia, kebiasaan tidur siang, hal ini bisa jadi merupakan keturunan yang diwariskan dari ibu.

Nah, sekarang sudah jelas kan sebenarnya ciri-ciri fisik anak hingga kebiasaan-kebiasaan yang dia lakukan ini mirip siapa sih. Ternyata memang sudah ada porsinya masing-masing. Untuk memprediksi seperti apa anakmu nantinya, kamu juga bisa melihat foto keluargamu dan suami untuk melihat apa saja ciri-ciri yang paling terlihat di banyak orang. Kira-kira itu juga yang akan dimiliki sang anak nantinya karena gen tersebut yang dominan di keluarga.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya